Informasi Terpercaya Masa Kini

Komentar Gareth Southgate Usai Timnas Inggris Kalah dari Spanyol di Final Euro 2024

0 25

TEMPO.CO, Jakarta – Pelatih Gareth Southgate kecewa berat setelah gagal membawa Timnas Inggris menjadi juara Euro 2024. Ia gagal setelah menelan The Three Lions kekalahan dari Spanyol pada babak final di Olimpiastadion, Berlin, pada Senin dinihari, 15 Juli 2024. Ia mengakui bahwa Timnas Spanyol adalah tim yang lebih baik.

“Kami telah berkompetisi hingga akhir final. Saya pikir hari ini kami tidak menjaga penguasaan bola dengan cukup baik. Kami bertahan dengan baik tetapi ketika Anda memenangkan bola, Anda perlu keluar dari tekanan itu. Kami tidak bisa melakukannya dan itu berarti mereka (Spanyol) memiliki kendali lebih besar atas permainan,” ujar Southgate seusai pertandingan.

Berada di bawah tekanan Spanyol, Southgate mengakui, membuat para pemainnya kelelahan. Padahal, menurut dia, Inggris berada dalam posisi lebih baik mengingat pengalaman berada di laga final pada edisi 2020. “Sebagian besar skuad ini akan siap untuk Piala Dunia dan Euro berikutnya. Ada banyak hal yang bisa dinantikan, tetapi kekalahan ini tidak memberi hiburan apapun.”

Spanyol mencetat rekor dengan meraih gelar keempat Kejuaraan Eropa setelah mengalahkan Inggris 2-1. Gol Mikel Oyarzabal pada menit ke-87 menjadi penentu kemenangan Spanyol. Inggris pun harus memperpanjang masa penantian mendapatkan trofi mayornya.

Pemain pengganti Inggris, Cole Palmer, sempat menyamakan kedudukan untuk Inggris pada menit ke-73. Gol ini membalas gol pembuka Nico Williams pada menit ke-47 memanfaatkan umpan ajaib Lamine Yamal yang berusia 17 tahun. Gol Palmer sempat membuat asa Inggris untuk membalikkan keadaan hidup.

Namun, bagi Southgate, usaha membalikkan keadaan sangat sulit. “Itu berarti kami berhasil menyamakan kedudukan dan kemudian terbuka lebar untuk membalikkan keadaan. Ada peluang besar di akhir pertandingan untuk menyamakan kedudukan, tapi itu tidak terjadi. Saya pikir mereka (Spanyol) adalah tim terbaik di turnamen ini.”

Kekalahan dari Spanyol menjadi kegagalan kedua Southgate mempersembahkan trofi Piala Eropa untuk Inggris. Pada edisi 2020, ia juga berhasil membawa Skuad Tiga Singa ke babak final. Namun, dalam pertandingan di Wembley Stadium, Inggris harus mengakui kemenangan Italia lewat drama adu penalti.

Pilihan Editor: Timnas Spanyol Juara Euro 2024 Usai Kalahkan Inggris 2-1, Gol Mikel Oyarzabal Jadi Penentu

Leave a comment