Informasi Terpercaya Masa Kini

IDF Serbu Gaza Utara untuk Gertak Hamas,Batalyon Tal al-Hawa Bangkit Lagi Remukkan Pasukan Israel

0 42

Serbu Gaza Utara untuk Gertak Hamas, Pasukan Israel Malah Remuk Digebuk Batalyon Tal al-Hawa 

TRIBUNNEWS.COM – Surat kabar Ibrani Yedioth Ahronoth melaporkan alasan di balik penyerbuan besar-besaram tentara pendudukan Israel (IDF) ke Gaza utara pada Minggu dan Senin (9/7/2024) kemarin.

Laporan tersebut menyatakan, kalau penyerangan IDF itu untuk memaksa Hamas tunduk dan membuat lebih banyak konsesi selama negosiasi pertukaran sandera demi gencatan senjata, yang berlangsung di Doha, Qatar.

Baca juga: Tuding Markas UNRWA Jadi Gudang Senjata Hamas, Tank-Tank Israel Menumpuk di Tal al-Hawa

Surat kabar tersebut mengindikasikan bahwa respons Hamas justru berbeda dari yang diharapkan IDF.

Hamas melalui sayap militernya, Brigade Al Qassam malah merespons lewat operasi mematikan di lingkungan Tal al-Hawa.

Remuk di Tal al-Hawa

Media Ibrani melaporkan bahwa 4 insiden keamanan yang sulit terjadi pada tentara pendudukan di wilayah Tal al-Hawa.

Adapun Pasukan Pendudukan Israel (IDF) Senin (8/7/2024) mengatakan kalau 23 tentara terluka dalam 24 jam terakhir di berbagai front pertempuran, termasuk di perbatasan Utara.

Dari angka itu, sebanyak 17 prajurit IDF terluka di Jalur Gaza dalam pertempuran yang sedang berlangsung dengan milisi perlawanan Palestina.

Sumber IDF mengatakan bahwa 3 tentara yang terluka dipindahkan dari pertempuran Gaza.

Sumber melaporkan bahwa helikopter militer Israel mendarat dalam waktu singkat di poros Netzarim, diyakini untuk mengevakuasi korban luka, menurut Al Jazeera.

Baca juga: Terjadi Lagi, Penyergapan Berdarah IDF di Shejaiya, Roket Termobarik Qassam Sasar 14 Tentara Israel

Batalyon Tal al-Hawa Bangkit Lagi

Dalam konteks ini, Brigade Al-Qassam mengumumkan beberapa operasi di lingkungan Tal Al-Hawa.

Sementara itu, media Israel menyebutkan 3 tentara yang terluka dalam pertempuran di Gaza telah dipindahkan beberapa waktu lalu.

Brigade Al-Qassam, sayap militer Gerakan Perlawanan Islam (Hamas), melaporkan bahwa mereka meledakkan perangkat anti-personel terhadap kekuatan 6 tentara Israel di Tal al-Hawa, menyebabkan mereka tewas dan terluka.

Sebelumnya juga diumumkan kalau pasukan Israel menjadi sasaran di daerah Chalihat, sebelah barat lingkungan Tal al-Hawa di Gaza, menyebabkan anggotanya tewas dan terluka.

Sebuah jip militer juga dihancurkan di area yang sama oleh peluru Al-Yassin 105 di Jalan Al-Sinaa.

Al-Qassam melaporkan bahwa mereka juga menargetkan pengangkut pasukan Israel dengan perangkat Shawaz 3 di Bundaran 17 di lingkungan yang sama, dan buldoser D9 dengan perangkat Shawaz 3 di Jalan Al-Rashid.

Dilaporkan juga kalau pasukan pendudukan Israel yang ditempatkan di poros Netzarim di tengah Jalur Gaza menjadi sasaran sejumlah rudal “Rajum” 114 mm.

Baca juga: Ringkasan Pesan Brigade Al Qassam: 24 Batalyon Milisi Aktif di Gaza, Netzarim Zona Teror Israel

Mengomentari operasi Tal al-Hawa, surat kabar Yedioth Ahronoth mengatakan, “Tentara Israel menyerang Jalur Gaza utara dengan paksa, untuk memaksa Hamas tunduk dan membuat lebih banyak konsesi selama negosiasi.”

Dia menambahkan, “Gerakan ini merespons dengan operasi mematikan di lingkungan Tal al-Hawa.”

Batalyon Tal al-Hawa adalah batalion pertama di Jalur Gaza, yang diklaim telah ‘dibongkar’ dan dimusnahkan oleh tentara pendudukan Israel.

Namun meskipun IDF sudah menyerang lingkungan tersebut lebih dari 5 kali, mereka mampu melakukan operasi khusus melawan pasukan pendudukan Israel.

(oln/khbrn/*)

Leave a comment