Informasi Terpercaya Masa Kini

Review SanDisk Desk Drive 8 TB, SSD Premium Bisa Colok Langsung ke Windows – Mac

0 26

Jutaan foto, video, hingga file dokumen, tercipta setiap detik sepanjang hari. Kebutuhan atas media penyimpanan pun semakin meningkat seiring waktu, termasuk kebutuhan backup data.

Beberapa orang membutuhkan storage media yang cepat, simpel dan berukuran besar. SanDisk Desk Drive berukuran 8 TB di bawah ini mungkin bisa kamu lirik.

Yup, SanDisk belum lama ini merilis storage SSD kelas premium. Ukurannya besar yakni 8 TB. Karena ukurannya yang besar, SSD ini cocok untuk jadi backup storage, ataupun sarana peyimpanan data pada umumnya.

Desktop storage ini cocok buat kamu para pekerja multimedia, editor, animator hingga karyawan kantoran yang membutuhkan manajemen file yang terintegrasi. Desktop SSD ini juga cocok buat siapa saja yang sering berkutat dengan kerja kreatif.

Desain

SSD ini punya bentuk yang ramping, dinamis, menghilangkan kesan kaku seperti desain storage device pada umumnya.

Ada motif garis berwarna merah di bagian tengah desktop SSD ini. Di bagian belakangnya, port USB Type-C dan port DC adapter berjajar berdampingan.

Pada kotak pembelian, user akan mendapatkan unit SSD, kabel USB Type-C, serta power adapter. Menariknya, SanDisk menyediakan USB Converter serta banyak pilihan power plug.

Bagi sebagian orang, banyak pilihan power plug bisa jadi sebuah hal yang tak perlu. Namun menurut kami, sederet tipe power plug ini sangat membantu buat pengguna yang suka bepergian ke luar negeri yang membutuhkan tipe power plug yang berbeda.

SSD keluaran SanDisk ini membutuhkan daya listrik eksternal, artinya SSD ini tak akan menyala dengan kabel USB saja. Kamu harus colok kabel power dulu ke catu daya untuk menggunakannya.

Performa

Tak dipungkiri, kebutuhan catu daya membuat SSD ini kurang dari segi kepraktisan. Hal ini bisa dimaklumi melihat kapasitasnya yang besar, serta performanya yang patut diacungi jempol.

SSD ini bisa digunakan langsung tanpa perlu bertele-tele diformat ulang, atau install aplikasi tertentu dulu. Tinggal plug and play, sebab SSD ini sudah diformat dalam bentuk exFAT sesuai ‘setelan pabrik.’

Kami telah mencobanya di beberapa aplikasi benchmark storage media yang berbeda. Pengujian pertama kami lakukan pada aplikasi Crystal DiskMark.

Sesuai perkiraan, angka read/write menyentuh angka di atas 1.000 MB/s. Ini sesuai dengan klaim perusahaan yang menyebut kecepatan transfer data hingga 1 GB/s. Good job SanDisk!

[Foto]

Benchmark selanjutnya menggunakan aplikasi Blackmagic Disk Speed Test. Benchmark ini menyimulasikan SSD melakukan read/write file video dengan ukuran bervariasi.

SSD besutan SanDisk ini juga diklaim empat kali lebih cepat dari sebuah HDD biasa. Ada jaminan garansi terhadap unit ini selama 3 tahun.

[Foto]

Kami juga menguji kecepatan copy/paste secara langsung. Beberapa file yang disalin berukuran di atas 2 GB. Tak butuh waktu lama, menyalin file berukuran 2 GB hanya membutuhkan waktu 2-4 detik saja.

Kecepatan ini tentu bisa terjadi berkat teknologi solid state yang punya kemampuan di atas media penyimpanan berbasis piringan atau cakram magnetik seperti harddisk (HDD).

Harga

SanDisk Desk Drive hadir dengan varian kapasitas storage 4 TB dan 8 TB. Di situs e-commerce ukuran 4 TB dijual di harga Rp 7.080.000.

Sementara itu, untuk ukuran SSD 8 TB yang kami ulas kali ini, dijual di harga Rp 14.467.000. Harga setelah diskon 10 persen yakni sebesar Rp 13.020.000.

Leave a comment