Informasi Terpercaya Masa Kini

Jadwal dan Prediksi Final Euro 2024 Spanyol vs Inggris: La Roja Lebih Difavoritkan Juara,

0 24

TRIBUNKALTARA.COM – Berikut jadwal dan prediksi laga babak final Euro 2024 Spanyol vs Inggris, tim berjuluk La Roja lebih difavoritkan meraih juara untuk keempat kalinya.

Setelahhampir satu bulan Euro menggelar 50 pertandingan dari babak grup, 16 besar, perempat final, hingga semifinal, Euro 2024 akan menghadirkan pertandingan final yang mempertemukan Spanyol dengan Inggris di Olympiastadion Berlin pada Senin (15/7) 02:00 WIB.

Meski dalam rangking FIFA Spanyol berada di peringkat 8 sedangkan Inggris di peringkat 5, namun La Roja lebih difavoritkan untuk menang atas Inggris di babak final Euro 2024 kali ini.

Spanyol merupakan juara Piala Dunia 2010, mereka berpengalaman juara Euro tiga kali  pada 1964, 2008, 2012 dan juga juara Nation League 2023.

Secara statistik, sepanjang Euro ini dari babak penyisihan hingga babak semifinal Spanyol berhasil memenangkan semua pertandingan. Dari 6 Pertandingan, mereka meraih 6 Kemenangan.

Mencetak 13 gol dan kebobolan hanya 3 gol.

Inggris merupakan juara Piala Dunia 1966, dan prestasi terbaik mereka hingga kini hanya jadi runner up Euro 2020, dan mereka meraih hasil terbaik di Nation League sebagai tim peringkat 3 pada 2019.

Baca juga: Kapan Pertandingan Spanyol vs Inggris di Final Euro 2024? Intip Jadwalnya

Secara statistik sepanjang Euro 2024 ini dari babak penyisihan hingga babak semifinal Inggris berhasil melakoni 6 pertandingan, meraih 3 kemenangan, dan meraih 3 pertandingan lainnya berakhir seri. Mencetak 7 gol, dan kebobolan 4 gol.

Dengan perbandingan statistik seperti itu, wajar jika banyak pengamat lebih menjagokan Spanyol untuk memenangkan pertandingan final.

Spanyol melaju ke final Euro 2024 setelah mengalahkan Prancis 2-1 pada laga semifinal, setelah tertinggal 1-0 pada menit kedelapan pertandingan, Spanyol bangkit berkat gol dari pemain remaja fenomenal berusia 16 tahun Lamine Yamal untuk mengatasi defisit awal. 

Pemain muda Lamine Yamal mencetak gol penyama kedudukan yang luar biasa dari luar kotak penalti pada menit ke-21.

Pada usia 16 tahun 362 hari, ia menjadi pemain termuda dalam sejarah Euro dan Piala Dunia yang mencetak gol dalam sebuah pertandingan, melampaui rekor Pelé sebelumnya. 

Dani Olmo kemudian mencetak gol pada menit ke-25 untuk memimpin, dan Spanyol mampu menahan serangan Prancis yang mengancam di sisa waktu pertandingan.

Olmo kini memimpin dalam perlombaan merebut Sepatu Emas.

Spanyol menjadi tim pertama yang memenangkan enam pertandingan di satu edisi Euro, dan yang pertama memenangkan enam pertandingan berturut-turut di satu turnamen Euro. Lawan kejuaraan Spanyol, Inggris meraih kemenangan dramatis 2-1 atas Belanda.

Inggris tertinggal 1-0 lebih awal, ketika Xavi Simons mencetak gol brilian di menit ketujuh untuk Belanda. Harry Kane dengan cepat menyamakan kedudukan melalui tendangan penalti pada menit ke-18.

Baca juga: Spanyol vs Inggris di Final Euro 2024: La Roja Dapat Bocoran Kelemahan The Three Lions

Ollie Watkins masuk di penghujung pertandingan dan mencetak satu gol pada menit ke-90. Golnya menjadi kemenangan kedua pada menit ke-90 dalam pertandingan sistem gugur.

Spanyol diunggulkan menang untuk keempat kalinya, Final Euro 2024 telah ditetapkan dan Spanyol menjadi favorit menjelang pertandingan dengan Inggris.

