Informasi Terpercaya Masa Kini

iPhone X Resmi Jadi HP “Jadul”, Masih Layak Beli?

0 22

KOMPAS.com – Beberapa waktu belakangan, Apple membuat pengumuman penting yang membahagiakan sekaligus menyedihkan. Bulan lalu, Apple mengenalkan berbagai sistem operasi terbaru seperti iOS 18, iPadOS 18, dan MacOS Sequoia.

Kemudian, sekitar awal bulan ini, Apple membuat pengumuman yang mungkin cukup menyedihkan bagi sebagian besar pengguna, yaitu memasukkan iPhone X dalam daftar HP yang sudah lawas alias HP “jadul”.

Baca juga: Mengapa Perlu Meletakkan iPhone dengan Posisi Layar Menghadap Bawah?

iPhone X dikategorikan sebagai gadget vintage

Apple setidaknya memiliki dua kategori gadget berdasarkan fase setelah masa garansinya habis, yakni gadget vintage (lawas/jadul) dan gadget obsolete (usang).

Dikutip dari laman resmi Apple, gadget yang dikategorikan vintage alias “jadul” adalah gadget yang telah dihentikan produksinya selama lebih dari 5, tetapi kurang dari 7 tahun.

Sementara itu, gadget yang dikategorikan sebagai usang adalah gadget yang telah dihentikan produksinya selama lebih dari 7 tahun.

Dalam kategori tersebut, Apple masih menyediakan layanan perbaikan kerusakan dan komponen suku cadang pada gadget vintage. Sementara itu, layanan perangkat keras bakal dihentikan sepenuhnya oleh pada pada gadget-gadget kategori obsolete atau usang.

iPhone X beberapa waktu lalu resmi dimasukkan Apple sebagai gadget vintage. Untuk diketahui, iPhone X telah berusia 7 tahun. iPhone X dirilis pada November 2017 bersamaan dengan iPhone 8 series.

Kala itu, iPhone X membawa beberapa terobosan baru. iPhone X menjadi iPhone pertama yang mengusung desain layar poni. Kemudian, iPhone X juga mengusung sistem keamanan biometrik baru, yaitu Face ID.

iPhone X berhenti diproduksi pada 2018, setelah Apple merilis penerusnya, yaitu iPhone Xs series. Dengan demikian, tak heran bila Apple saat ini memasukkan iPhone X ke jajaran gadget jadul.

Selain iPhone X, ada beberapa iPhone lain yang juga dimasukkan Apple sebagai iPhone “jadul”, seperti iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone SE generasi pertama, dan model atau series iPhone yang lebih lama lagi.

Saat ini, iPhone X padahal masih banyak dijajakan di pasaran. Namun, iPhone X yang masih dijual saat ini di pasaran rata-rata dalam kondisi bekas pemakaian, bukan barang baru yang tersegel dalam boks.

Harga iPhone X bekas juga sudah turun jauh. Pengguna bisa mendapatkannya dengan kisaran harga Rp 3 jutaan. Akan tetapi, dengan dikategorikan sebagai HP “jadul” oleh Apple, lantas apakah iPhone X masih layak di 2024?

Baca juga: 10 Cara Mengatasi iPhone Cepat Panas dengan Mudah, Jangan Panik

Apakah iPhone X masih layak di 2024?

iPhone X secara umum kurang layak buat dibeli dan dipakai di masa sekarang. Meski iPhone X saat ini bisa diperoleh dengan harga terjangkau, ada satu alasan kuat yang membuat iPhone X kurang layak dipakai sekarang.

Alasan itu adalah dukungan sistem operasi terbaru pada iPhone X. Sebagaimana sempat disinggung di atas, iPhone X saat ini telah berusia 7 tahun dengan resmi dimasukkan Apple sebagai HP jadul.

Usia iPhone X yang tua itu membuatnya tak lagi mendapatkan dukungan sistem operasi terbaru. iPhone X terakhir kali mendapatkan sistem operasi terbaru pada versi iOS 16, yang dirilis dua tahun lalu.

iPhone X tidak lagi mendapatkan dukungan iOS 17 dan seterusnya, termasuk iOS 18 yang baru diumumkan Apple dan diperkirakan bakal dirilis sekitar musim gugur nanti antara September hingga November.

Dihetikannya dukungan sistem operasi terbaru pada iPhone X ini bakal berpengaruh pada pengalaman pengguna. Pengguna tak akan bisa mengakses fitur-fitur baru pada sistem operasi terbaru di iPhone X.

Selain dari sistem operasi, desain iPhone X juga bisa dibilang sudah mulai ketinggalan dengan seri-seri iPhone yang lebih baru. Perbedaan desain yang cukup mencolok bisa dilihat dari bagian punggung iPhone X.

Desain dua kamera belakang iPhone X masih tersusun dalam satu wadah lonjong. Sementara itu, desain punggung pada seri-seri iPhone yang lebih baru kebanyakan menggunakan kamera belakang dengan susunan terpisah.

Kemudian, dari segi hardware, performa iPhone X juga jauh tertinggal. Sebagai informasi, iPhone X dibekali dengan chip A11 Bionic.

Berdasarkan data benchmarking Antutu per februari 2023, dari 46 gadget genggam Apple yang diuji, performa hardware iPhone X berada di peringkat ke-38 dengan torehan poin sebesar 420.804.

Baca juga: 7 Cara Cas iPhone yang Benar biar Battery Health Tak Turun Drastis

Performa hardware iPhone X sudah jauh tertinggal dibanding dengan saudara-saudara penerusnya. Alasan sistem operasi, desain, dan performa hardware inilah yang membuat iPhone X kurang layak dipakai di masa sekarang.

Jika tetap berminat membeli, iPhone X mungkin saat ini lebih cocok dipakai sebagai HP sekunder, yang hanya dimanfaatkan untuk mengambil foto, mencatat, browsing, dan mengakses aplikasi-aplikasi ringan lainnya.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Leave a comment