Informasi Terpercaya Masa Kini

Siapa Yazid bin Abdul Qadir Jawas? Ustaz yang Meninggal Dunia

0 29

Salah satu tokoh Salafi Indonesia, Ustaz Yazid bin Abdul Qadir Jawas, dikabarkan meninggal dunia pada Kamis (11/7/2024). Ia dilaporkan mengembuskan napas terakhirnya di Bogor, Jawa Barat.

Atas berita meninggalnya saat ini, tak sedikit yang masih merasa penasaran dengan sosok Ustaz Yazid Jawas. Namanya dikenal sebagai mubalig yang sangat perhatian dalam menebarkan sunnah.

Untuk lebih jelasnya, Popmama.com telah merangkum beberapa informasi seputar fakta Ustaz Yazid bin Abdul Qadir Jawas yang dilaporkan meninggal pada hari ini, Kamis (11/7/2024).

1. Dikenal sebagai ulama salafiyah

Yazid bin Abdul Qadir Jawas merupakan seorang ustaz bermanhaj salaf yang lahir di Karanganyar, Kebumen pada 1963. Yazid dikenal dengan ceramah-ceramahnya yang dihubungkan dengan gerakan ultra-konservatif Salafiyah.

Kemudian, ia pindah dan dibesarkan di Kota Bogor untuk menebarkan sunnah-sunnah.

2. Seorang penulis dan penghafal kitab Bulughul Maram

Sosok Yazid Jawas merupakan seorang penulis berbagai buku agama Islam yang berbahasa Indonesia. Kemampuan menulisnya itu diperoleh dari kecerdasannya yang luar biasa.

Ustaz dari kalangan Ahlus Sunnah itu rupanya dapat menguasai kitab Ulama Klasik, yakni Bulughul Maram karya Ibnu Hajar. Konon, kitab ini diklaim hanya mampu dikuasai oleh segelintir orang.

3. Menempuh pendidikan di LIPIA

Bicara pendidikannya, Yazid tercatat merupakan lulusan LIPIA, sebuah Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab-Indonesia.

Yazid juga menjadi salah satu murid dari Abdur Razaq bin Abdul Muhsin al-Abbad, seorang guru besar dari Universitas Islam Madinah. Yazid diketahui juga pernah berguru kepada Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, seorang ulama Sunni dari Makkah.

4. Memiliki pondok pesantren dan kerap mengisi kajian di Radio Rodja

Semasa hidupnya, Yazid diketahui memiliki pondok pesantren Minhajus Sunnah di kawasan Dramaga, Bogor. Ia juga dikenal aktif mengisi kajian rutin serta tablig akbar di berbagai daerah.

Kemudian, Yazid aktif menjadi narasumber di Radio Rodja, sebuah radio berbasis Islam Sunni Salafiyah yang dimiliki oleh Yayasan Cahaya Sunnah. Yazid beberapa kali mendapat panggilan ceramah di luar negeri seperti di Jepang dan tablig akbar di Malaysia.

5. Sempat dituduh sebagai Wahabi dan berkonflik dengan Rizieq Shihab

Beberapa kalangan muslim tanah air menuduh Yazid sebagai penganut aliran Islam puritan yang kerap disinggung sebagai Wahabisme. Mereka utamanya mengkritik Yazid lantaran dirinya menentang sikap taklid yang dinilai merusak sebagian umat Islam di Indonesia.

Lalu, salah satu bukunya bertajuk Mulia dengan Manhaj Salaf sempat menuai kritikan dari mantan pendiri Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab. Ia menyebut mayoritas penduduk tanah air yang berakidah Asy’ari harus memiliki Undang-undang pelarangan Wahabisme.

6. Dikabarkan meninggal dunia usai pulang ibadah haji

Ustaz Yazid dilaporkan tutup usia pada Kamis (11/7/2024). Ia akan disemayamkan di rumah duka di kawasan Bogor, Jawa Barat.

Beberapa sumber menyebut Ustaz Yazid sempat mengalami saat menunaikan ibadah haji di Mekkah. Namun, kesehatannya semakin drop seiring kepulangannya ke Indonesia hingga meninggal dunia.

Itu tadi beberapa fakta Ustaz Yazid bin Abdul Qadir Jawas yang dilaporkan meninggal dunia. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan kekuatan, ya.

Baca juga:

  • Biodata dan Profil Ustaz Yazid bin Abdul Qadir Jawas, Meninggal Dunia
  • Kronologi Suami Selingkuh hingga Istrinya yang Hamil Meninggal
  • Viral Ibu Hamil Meninggal karena Suami Selingkuh, Netizen Geram
Leave a comment