Informasi Terpercaya Masa Kini

Kenapa WiFi Menolak Akses? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

0 49

TEMPO.CO, Jakarta – Beberapa orang mungkin mengalami kendala jaringan internet wireless fidelity atau WiFi yang menolak akses ketika mencoba menghubungkan perangkat. Permasalahan koneksi internet yang tidak bisa tersambung itu tentu mengakibatkan pekerjaan menjadi terganggu.

Melansir laman perangkat lunak antivirus, Avast, ada sejumlah alasan mengapa WiFi tidak dapat diakses, baik akibat kerusakan perangkat maupun kesalahan teknis lainnya. Berikut penyebabnya.

Penyebab WiFi Menolak Akses1. Masalah pada Router atau Modem

Masalah mungkin saja berasal dari perangkat router yang digunakan. Sama seperti komputer, router atau modem perlu diperbarui dan dibersihkan secara berkala dari berkas-berkas sementara. Pembaruan menjaga sistem keamanan tetap bekerja, termasuk melindungi dari serangan malware.

Pastikan kabel router tersambung dengan benar dan tidak longgar. Router dan modem mulai tidak berfungsi setelah beberapa tahun digunakan.

Jadi, selain sesekali memperbarui dan memulai ulang (restart), pengguna juga dapat mempertimbangkan opsi untuk menggantinya setiap lima tahun sekali atau lebih.

2. Gangguan Penyedia Layanan Internet

Koneksi internet service provider (ISP) WiFi bisa terputus karena adanya gangguan atau pemeliharaan sistem. Cara terbaik untuk memeriksa apakah penyedia layanan internet sedang memutuskan jaringan adalah dengan menghubungi perusahaan yang bersangkutan.

3. Kecepatan Internet Rendah

Kendala WiFi yang menolak akses dapat memengaruhi kecepatan internet dalam mengunggah atau mengunduh berkas.

Bandwidth yang besar mungkin dialihkan dari perangkat ketika pengguna sedang mengunggah atau mengunduh file dengan ukuran besar maupun sedang melakukan aktivitas yang membutuhkan koneksi internet kuat, seperti bermain gim dan konferensi video.

4. Bandwidth Digunakan oleh Banyak Orang

Kemacetan jaringan WiFi dapat memperlambat kinerja internet, sehingga akses pengguna baru mungkin saja ditolak.

Kegiatan seperti mengunduh film, streaming video, bermain game online, dan memperbarui program dapat menghabiskan banyak bandwidth.

5. Peretasan atau Masalah Jaringan

Internet dapat berhenti berfungsi karena peretasan atau serangan malware. Peretas memiliki motif untuk menolak akses pengguna baru ke WiFi guna mempertahankan diri.

Selain itu, beberapa malware dirancang khusus untuk membajak bandwidth, sehingga jaringan internet tidak dapat menerima permintaan akses dari pengguna lain.

Cara Mengatasi WiFi Menolak Akses

Dilansir dari laman Samsung, berikut beberapa kiat dalam mengatasi WiFi menolak akses:

1. Mulai Ulang Perangkat

Coba mulai ulang perangkat gawai, router, atau modem. Matikan perangkat dan nyalakan kembali.

Saat mematikan, cabut kabel listrik dan colokkan lagi untuk menyalakan. Setelah memulai ulang, lihat apakah perangkat masih tidak bisa terhubung ke jaringan WiFi.

2. Reset Pengaturan Jaringan

Menghapus konfigurasi jaringan dan menyalakan lagi dapat membersihkan sistem dari data-data cache yang menumpuk.

Namun, ketika pengguna melakukan reset, pengaturan jaringan di perangkat gawai akan menghilang, termasuk riwayat jaringan WiFi yang pernah tersambung.

3. Mulai Perangkat dalam Mode Aman

Coba koneksi WiFi dalam Mode Aman untuk melihat apakah aplikasi yang terpasang di perangkat sebagai penyebab akses ke internet gagal terhubung.

Untuk menemukan aplikasi yang menyebabkan masalah WiFi, pengguna dapat menghapus penginstalan aplikasi, mulai dari yang terakhir kali dipasang.

4. Pastikan Kata Sandi WiFi Benar

Apabila terdapat tanda gembok di ikon jaringan WiFi, maka jaringan internet tersebut dilindungi oleh kata sandi. Saat memasukkan kata sandi, berhati-hatilah dan masukkan dengan benar dan cermat.

5. Lakukan Reset Data Pabrik

Hapus pengaturan router ke konfigurasi pabrik (default) untuk membuatnya kembali berfungsi. Mengembalikan router ke pengaturan pabrik akan menghapus semua data guna membantu menyelesaikan masalah terkait jangkauan, kecepatan, dan kinerja WiFi yang tidak konsisten.

MELYNDA DWI PUSPITA

Pilihan Editor: Tips Aman Menggunakan WiFi Publik Saat Bepergian

Leave a comment