Tim Spanyol muncul sebagai favorit turnamen setelah mengalahkan Jerman di perempat final dan tetap menjadi favorit setelah mengalahkan Prancis di semifinal.

Inggris menjadi favorit setelah babak sistem gugur dimulai. The Three Lions memiliki jalur yang tidak terlalu sulit menuju final, namun berhasil bangkit dari ketertinggalan untuk mengalahkan Belanda di semifinal.

Jika menang, Spanyol akan menjadi negara dengan gelar juara EURO terbanyak.

Spanyol dan Jerman sama-sama telah meraih gelar juara sebanyak tiga kali. Kemenangan Spanyol sebelumnya terjadi pada tahun 1964 di kandang sendiri, disamping jadi juara pada 2008 dan 2012.

Inggris belum pernah menang di Euro, namun mencatatkan penampilan kedua berturut-turut di final. Inggris kalah adu penalti dari Italia di Stadion Wembley di London tiga tahun lalu.

Laga ini merupakan pertemuan dua tim yang mencapai final dengan cara berlawanan. Spanyol melaju melalui babak penyisihan grup dengan tiga kemenangan, satu-satunya tim di turnamen yang melakukannya.

Kemenangan perempat final melawan Jerman memerlukan perpanjangan waktu, namun kemenangan melawan Georgia dan Prancis lebih meyakinkan.

Dari segi estetika, Spanyol adalah salah satu tim yang paling menghibur untuk ditonton dan mudah untuk berpendapat bahwa Spanyol tampak seperti tim terbaik sepanjang EURO.

Sementara itu, Inggris harus bekerja keras sepanjang turnamen untuk sampai ke sini.

The Three Lions mengalahkan Serbia 1-0 di pertandingan pembuka mereka, namun tidak tampil mengesankan saat bermain imbang melawan Slovenia dan Denmark untuk menutup pertandingan grup.

Kemudian, Inggris tertinggal lebih dari satu jam melawan Slovakia dan membutuhkan gol Jude Bellingham pada menit ke-95 untuk memaksakan perpanjangan waktu pada pertandingan tersebut.

Baca juga: “Football is Coming Home” Menggema Usai Inggris Pastikan Tiket Final Euro 2024, Ini Maknanya

Di perempat final, Swiss memimpin pada menit ke-75, namun Inggris kembali membalas dan akhirnya menang melalui adu penalti.

Belanda mencetak gol pertama di semifinal, tetapi Ollie Watkins mencetak gol kemenangan pada menit ke-90.

Inggris sempat tertinggal di ketiga pertandingan sistem gugur dan hanya memenangkan dua dari enam pertandingannya dalam waktu 90 menit.

Manajer Gareth Southgate berada di bawah tekanan karena Inggris bersikap defensif dan sebagian besar tidak menarik untuk ditonton, tetapi hasilnya cukup baik.

Dalam beberapa hal, Inggris mirip dengan lawan semifinal Spanyol, Prancis.

Prancis adalah tim yang sangat bertalenta dan meraih hasil fantastis dalam beberapa tahun terakhir, namun kesulitan mencetak gol dan, sejujurnya, tidak menarik untuk ditonton mengingat kemampuan skuadnya.

Inggris telah mencapai semifinal di tiga dari empat turnamen besar terakhir dan memiliki skuad yang berbakat di atas kertas, tetapi juga sangat membosankan untuk ditonton di sebagian besar turnamen ini.

Inggris mungkin memainkan permainan terbaiknya di turnamen ini melawan Belanda, namun Spanyol selangkah lebih maju dalam tingkat persaingan.

Ini adalah final yang hanya berlangsung satu pertandingan antara dua kekuatan dalam olahraga ini sehingga Spanyol bukanlah favorit besar, namun kemungkinannya jelas menguntungkan Spanyol.

Spanyol lebih difavoritkan melawan Inggris dibandingkan melawan Prancis (dan lebih difavoritkan daripada Inggris saat melawan Belanda).

 Ini adalah pertama kalinya di turnamen ini saat Inggris tidak diunggulkan dalam pertandingannya.

