Informasi Terpercaya Masa Kini

OnePlus Umumkan Antarmuka OxygenOS 15, Berbasis Android 15 dengan Fitur AI

0 3

KOMPAS.com – Vendor smartphone asal China, OnePlus, memperkenalkan antarmuka terbarunya, OxygenOS 15, yang berbasis Android 15.

Saat ini, OxygenOS 15 masih dalam versi open beta di mana pengguna yang memiliki perangkat yang mendukung, bisa mencobanya meskipun dalam tahap uji coba.

Versi open beta ini merupakan strategi yang umum digunakan oleh vendor smartphone untuk mendapatkan umpan balik dan mengukur antusiasme publik terhadap antarmuka serta fitur baru.

Meskipun masih dalam pengembangan, OnePlus menjanjikan berbagai peningkatan, termasuk tampilan yang modern dan akses layar yang lebih responsif. Selain itu, tampilan antarmuka ini diklaim 20 persen lebih ringan dibanding OxygenOS 14.

Baca juga: Honor Rilis MagicOS 9, Antarmuka Berbasis Android 15 dengan Asisten AI Yoyo

Peningkatan Performa dan Animasi

OnePlus mengeklaim bahwa OxygenOS 15 akan memberikan pengalaman yang lebih cepat dan lancar saat menggulirkan layar.

Hal ini berkat fitur bernama Parallel Processing. Dengan fitur ini, transisi saat mengakses widget, folder, dan elemen lainnya akan terasa lebih halus.

Dengan demikian, pengalaman mengakses layar juga akan lebih cepat dibandingkan dengan OxygenOS 14, bahkan saat smartphone digunakan untuk tugas berat.

Dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Senin (28/10/2024), OxygenOS 15 versi beta akan mulai digelontorkan pada 30 Oktober 2024.

Smartphone pertama yang akan menerima pembaruan ini adalah OnePlus 12, yang diluncurkan secara global pada Januari 2024.

Fitur AI Unggulan

Salah satu fitur unggulan di OxygenOS 15 adalah kehadiran AI untuk editing dan produktivitas.

Fitur editing foto mencakup AI Eraser, yang dapat menghapus obyek yang tidak diinginkan, dan AI Unblur, yang mampu memperbaiki foto buram.

Selain itu, pengguna dapat meningkatkan kualitas gambar meskipun telah diperbesar, serta menggunakan Pass Scan untuk menyimpan tiket pesawat ke Google Wallet.

Fitur produktivitas AI juga ditawarkan, seperti kemampuan untuk membuat catatan dengan lebih mudah melalui audio rekaman.

“Dengan bantuan AI, pengguna dapat membuat ringkasan, memeriksa tata bahasa, dan menghasilkan berbagai gaya tulisan,” jelas OnePlus.

OxygenOS 15 juga dilengkapi dengan fitur baru dari Google, Circle-to-Search, yang menawarkan pengalaman pencarian informasi yang lebih imersif.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mencari informasi penting dengan cepat di menu Settings, My Files, Notes, dan Photos.

“Teknologi kecerdasan AI akan melakukan pencarian dengan cepat dan pintar untuk menyajikan informasi yang dibutuhkan,” tambah perwakilan OnePlus.

Baca juga: Oppo Umumkan Antarmuka ColorOS 15, Bawa Sederet Fitur AI

Pembaruan Visual dan Keamanan

Selain fitur-fitur baru, OxygenOS 15 juga menawarkan animasi dan ikon-ikon yang diperbarui. Selain itu, opsi widget juga kini lebih bervariasi.

Pengguna juga akan menikmati efek tambahan seperti Gaussian Blur dan Shimmering Effect untuk pengalaman visual yang lebih halus.

Ada pula fitur keamanan baru bernama “Share with iPhone” yang memungkinkan pengguna untuk berbagi file dengan perangkat iPhone.

Selain itu, OxygenOS 15 akan menyertakan fitur “antimaling” yang dapat mendeteksi gerakan mencurigakan dan mengunci smartphone secara otomatis jika terdeteksi ada upaya pencurian.

Daftar HP dan Tablet OnePlus yang Kebagian OxygenOS 15 versi Beta

Dengan berbagai peningkatan dan fitur baru ini, OnePlus berharap dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan memperkuat posisinya di pasar smartphone.

  • Akhir Oktober: OnePlus 12, OnePlus 12R, dan OnePlus 12R Genshin Impact Edition
  • November: OnePlus Open, OnePlus Pad
  • Desember: OnePlus 11 5G, OnePlus 11R 5G, OnePlus Nord 4, OnePlus Nord CE 4, OnePlus Nord CE 4 Lite 5G, dan OnePlus Pad
Leave a comment