Informasi Terpercaya Masa Kini

Pesta Mewah Pernikahan Anant Ambani, Disebut Habiskan Rp 2,5 Triliun

0 16

KOMPAS.com – Konglomerat India Mukesh Ambani diperkirakan mengeluarkan uang triliunan rupiah untuk menggelar upacara pernikahan anak bungsunya, Anant Ambani.

Pesta pernikahan mewah Anant Ambani dan Radhika Merchant digelar selama tiga hari pada 12-14 Juli 2024.

Upacara pernikahan berlangsung di Jio World Convention Center Mumbai dan Antilia, gedung 27 lantai kediaman keluarga Ambani.

Sebelumnya, mereka juga sempat mengadakan acara prewedding mewah yang berlangsung selama tiga hari dan pelayaran Mediterania selama empat hari.

Rangkaian acara pernikahan Anant Ambani dan Radhika Merchant dihadiri oleh sejumlah selebritas dan pesohor dunia.

Baca juga: Rencana Pernikahan Anak Konglomerat India Mukesh Ambani, Undang Justin Bieber dan Tutup Jalan 4 Hari

Biaya pernikahan Anant dan Radhika

Keluarga Ambani diperkirakan menghabiskan sekitar 11-13 miliar rupee atau sekitar Rp 2,1-Rp 2,5 triliun untuk membiayai rangkaian pernikahan Anant dan Radhika, diberitakan BBC, Sabtu (13/7/2024).

Uang tersebut digunakan untuk menggelar seluruh upacara tradisi, pesta, acara amal, serta membeli suvenir dan menyewa alat transportasi untuk para tamu undangan.

Kabarnya, Rihanna yang mengisi konser pesta prewedding dibayar 7 juta dollar AS atau Rp 112,8 miliar.

Sementara, Justin Bieber yang tampil dalam pesta pernikahan diperkirakan menerima 10 juta dollar AS atau sekitar Rp 161,1 miliar.

Baca juga: Mukesh Ambani Tak Lagi Jadi Orang Terkaya Asia, Ini Penyebabnya

Pengeluaran yang besar bukan hal baru dalam keluarga Ambani. Mukesh Ambani telah menggelar dua pernikahan mewah untuk anak-anaknya yang lain, Isha dan Akash.

Mukesh sendiri dikenal sebagai konglomerat yang mendirikan dan mempimpin Reliance Industries, perusahaan terbesar di India berdasarkan kapitalisasi pasar.

Keluarga ini juga menjalin kemitraan dengan Armani dan merek mewah lain, lebih dari 40 persen pasar ponsel India, dan tim kriket Liga Premier India.

Dia tercatat sebagai orang terkaya kesebelas di dunia dengan kekayaan lebih dari 123 miliar dollar AS atau Rp 1.982 triliun menurut Forbes.

Sementara, Radhika Merchant merupakan putri dari pengusaha farmasi terkenal di India.

Baca juga: Siapa Mukesh Ambani, Crazy Rich Asia yang Undang Justin Bieber di Pernikahan Anaknya?

Siapa saja yang menghadiri pesta?

Pesta pernikahan konglomerat India ini telah menarik perhatian dunia, terutama karena kemewahannya dan daftar tamu bertabur bintang, dikutip dari Washington Post.

Acara prewedding di Gujarat pada Maret 2024 mengundang Rihanna yang tampil di hadapan para undangan, meliputi Bill Gates, Ivanka Trump, Mark Zuckerberg dan aktor Bollywood Shah Rukh Khan, serta pertunjukan cahaya drone warna-warni.

Ini diikuti oleh pelayaran musim panas mewah di Eropa dan pesta-pesta yang menampilkan penyanyi Katy Perry .

Minggu lalu, Justin Bieber tampil di acara perayaan prewedding lainnya.

Akhir pekan ini, para selebritas termasuk saudara perempuan Kim dan Khloe Kardashian, mantan perdana menteri Inggris Tony Blair dan Boris Johnson, serta aktor John Cena menghadiri pesta pernikahan di Jio World Convention Centre milik Ambani di Mumbai.

Baca juga: Orang Terkaya Asia Kembali Gelar Pesta Prewedding Anaknya, Kini di Atas Kapal Pesiar Mewah

Dampak pernikahan Anant Ambani

Keluarga Ambani mengadakan pesta amal untuk masyarakat miskin dan acara khusus untuk staf rumah tangga mereka dalam rangkaian pernikahan Anant dan Radhika.

Keluarga tersebut juga mendanai pernikahan massal untuk lebih dari 50 pasangan kurang mampu pada awal bulan ini.

Diberitakan CBC, Kamis (11/7/2024), keluarga Ambani dinilai telah menaikkan standar dalam hal makanan, mode, dan perhiasan. Acara yang digelar diyakini akan menjadi tren pernikahan selama beberapa dekade mendatang.

Mukesh Ambani kabarnya mematuhi permintaan Perdana Menteri India, Narendra Modi agar para konglomerat meningkatkan perekonomian negara dengan mengadakan pernikahan di dalam negeri.

Baca juga: Gemerlap Pesta Prewedding Anak Orang Terkaya di India, Undang Rihanna dan Konglomerat Dunia

Skala acara yang besar dengan kehadiran ratusan tamu selama beberapa hari membuat pernikahan itu dianggap acara publik oleh pejabat setempat di Mumbai.

Pejabat bahkan menerapkan pembatasan lalu lintas demi acara pernikahan ini.

Pengelola pusat komersil Bandra Kurla Complex (BKC) Mumbai telah menginstruksikan karyawan untuk bekerja dari rumah sampai pernikahan selesai.

Sejumlah pihak juga berpendapat pesta pernikahan ini menempatkan India dalam daftar negara besar.

Pernikahan di India memang dinilai menjadi kesempatan untuk menunjukkan status sosial dan kekayaan seseorang. Acara tersebut juga bernilai lebih karena mengusung adat dan ritual tradisional India.

Baca juga: Melihat Ritual dan Tradisi Pernikahan di India…

Leave a comment