Informasi Terpercaya Masa Kini

Bocoran Xiaomi Mix Fold 4, Bakal Jadi Smartphone Lipat Tertipis?

0 24

KOMPAS.com – Vendor smartphone Xiaomi diyakini sedang menyiapkan ponsel lipat (foldable) terbaru dari lini Mix Fold, yakni Xiaomi Mix Fold 4. Gawai lipat ini menjadi penerus dari Xiaomi Mix Fold 3 yang diluncurkan pada Agustus 2023.

Meskipun belum dirilis, sudah ada banyak bocoran spesifikasi Xiaomi Mix Fold 4 yang berseliweran di internet. Salah satu spesifikasi yang bocor adalah ketebalan bodinya.

Bodi Xiaomi Mix Fold 4 konon memiliki ketebalan sekitar 9 mm. Ketebalan ini, menurut pembocor gadget Ice Universe, membuat Xiaomi Mix Fold 4 menjadi ponsel lipat paling tipis di dunia.

Xiaomi Mix Fold 4 dirumorkan lebih tipis dibanding smartphone Honor Magic V2 yang saat ini memegang gelar sebagai ponsel lipat tertipis, dengan ketebalan 9,9 mm.

Tak hanya itu, ponsel dengan mekanisme lipatan ala buku ini juga diklaim akan mengalahkan ketebalan ponsel lipat Honor Magic V3, yang rencananya bakal dirilis pada 12 Juli ini.

Baca juga: Honor Magic V2 Meluncur, Ponsel Lipat Paling Tipis

Honor Magic V3 dikonfirmasi lebih tipis dari pendahulunya, dengan ketebalan di bawah 9,9 mm dalam mode terlipat dan 4,7 mm dalam mode terbentang.

“Honor Magic V3 akan dirilis pada 12 Juli. Setelah itu, Xiaomi Mix Fold 4 juga akan diluncurkan, dan menjadi ponsel lipat paling tertipis di dunia dengan ketebalan sekitar 9.x mm,” tulis Ice Universe di media sosial X (dahulu Twitter).

Ice Universe juga memastikan bahwa Xiaomi Mix Fold 4 akan dirilis di pasar global. Dengan begitu, Xiaomi Mix Fold 4 menjadi ponsel lipat pertama Xiaomi yang diboyong ke pasar internasional.

Xiaomi kemungkinan akan mengonfirmasi kehadiran ponsel lipatnya di China pada Juli ini, meskipun dua model Mix Fold sebelumnya dirilis pada Agustus 2024.

Selain Mix Fold 4, Xiaomi diyakini akan memperkenalkan ponsel foldable pertamanya dengan lipatan kerang (clamshell), yakni Xiaomi Mix Flip.

Baca juga: Beli Vivo X Fold 3 Sekarang atau Tunggu Samsung Z Fold 6 Sebulan Lagi?

Bocoran spesifikasi Xiaomi Mix Fold 4

Menurut tipster gadget Digital Chat Station (DCS), Xiaomi Mix Fold 4 konon berbobot 220 gram, lebih ringan dibanding Mix Fold 3 dengan bobot 240 gram.

Xiaomi Mix Fold 4 diklaim akan membawa sederet fitur baru seperti fitur komunikasi berbasis satelit dua arah, ketahanan dari air dan debu dengan sertifikasi IP-rating, dan motor linier x-axis.

Tipster itu juga membagikan spesifikasi kunci dari Mix Fold 4. Smartphone lipat ini kabarnya bakal hadir dengan RAM 16 GB, media penyimpanan internal 1 TB, dan baterai jumbo 5.000 mAh. Pengisian ulang baterainya disebut bakal didukung fast charging 100 Watt.

Pada aspek kamera, Xiaomi Mix Fold 4 konon akan dibekali kamera belakang 50 MP, ditemani dengan lensa periskop baru. Besar kemungkinan, gawai ini juga dilengkapi kamera ultra wide dan telefoto, tetapi resolusinya belum diketahui.

Urusan dapur pacu, smartphone ini diduga akan ditenagai System-on-Chip (SoC) Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSMArena, Senin (8/7/2024).

Perlu dicatat bahwa spesifikasi di atas baru sebatas bocoran. Xiaomi pun belum memberikan informasi apa pun soal ponsel lipatnya ini. Jadi, spesifikasi pastinya baru akan diketahui saat Mix Fold 4 dirilis resmi.

Baca juga: Bocoran Spesifikasi HP Lipat Xiaomi Mix Fold 4, Bisa Telepon Satelit Dua Arah?

Leave a comment