Informasi Terpercaya Masa Kini

MediaTek Dimensity 9400 Bakal Rilis Pertengahan Oktober, Dua Ponsel Bersaing Menjadi Pengguna Pertama

0 8

TEMPO.CO, Jakarta – Bocoran terbaru dari informan yang dapat diandalkan, Digital Chat Station, menunjukkan bahwa MediaTek sedang bersiap untuk meluncurkan chipset andalan berikutnya, Dimensity 9400, lebih awal dari biasanya.

Biasanya MediaTek merilis prosesor tingkat atasnya pada kuartal terakhir tahun ini. Namun, perusahaan tersebut kini dilaporkan menargetkan peluncuran ponsel yang ditenagai oleh Dimensity 9400 pada pertengahan Oktober, sebagaimana dikutip Gizmochina, 24 Agustus 2024. Jadi, dapat disimpulkan SoC tersebut diluncurkan lebih awal. Sementara itu, pesaingnya, Qualcomm, akan meluncurkan Snapdragon 8 Gen 4 pada bulan Oktober.

Bocoran tersebut sejalan dengan laporan sebelumnya yang menunjukkan bahwa seri Vivo X200 atau seri Oppo Find X8, yang ditenagai oleh Dimensity 9400, dapat diluncurkan sebelum seri Xiaomi 15, yang diperkirakan menjadi yang pertama dengan prosesor Snapdragon 8 Gen 4.

Pemberi informasi tersebut juga mencatat bahwa ponsel yang menggunakan Snapdragon 8 Gen 4 kemungkinan akan memulai debutnya pada bulan November atau Desember. Selain itu, disebutkan bahwa perangkat Snapdragon 8 Gen 3 kelas menengah sedang dalam pengerjaan, meskipun belum ada model spesifik yang disebutkan. Digital Chat Station juga menyebutkan kedatangan chipset Dimensity 8400 yang menargetkan kisaran harga yang sedikit lebih rendah.

Meskipun detail spesifik tentang Dimensity 9400 masih langka, bocoran sebelumnya menunjukkan bahwa ia akan dibangun pada proses 3nm untuk meningkatkan kinerja dan masa pakai baterai yang lebih baik.

Ia akan menampilkan arsitektur CPU yang ditingkatkan dengan Cortex-X925 baru sebagai inti kinerjanya. Dengan ini, SoC tersebut mungkin memberikan peningkatan hingga 30 persen dalam kinerja inti tunggal dibandingkan pendahulunya, menurut bocoran Digital Chat Station.

Selain itu, SoC itu diperkirakan akan mencapai kinerja ini sambil mengonsumsi daya 30 persen lebih sedikit daripada Snapdragon 8 Gen 3 untuk tugas serupa. Selain itu, Dimensity 9400 ditetapkan sebagai chip pertama yang menggunakan memori LPDDR5x 10,7 Gbps milik Samsung yang sangat cepat dan yang tercepat di industri.

Pilihan Editor: BMKG Prakirakan Sebagian Kota Besar Hujan Ringan, Waspadai Petir

Leave a comment