Informasi Terpercaya Masa Kini

George Clooney Minta Biden Mundur: Dia Tidak Akan Menang Melawan Waktu

0 25

TEMPO.CO, Jakarta – Aktor George Clooney, penggalang dana utama Hollywood untuk Partai Demokrat, mengatakan pada Rabu, 10 Juli 2024, bahwa Presiden AS Joe Biden bukan lagi orang yang sama dengan yang memenangkan Gedung Putih pada 2020. Ia dengan tegas meminta Biden membatalkan upayanya untuk terpilih kembali.

Clooney menjadi salah satu pembawa acara penggalangan dana bertabur bintang untuk Biden di Los Angeles pada Juni, sekitar dua minggu sebelum presiden berusia 81 tahun itu berjuang melalui debat dengan mantan Presiden Donald Trump dari Partai Republik, saingannya pada pemilu 5 November.

“Sungguh menyedihkan untuk mengatakannya, tetapi Joe Biden yang bersama saya tiga minggu lalu di acara penggalangan dana bukanlah Joe Biden yang ‘sangat hebat’ di tahun 2010,” tulis Clooney di New York Times. “Dia bahkan bukan Joe Biden di tahun 2020. Dia adalah orang yang sama yang kita semua saksikan dalam debat.”

“Apakah dia lelah? Ya. Apakah dia terserang flu? Mungkin. Namun para pemimpin partai kami harus berhenti mengatakan bahwa 51 juta orang tidak melihat apa yang baru saja kami saksikan,” tambah Clooney.

Wawancara Biden berikutnya dengan jurnalis ABC George Stephanopoulos “hanya memperkuat apa yang kita lihat minggu sebelumnya,” kata Clooney.

Sering digambarkan sebagai “ATM bagi Partai Demokrat,” Hollywood secara tradisional telah menjadi sumber donasi yang signifikan bagi partai tersebut. Acara Clooney yang dipandu oleh aktris Julia Roberts berhasil mengumpulkan lebih dari 30 juta dolar AS, yang menurut kampanye Biden merupakan penggalangan dana terbesar bagi Partai Demokrat dalam sejarah.

Setelah penampilan debat Biden, beberapa donor Hollywood meminta presiden untuk mengakhiri kampanyenya.

Salah satu pendiri Netflix, Reed Hastings, pewaris Disney, Abigail Disney, dan pembuat film Rob Reiner termasuk di antara mereka yang mengatakan bahwa Biden harus mundur. Penulis skenario Damon Lindelof mengusulkan agar rekan-rekannya di Hollywood berhenti menulis cek untuk Demokrat sampai Biden mundur.

Di Washington, mantan Ketua DPR Nancy Pelosi, sekutu lama Biden, mengatakan pada Rabu bahwa presiden harus memutuskan dengan cepat apakah dia akan tetap mengikuti pemilihan.

Demokrat Seumur Hidup

Clooney, yang menggambarkan dirinya sebagai seorang Demokrat seumur hidup, menulis: “Kita tidak akan menang pada November dengan presiden ini. Selain itu, kita tidak akan memenangkan DPR, dan kita akan kehilangan Senat.”

“Ini bukan hanya pendapat saya; ini adalah pendapat setiap senator dan anggota kongres serta gubernur yang telah saya ajak bicara secara pribadi,” tulis Clooney. “Setiap orang, terlepas dari apa yang mereka katakan di depan umum.”

Ketika diminta untuk menanggapi, kampanye Biden merujuk pada surat yang dikirim presiden kepada anggota Partai Demokrat di Kongres yang mengatakan bahwa ia “berkomitmen kuat” untuk pencalonannya dan mengalahkan Trump. Biden mengatakan bahwa ia mengalami “malam yang buruk” dalam debat tersebut dan bersumpah untuk tetap mengikuti pemilihan presiden.

Clooney mengatakan bahwa para tokoh terkemuka Partai Demokrat dan para kandidat yang berisiko kalah di bulan November harus meminta Biden untuk menghentikan kampanyenya.

Aktor ini menyarankan agar partai memutuskan calon baru pada konvensi Agustus dan menawarkan nama-nama yang mungkin menjadi pesaingnya, termasuk Wakil Presiden Kamala Harris dan beberapa gubernur negara bagian.

“Mari kita dengar dari Wes Moore dan Kamala Harris dan Gretchen Whitmer dan Gavin Newsom dan Andy Beshear dan J.B. Pritzker dan yang lainnya,” ujar Clooney.

Ia juga mengungkapkan kekagumannya pada Biden dan mengatakan bahwa ia menganggapnya sebagai teman.

“Saya percaya padanya. Percaya pada karakternya. Percaya pada moralnya. Dalam empat tahun terakhir, dia telah memenangkan banyak pertempuran yang dia hadapi,” kata Clooney.

“Tetapi satu pertempuran yang tidak bisa dia menangkan adalah pertarungan melawan waktu.”

REUTERS

Pilihan Editor: Ketika Banyak yang Berharap Biden Mundur, Bagaimana Tanggapan Trump?

Leave a comment