Informasi Terpercaya Masa Kini

Duel Spanyol Vs Inggris, Bukan Duel Klasik Eropa

0 16

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN — Sebagai dua negara sepak bola terkemuka, Spanyol melawan Inggris bukanlah persaingan internasional klasik dan mengakar. Namun, duel di Berlin pada Senin (15/7/2024) dini hari WIB merupakan pertandingan perebutan gelar berturut-turut dalam rentang waktu 11 bulan di turnamen besar, yang mungkin dapat menjadi awal dari rivalitas baru.

Setahun lalu, Spanyol mengalahkan Inggris 1-0 pada final Piala Dunia Wanita di Sydney. Namun pertandingan terbesar dalam sepak bola wanita itu lebih banyak mendapatkan sorotan karena ulah Luis Rubiales, saat itu menjabat Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol, mencium bibir pemain bintang Jenni Hermoso selama upacara penyerahan trofi. Ini memicu pemberontakan pemain, perjuangan tentang kesetaraan gender, dan akhirnya pencopotan Rubiales dari kekuasaan.

Bagaimana dengan Euro 2024? Spanyol telah menjadi tim terbaik di turnamen tersebut dan Inggris adalah yang paling tahan menghadapi tekanan. The Three Lions bangkit dalam posisi tertinggal pada semua pertandingan babak gugur.

Yang lebih tidak diketahui adalah bagaimana kedua tim bertanding karena belum pernah bertemu dalam pertandingan kompetitif apa pun baru-baru ini sejak sepasang laga kualifikasi UEFA Nations League pada 2018, dan tidak pernah dalam turnamen besar sejak Piala Eropa 1996.

Berikut ini sejumlah sorotan dari 27 pertemuan antara tim putra Spanyol dan Inggris sejak yang pertama pada tahun 1929:

Penebusan Stuart Pearce

Itu adalah salah satu gambaran yang menentukan dalam sejarah sepak bola Inggris: Stuart Pearce mencetak gol penalti dan melepaskannya dalam perayaan yang penuh emosi yang membuatnya menangis di Stadion Wembley. Itu terjadi pada perempat final Euro ’96 dan Inggris dan Spanyol berada dalam adu penalti setelah hasil imbang 0-0 yang menegangkan.

Enam tahun sebelumnya, Pearce adalah salah satu dari dua pemain Inggris yang gagal mencetak gol dalam adu penalti melawan Jerman di semifinal Piala Dunia. Di sinilah dia kembali, melangkah maju untuk negaranya dan kali ini berhasil. Setelah bola mengenai gawang, dia berhenti sebentar lalu berulang kali meninju udara dan berteriak “Ayo” kepada para penggemar sambil menangis. Inggris memenangkan adu penalti dengan skor 4-2, dengan Fernando Hierro dan Miguel Ángel Nadal gagal untuk Spanyol.

Empat gol Lineker

Penampilan individu terbaik dalam pertandingan Spanyol-Inggris datang dari Gary Lineker, yang mencetak keempat gol Inggris dalam rentang waktu 32 menit dalam kemenangan 4-2 dalam pertandingan persahabatan internasional pada tahun 1987. Pertandingan tersebut berlangsung di Madrid dan Lineker bermain saat itu untuk Barcelona, ​​membuatnya menjadi semacam musuh bagi para penggemar di ibu kota Spanyol.

Lineker juga klasik, dengan tiga gol pertamanya diselesaikan di dalam kotak penalti — di mana ia mematikan — sebelum ia melengkapi empat golnya dengan tendangan kaki kiri dari dekat titik penalti. Lineker mencetak empat gol lainnya melawan Malaysia pada tahun 1991. Tiga minggu sebelum pertandingan Spanyol, Lineker mencetak tiga gol melawan Real Madrid di Camp Nou milik Barca.

Gol penentu kemenangan Telmo Zarra

Pertemuan pertama dari dua pertemuan kedua tim di Piala Dunia terjadi pada tahun 1950, ketika Inggris baru saja mengalami salah satu kekalahan paling memalukan — 1-0 dari Amerika Serikat di Belo Horizonte, Brasil. Tiga hari kemudian, Spanyol mengakhiri perjalanan Inggris dengan kemenangan 1-0 di Maracana yang terkenal di hadapan lebih dari 74.000 penonton.

Telmo Zarra, pemain hebat Athletic Bilbao yang statusnya sebagai pencetak gol terbanyak La Liga direbut oleh Lionel Messi, mencetak gol kemenangan pada menit ke-48 untuk Spanyol, yang melaju ke empat besar namun berakhir di dasar klasemen. Pertemuan Piala Dunia lainnya terjadi pada tahun 1982, di mana Spanyol menjadi tuan rumah, dan skor 0-0 akhirnya menyingkirkan kedua negara dari babak penyisihan grup yang terdiri dari tiga tim di babak kedua.

Kemenangan terbesar

Margin kemenangan terbesar dalam pertandingan antara Spanyol dan Inggris terjadi pada pertemuan kedua mereka, pada tahun 1931. Inggris menang 7-1 dalam pertandingan persahabatan internasional di Highbury, bekas kandang Arsenal, dengan tiga pemain — Jack Smith, Tommy Johnson, dan Sammy Crooks — masing-masing mencetak dua gol. Kemenangan terbesar Spanyol atas Inggris adalah 3-0 dalam pertandingan persahabatan di Madrid pada tahun 1960, ketika Eulogio Martinez mencetak dua gol untuk tim yang dipenuhi bintang-bintang yang terdiri dari Alfredo Di Stefano dan Francisco “Paco” Gento.

Leave a comment