Informasi Terpercaya Masa Kini

Sosok Pelaku Penembakan Donald Trump,Ternyata Bukan Anggota Militer,Bahan Bom Ditemukan

0 25

TRIBUNGORONTALO.COM – Informasi terbaru mengungkap detail tentang insiden penembakan terhadap mantan Presiden AS, Donald Trump saat kampanye di Pennsylvania pada Sabtu (13/7/2024) waktu lokal.

Trump mengalami luka pada telinga kanan akibat penembakan tersebut.

Menurut laporan otoritas, bahan untuk membuat bom ditemukan di mobil pelaku.

Di kediaman pelaku di Bethel Park, Pennsylvania, juga ditemukan bahan serupa.

FBI mengkategorikan bahan-bahan tersebut sebagai ‘belum sempurna’.

Menurut sumber yang dilaporkan kepada CBS News, bahan-bahan bom tersebut sedang diselidiki di laboratorium di markas FBI di Quantico, Virginia.

Baca juga: Donald Trump Akan Tunjuk Cawapres Hari Ini, 3 Nama Kandidat Terkuak

Pelaku anggota dari klub olahraga menembak dan bukan anggota militer.

Pelaku yang bernama Thomas Matthew Crooks (20) juga dikenal sebagai anggota Clairton Sportsmen’s Club di Jefferson Hills, Pennsylvania.

Menurut laporan dari BBC, klub menembak ini terletak sekitar 80 kilometer dari lokasi di mana upaya pembunuhan terhadap Trump terjadi. Informasi ini telah disahkan oleh presiden klub, Bill Sellitto.

“Kami dapat mengonfirmasi bahwa Crooks adalah anggota Clairton Sportsmen’s Club,” ungkapnya.

Namun, Sellito menolak untuk memberikan komentar lebih lanjut mengenai insiden penembakan terhadap Trump saat kampanye di Pennsylvania.

Baca juga: Joe Biden Minta Warga Amerika tak Berasumsi Liar Terkait Penembakan Donald Trump

“Di luar itu, klub tidak dapat memberikan komentar tambahan sehubungan dengan masalah ini dan terkait dengan investigasi penegak hukum yang sedang berlangsung,” tuturnya.

Sellito, atas nama klubnya, mengutuk tindakan yang dilakukan oleh Crooks dan menyampaikan belasungkawa mendalam kepada para korban.

Di sisi lain, Pentagon juga memberikan pernyataan terkait profil Crooks dengan mengonfirmasi bahwa dia tidak memiliki latar belakang militer.

“Kami telah mengkonfirmasi dengan masing-masing cabang dinas kemiliteran bahwa tidak ada afiliasi militer untuk tersangka dengan nama atau tanggal lahir tersebut di cabang manapun, komponen aktif atau cadangan dalam basis data masing-masing,” ucap juru bicara Pentagon, Mayor Jenderal Patrick S Ryder.

Baca juga: Identitas Korban Penembakan di Rapat Umum Donald Trump

Seorang korban tewas dalam penembakan ini telah diidentifikasi sebagai Corey Comperatore, yang bekerja sebagai petugas pemadam kebakaran.

Menurut laporan dari CNN, Corey meninggal saat mencoba melindungi keluarganya dari tembakan yang dilakukan oleh Crooks selama kampanye Trump.

Gubernur Pennsylvania, Josh Shapiro, mengumumkan informasi ini.

“Saya baru saja berbicara dengan istri Corey dan dua anak perempuan Corey. Dia adalah seorang ayah yang memiliki anak perempuan.”

“Corey adalah seorang petugas pemadam kebakaran dan pergi ke gereja setiap hari Minggu. Dia mencintai keluarga dan komunitasnya,” ungkap Shapiro pada Minggu (14/7/2024) waktu setempat.

Shapiro juga menyatakan bahwa Corey adalah seorang pendukung Donald Trump.

“Corey adalah pendukung setia mantan presiden dan sangat senang berada di sana semalam bersamanya di komunitas,” ujarnya.

Shapiro juga telah meminta seluruh penduduk Pennsylvania untuk mengibarkan bendera setengah tiang sebagai penghormatan dan pengenangan terhadap Corey.

Di sisi lain, identitas dua orang yang terluka dalam kejadian tersebut juga telah diungkap oleh polisi lokal.

Mereka adalah David Dutch (57) dan James Copenhaver (74), keduanya merupakan penduduk Pennsylvania.

Menurut laporan CNN, Dutch adalah komandan dari organisasi Liga Korps Marinir Pennsylvania.

Wakil Komandan organisasi tersebut, Matt Popovich, menyampaikan di akun Facebook pribadinya bahwa Dutch telah menjalani dua operasi karena luka tembak di dada dan hati.

“Para korban dan keluarga mereka tentu saja ada dalam pikiran kami hari ini,” pungkas Komisaris Polisi Negara Bagian Pennsylvania, Kolonel Christopher Paris.

“Kepolisian Negara Bagian Pennsylvania terus bekerja tanpa lelah bersama mitra federal, negara bagian, dan lokal kami seiring dengan berlanjutnya investigasi ini,” lanjut dia. (*)

     

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Update Penembakan Donald Trump: Bahan Bom Ditemukan, Pelaku Anggota Klub Olahraga Tembak, https://www.tribunnews.com/internasional/2024/07/15/update-penembakan-donald-trump-bahan-bom-ditemukan-pelaku-anggota-klub-olahraga-tembak?page=3

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto

Editor: Garudea Prabawati

Leave a comment