Informasi Terpercaya Masa Kini

Apakah Diwali 2024 Libur dan Kapan Tanggal Perayaannya?

0 5

Hari Raya Diwali atau Deepavali merupakan salah satu perayaan sakral dalam umat Hindu, Sikh, dan Jain yang jatuh pada 31 Oktober – 1 November 2024. Diwali juga dikenal dengan tradisi perayaan festival cahaya bagi masyarakat India.

Diwali merupakan salah satu festival besar bagi umat Hindu yang dirayakan dengan berbagai aktivitas, seperti sembahyang, melakukan ritual puja, dan menyalakan diyas atau lampu gerabah kecil untuk mengundang Dewi Kekayaan dan Kemujuran, yaitu Maa Laksmi.

Manohar Laxman Varadpande lewat buku History of Indian Theatre (1987) mencatat, istilah Deepavali (Dipavali atau Diwali) bermula dari abad ke-7 Masehi. Deepavali diperkirakan berasal dari bahasa Sanskerta versi Nagananda, yakni Dipapratipadotsava.

Dipapratipadotsava merupakan akronim dari dpa yang artinya “cahaya”, pratipada yang bermakna “hari pertama”, dan utsava yang berarti festival. Dengan demikian, Dipapratipadotsava atau Dipavali atau Diwali dapat dimaknai sebagai hari pertama festival cahaya.

Frank Salamone dalam Encyclopedia of Religious Rites, Rituals and Festivals (2004) mengungkapkan, selama perayaan Diwali, seluruh kuil, rumah, toko, gedung kantor, dan berbagai bangunan lainnya diterangi dengan cerah.

Secara harfiah, Diwali merupakan perayaan kemenangan cahaya atas kegelapan. Sementara itu, dipercaya pada momen Diwali, Dewi Maa Laksmi akan turun dan memberkahi bumi dengan kekakayaan, uang, dan kesuksesan bagi pengikutnya.

Dikutip dari laman Brandeis University, festival Diwali bagi umat Hindu merupakan perayaan kepulangan pasukan Rama bersama Sita Lakshmana dan Hanuman ke kota Ayodhya setelah mengalahkan Rahwana dan menyelesaikan 14 tahun pengasingan. Rakyat Ayodhya yang bahagia menyalakan lampu sepanjang jalan untuk meneranginya dari kegelapan.

Sementara itu bagi umat Jain atau Jainisme, Diwali adalah hari ketika Guru Dharma Jain atau Jain Tirthankaras terakhir, bernama Mahavira mencapai nirwana yang merupakan perwujudan keilmuan dan pencerahan yang paripurna.

Bagi Sikhs, Diwali merupakan penggambaran perjalanan alot mencapai kedamaian. Diwali merayakan kebebasan Guru Hargobind dari Kaisar Jahangir yang telah memenjarakannya selama 52 tahun bersama pangeran yang lain pada tahun 1619.

Apakah Perayaan Diwali Termasuk Hari Libur di Indonesia? Menurut Times of India, rangkaian festival Diwali akan berlangsung selama lima hari mulai dari Dhanteras di tanggal 29 Oktober hingga upacara Bhai Dooj pada 3 November.

Sementara itu, event utama yaitu Laksmi Puja akan pada 31 Oktober 2024 saat Bulan Amavasya atau periode bulan baru di kalender India, sedangkan di beberapa negara lain akan berbeda.

Di Indonesia, Hari Raya Diwali juga turut dirayakan oleh sejumlah umat Hindu yang tersebar di beberapa daerah. Meski begitu, perayaan Diwali tidak ditetapkan sebagai hari libur nasional. Perayaan Diwali di Indonesia akan dirayakan pada 1 November 2024.

Baca juga:

  • Sejarah Diwali & Mengapa Hari Deepavali Dirayakan?
  • Sejarah, Tradisi, & Fakta Perayaan Happy Diwali atau Hari Deepavali
Leave a comment