Informasi Terpercaya Masa Kini

Berapa Lama Idealnya Memanaskan Mobil? Cek di Sini Biar Nggak Gagal Paham

0 44

PROKALTENG.CO-Bagi pemilik kendaraan, penting untuk memanaskan kendaraan secara rutin untuk menjaga kinerja mesin. Terlebih jika mobil Anda termasuk yang jarang dipakai. Namun, memanaskan mobil nggak boleh asal.

Banyak pengguna mobil yang bertanya-tanya berapa lama manasin mobil? Dilansir dari laman Hyundai, waktu yang tepat untuk memanaskan mobil dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti suhu lingkungan dan jenis mesin mobil.

Namun, dengan kemajuan teknologi dalam mesin mobil modern, waktu pemanasan yang panjang tidak lagi diperlukan seperti yang diperlukan pada mobil-mobil lama. Berikut selengkapnya.

Secara umum, memanaskan mobil selama sekitar 30 detik hingga satu menit sudah cukup untuk memastikan bahwa minyak pelumas mesin telah merata dan sistem sirkulasi udara di dalam mobil berfungsi dengan baik. Ini juga memberikan kesempatan bagi sistem injeksi bahan bakar untuk mengalir dengan baik sebelum memulai perjalanan.

Waktu memanaskan mobil ini berlaku baik mobil dengan transmisi manual atau transmisi otomatis (matic). Jadi, jika Anda bertanya tentang manasin mobil matic berapa lama, tentu jawabannya tidak akan jauh berbeda dengan mobil pada umumnya.

Ditambah lagi, penting untuk diingat bahwa transmisi otomatis memiliki sistem pelumas yang dirancang untuk bekerja secara efisien dalam waktu yang relatif singkat setelah mesin dihidupkan. Oleh karena itu, tidak perlu memanaskan transmisi otomatis secara khusus dalam waktu lama. Cukup lakukan secara rutin sebelum memulai perjalanan.

Selain itu, pastikan sebelum memulai proses pemanasan, mobil berada dalam kondisi baik. Periksa level oli mesin, cairan pendingin, dan bahan bakar. Pastikan juga bahwa sistem pendingin dan sistem pemanas dalam kondisi baik.

Pastikan juga mobil Anda terparkir di tempat yang aman dan terbuka, seperti di halaman atau di tempat parkir yang tidak terlalu dekat dengan benda atau bangunan lain. Kalau sudah, masuk ke dalam mobil dan pastikan kaki Anda diinjak pada pedal rem.

Nyalakan mesin dengan kunci dan biarkan mesin berjalan selama beberapa menit. Ini memberikan waktu bagi minyak mesin untuk mengalir ke bagian yang diperlukan dan melumas mesin sebelum digunakan. (jpc)

Leave a comment