Informasi Terpercaya Masa Kini

5 Makanan Ini Baiknya Tidak Dikonsumsi Bersama dengan Biji Chia

0 2

TRIBUNHEALTH.COM – Menggabungkan biji chia dengan makanan tertentu dapat memicu komplikasi kesehatan yang serius seperti gangguan pencernaan, refluks asam, dan masalah lainnya. 

Meskipun memiliki ukuran yang kceil, namun biji chia menjadi pilihan yang sehat karena kandungan nutrisinya yang luar biasa. 

Biji chia kaya akan antioksidan yang dapat membantu melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang bertanggung jawab atas penuaan dan penyakit seperti klanker. 

Menurut Journal of Food Science and Technology , nutrisi dalam biji chia dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, mendukung tulang yang lebih kuat, dan membantu memperbaiki pengelolaan gula darah. 

Baca juga: Kekurangan Zat Besi Sebabkan Rambut Rontok, Begini Cara Mudah Meningkatkan Asupan Zat Besi

Namun, banyak orang yang masih belum mengetahui cara yang tepat untuk mengonsumsi biji chia. 

Tidak semua makanan boleh dikonsumsi bersama biji chia, beberapa makanan harus dhindari untuk dicampurkan dengan biji chia guna menghindari efek samping yang serius. 

Baca juga: 4 Alasan Harus Mencoba Mie Shirataki, Alternatif Bagus untuk Gantikan Mie Instan

Makanan yang Baiknya Tidak Dikonsumsi Bersamaan dengan Biji Chia

Dilansir dari HealthShots, menurut ahli gizi Avni Kaul, ada beberapa kombinasi makanan yang harus dihindari karena dapat memengaruhi pencernaan, penyerapan nutrisi, atau menyebabkan ketidaknyamanan. 

1. Makanan kaya asam fitat

Asam fitat dapat ditemui pada makanan seperti kacang-kacangan, lentil, dan beberapa biji-bihian. 

Mengombinasikan bihi chia dengan makanan yang mengandung asam fitat dapat mengganggu penyerapan mineral. 

Biji chia sendiri sudah mengandung asam fitat yang tinggi, jadi menggabungkannya dengan makanan lain dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap mineral penting seperti kalsium, zat besi, dan seng. 

Hal ini dapat menjadi masalah terutama bagi orang yang bergantung pada sumber mineral nabati. 

2. Makanan kaya serat

Biji chia sudah mengandung serat yang cukup tinggi, sekitar 28 gram biji chia mengandung sekitar 10 gram serat makanan. 

Artinya, biji chia mengandung 35 persen serat menurut beratnya, menurut International Journal of Food Science. 

Bila dikonsumsi dengan makanan kaya serat seperti bekatul, gandum, dan buah-buahan tertentu seperti apel dan pir, biji chia dapat membebani sistem pencernaan. 

Konsumsi serat berlebihan dapat menyebabkan perut kembung, perut banyak gas, dan ketidaknyamanan pada perut. 

Biji chia bersifat hidrofilik, artinya biji ini menyerap air dan mengembang, yang dapat menambah jumlah serat dalam sistem pencernaan.

Baca juga: Tak Hanya Jeruk dan Lemon, Berikut Sederet Makanan yang Kaya Vitamin C

3. Produk susu 

Beberapa orang yang tidak toleran terhadap laktosa atau sensitif terhadap susu mungkin merasa bahwa menggabungkan biji chia dengan produk susu seperti yoghurt, susu, atau keju dapat menyebabkan ketidaknyamanan pencernaan. 

Produk susu itu sendiri dapat menyulitkan pencernaan bagi sebagian orang, dan penambahan biji chia yang kaya serat dapat memperburuk keadaan.

Biji chia dapat menyerap sejumlah besar cairan dan membentuk konsistensi seperti gel, yang dapat memperlambat pencernaan jika dicampur dengan susu. 

Kondisi ini dapat memperburuk gejala seperti kembung, gas, dan sakit perut. 

Baca juga: 6 Cara Menekan Nafsu Makan Secara Alami, Bantu Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

4. Makanan tinggi oksalat

Oksalat adalah senyawa yang terdapat dalam makanan seperti bayam, daun bit, dan ubi jalar yang dapat mengikat kalsium dan mineral lainnya, sehingga membentuk batu ginjal pada orang yang rentan. 

Biji chia juga relatif kaya akan oksalat, jadi menggabungkannya dengan makanan lain yang kaya oksalat dapat menimbulkan risiko bagi orang yang rentan terhadap batu ginjal.

Mengonsumsi oksalat secara berlebihan dapat menyebabkan terbentuknya batu kalsium oksalat di ginjal. 

5. Makanan manis

Menambahkan biji chia ke makanan manis, seperti makanan penutup, minuman manis, atau sereal sarapan, dapat menetralkan manfaat kesehatan dari biji chia. 

Makanan yang mengandung banyak gula ini dapat meningkatkan kadar gula darah, yang diketahui dapat diatur oleh biji chia karena kandungan seratnya. 

Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan madu atau sirup maple untuk menambahkan sedikit rasa manis ke makanan penutup Anda.

Baca juga: Suka Makan Buah? Berikut Beberapa Kombinasi Buah yang Harus Dihindari

Baca berita lain seputar kesehatan di sini

(Tribunhealth.com)

Leave a comment