Mantan pesepak bola Inggris, Roy Keane mengatakan Spanyol tim favorit, tetapi segalanya ditulis dalam bintang untuk Inggris.

Inggris telah mencapai final Euro 2024 dan akan menghadapi Spanyol di Berlin. Mereka mengalahkan Belanda 2-1 di semifinal dengan Ollie Watkins mencetak gol kemenangan di menit-menit akhir. Penalti kontroversial Harry Kane membatalkan penampilan cantik Xavi Simons di babak pertama.

Roy Keane yakin Spanyol akan menjadi favorit untuk final Euro 2024, tetapi mengatakan “terkadang segalanya sudah tertulis di bintang-bintang” setelah kemenangan Inggris lainnya seperti dikutip dari Sky Sports.

The Three Lions bangkit dari ketertinggalan sekali lagi untuk mengalahkan Belanda 2-1 di Dortmund.

Penalti Harry Kane membatalkan serangan bagus Xavi Simons di babak pertama, tetapi gol telat Ollie Watkins mengamankan tempat Inggris di final Kejuaraan Eropa lainnya.

Itu adalah demonstrasi lain dari kekuatan kedalaman dan karakter Inggris dengan gol di menit-menit terakhir, dan Keane mengatakan segalanya bisa menjadi lebih baik bagi tim asuhan Gareth Southgate menjelang pertandingan final lawan Spanyol di Berlin.

“Saya pikir Spanyol sebagai favorit, tapi terkadang, banyak hal yang tertulis di bintang tim Inggris ini,” katanya kepada ITV Sport.

“Mereka seharusnya sudah keluar dari situasi ini sekitar seminggu yang lalu, mereka sekarang mendapatkan momentum.

“Senang sekali melihat para pemain masuk dari bangku cadangan dengan pola pikir yang baik. Mereka ingin tampil dalam pertandingan dan memberikan pengaruh.

“Mereka masuk dan mencetak gol-gol di menit-menit akhir, ini akan menjadi pertandingan brilian melawan Spanyol. Dampak dari para pemain dari bangku cadangan sangat besar bagi banyak tim di turnamen ini.”

Baca juga: Spanyol Incar Trofi Euro 2024 Hadapi Inggris, Target Lamine Yamal Cetak Gol Kado Sweet Seventeen

Final Euro 2024 akan menjadi pertama kalinya tim putra Inggris memainkan final turnamen besar di luar negeri, dan pakar lainnya, Gary Neville, setuju bahwa momentum mungkin berubah untuk menguntungkan Inggris.

“Pencapaian yang luar biasa, bisa kembali ke final adalah performa yang luar biasa. Pergi dan selesaikan. Berapa kali Inggris bisa berada di posisi ini? Saya tidak pernah sampai di sana sekali pun,” imbuhnya kepada ITV Sport.

“Spanyol, tidak banyak orang yang menyukai mereka. Saya tidak menyukainya. Tapi mereka adalah tim terbaik dan memainkan sepak bola terbaik. Jadi pekerjaan kami dikurangi tetapi rasanya ada sesuatu yang terjadi.

Banyak hal yang menguntungkan Inggris dan itu membangun kepercayaan diri. Tapi yang jelas, Spanyol adalah tim yang jauh lebih baik dibandingkan kami di turnamen ini” katanya.

“Sungguh luar biasa. Kelompok pemain dan manajer – mereka tidak berada dalam performa terbaiknya di turnamen ini tetapi tetap bertahan dan melewati batas. Selama bertahun-tahun mereka disebut naif, bermain bagus dan kalah tapi tim ini melakukan apa pun. Dan mereka menjadi lebih baik. Benar-benar menakjubkan cara mereka melakukannya dan itulah yang belum mampu dilakukan tim-tim Inggris di masa lalu.”

Manajer Inggris Gareth Southgate mengatakan dia “sangat bangga” memimpin The Three Lions ke final turnamen besar pertama di luar negeri setelah kemenangan dramatis 2-1 atas Belanda.

Ollie Watkins mencetak gol kemenangan pada menit akhir di Dortmund untuk mengirim Inggris ke final hari Minggu melawan Spanyol di Berlin. Untuk pertandingan ketiga berturut-turut Inggris dipaksa bangkit dari ketertinggalan setelah serangan awal Xavi Simons untuk Belanda.

Namun pasukan Southgate mendapat ganjarannya atas penampilan yang jauh lebih baik ketika Harry Kane menyamakan kedudukan dari titik penalti sebelum striker Aston Villa Watkins menjadi pahlawan setelah perannya yang terbatas di turnamen sejauh ini.

“Saya sangat senang dengan kualitas permainan kami. Saya bayangkan, ini akan menjadi waktu yang lama, jika pernah, tim Inggris menguasai 60 persen penguasaan bola melawan tim dari Belanda. Jadi ini menunjukkan Inggris yang lebih modern cara bermainnya,” kata Southgate.

Bos Inggris itu mendapat banyak kritik setelah timnya membutuhkan gol penyeimbang di akhir pertandingan melawan Slovakia dan Swiss untuk mencapai empat besar.

Namun dalam empat turnamen besar yang dipimpinnya, Southgate kini telah membawa negaranya mencapai dua final, satu semifinal dan satu perempat final. Dan dia ingin menebus kekalahannya di final Euro 2020 melalui adu penalti dari Italia di Wembley tiga tahun lalu.

“Satu-satunya alasan saya melakukan pekerjaan ini adalah untuk mencoba membawa kesuksesan bagi Inggris sebagai sebuah bangsa dan mencoba meningkatkan sepak bola Inggris,” tambahnya. “Untuk dapat membawa tim ke final pertama di luar negeri, saya sangat bangga akan hal itu.

“Tetapi sekarang tentu saja kami datang ke sini untuk menang. Kami menghadapi tim yang merupakan tim terbaik di turnamen ini dan kami memiliki waktu persiapan yang lebih sedikit, jadi ini adalah tugas yang berat. Namun kami masih di sini dan kami sedang bertarung.”

Kemenangan ini sangat manis bagi Southgate setelah reaksi buruk yang diterimanya atas awal buruk Inggris di turnamen tersebut. Dia menjadi sasaran pelemparan cangkir bir setelah bermain imbang 0-0 melawan Slovenia di babak penyisihan grup.

“Kita semua ingin dicintai, bukan?” kata Southgate tentang sambutan hangatnya dari para penggemar perjalanan di Dortmund.

“Ketika Anda melakukan sesuatu untuk negara Anda dan Anda adalah orang Inggris yang bangga dan ketika Anda tidak merasakannya kembali dan ketika yang Anda baca hanyalah kritik, itu sulit. Jadi, bisa merayakan final kedua adalah hal yang sangat, sangat istimewa.”

Gareth Southgate membuat pengakuan Spanyol saat ia mengungkapkan ‘kekhawatiran’ Inggris menjelang final Euro 2024. Gareth Southgate mengatakan Spanyol akan memberikan “ujian terbesar” kepada Inggris di final Kejuaraan Eropa, namun yakin timnya telah menunjukkan bahwa mereka memiliki “peluang yang sama bagusnya”.

Baca juga: Prediksi Semifinal Euro 2024 Belanda vs Inggris: Duel Aroma Liga Inggris,Head to Head Belanda Unggul

Inggris membukukan tempat mereka di final pertama di luar negeri dengan kemenangan 2-1 atas Belanda di Dortmund, yang disegel oleh gol kemenangan Ollie Watkins pada menit ke-90.

Mereka akan menghadapi tim apik asuhan Luis de la Fuente, yang telah mengalahkan Kroasia, Italia, Georgia, Jerman dan Prancis di Euro 2024 dalam perjalanan ke Stadion Olimpiade.

Ditanya bagaimana timnya bisa menyakiti Spanyol, yang mengalahkan Prancis di semifinal lainnya, Southgate berkata: “Kami harus merebut bola dari mereka terlebih dahulu! Tidak semudah kami menguasai bola dan membuat mereka berlari.

Mereka menekan dengan sangat baik, jadi kami harus tampil luar biasa saat menguasai bola dan kami harus tampil luar biasa tanpa bola.

Ini final jadi Anda mengharapkannya menjadi seperti itu. Mereka adalah tim terbaik. Kami mulai menunjukkan versi diri kami yang lebih baik,” katanya.

“Hari tambahan [istirahat untuk Spanyol] menjadi perhatian, dalam beberapa turnamen terakhir hal itu menjadi masalah bagi para finalis.

Kami harus melakukan yang terbaik yang kami bisa untuk memulihkan pemain sebaik yang kami bisa”.

“Kami tidak akan berada di tempat latihan, itu sederhana. Kami akan menjalani berbagai hal atau menyampaikan sesuatu dalam pertemuan, hal yang sama terjadi pada pertandingan ini, namun kami berada di sana dan dengan apa yang telah kami tunjukkan.”

Sampai saat ini, kami mempunyai peluang yang sama besarnya dengan mereka.”

“Kami telah memberikan malam terbaik kepada pendukung kami selama 50 tahun terakhir,” kata Southgate.

“Saya sangat bangga akan hal itu, saya senang jika semua orang di rumah merasakan apa yang kami rasakan dan apa yang dirasakan para pendukung di stadion”.

“Dari sudut pandang kami, kami belum selesai. Kami memiliki ujian terbesar yang harus kami persiapkan. Kami datang ke sini untuk mencoba memenangkan turnamen dan itu masih menjadi tujuan kami.”

Southgate, yang merupakan orang Inggris pertama yang memimpin negaranya ke dua final besar, merayakannya dengan penuh semangat di depan pendukung Inggris di lapangan.

Reaksi manajer Spanyol Luis de la Fuente setelah tahu Inggris mengalahkan Belanda untuk menghadapi timnya di final Euro 2024.

Luis de la Fuente mengantisipasi pertandingan yang sangat sulit dengan Inggris di final Euro 2024, namun yakin tim Spanyolnya telah memainkan sepakbola superior di Jerman.

“Kedua tim adalah lawan yang sangat tangguh. Kami akan melengkapi daftar tim yang pernah bermain melawan tim-tim hebat di kompetisi ini dan tidak bisa dilakukan dengan cara lain. Dua tim terbaik akan melaju ke final”.

“Kami makan malam dan menonton pertandingan, lalu, dengan lebih santai, kami berada di kantor, menganalisisnya dengan cara yang lebih santai. Sekarang hari kerja kami mulai menganalisis Inggris secara lebih rinci.”

De la Fuente menolak untuk mengungkapkan apakah idenya, dia memperkirakan akan ada pertandingan yang menuntut melawan tim Inggris yang memburu gelar besar pertama dalam 58 tahun.

Ditanya apakah ia memiliki preferensi antara Inggris dan Belanda, De la Fuente menjawab: “Ada pendapat dan selera untuk semua warna. Mereka adalah dua tim yang hebat.

Pada awal turnamen, mereka mungkin termasuk dalam kelompok tim yang berkandidat memenangkan gelar dan itulah yang terjadi.

Inggris sangat kuat, dengan pemain-pemain berpengalaman. Ini akan menjadi pertandingan yang sangat sulit dan menuntut,” katanya.

Meski De la Fuente yakin Spanyol bermain lebih baik dibandingkan Inggris di Euro, ia mengatakan para pemainnya harus mencari cara lain untuk bisa pulang dari Berlin dengan kemenangan.

“Inggris mempunyai beberapa pemain hebat dan sangat kuat. Kami bermain lebih baik dari mereka tapi itu tidak berpengaruh pada pertandingan.

Saya tidak perlu menyebutkan nama pemain mana pun yang menonjol. Mereka punya rekam jejak yang terbukti di level internasional, tapi kami ingin terus berkembang dan meningkatkan level yang sudah kami mainkan. Kami harus menemukan versi diri kami yang lebih baik lagi untuk memenangkan final.”

Menghadapi media tak lama setelah kemenangan timnya, Southgate mengakui bahwa lawan Inggris berikutnya adalah tim paling meyakinkan di seluruh turnamen.

“Untuk bisa membawa tim ini ke final pertama di luar negeri, saya sangat bangga,” kata pelatih kepala Inggris itu kepada wartawan.

“Kami menghadapi tim yang menjadi yang terbaik di turnamen ini dan punya satu hari ekstra untuk persiapan. Namun kami masih di sini dan terus berjuang.” (Tribunnews/mba)

Leave a comment