Informasi Terpercaya Masa Kini

Kompetisi Coding Ratusan Anak di Bintaro, dari Speed Building sampai Robot Challenge

0 3

TEMPO.CO, Tangerang Selatan – Kompetisi kemampuan coding dan robotika, Codero National Competition 2024, digelar di Bintaro, Tangerang Selatan, pada Sabtu 26 Oktober 2024. Lomba Speed Building, Coding Scratch, Roblox, Arduino, Robot Challenge, dan Coloring ini diikuti ratusan anak-anak usia 3-18 tahun yang datang dari berbagai daerah.

General Manager Codero, Makhzumy Fahmy, menyatakan kalau pihaknya menggelar acara tersebut untuk mewadahi para peserta dari berbagai wilayah di Indonesia. “Kompetisi ini bukan hanya ajang untuk menunjukkan kemampuan, tetapi juga sebagai wadah untuk saling bertukar ilmu dan pengalaman,” ujarnya pada Minggu, 27 Oktober 2024.

Di antara para peserta adalah siswa-siswa dari Kota Depok. Dalam keterangan terpisah, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kota Depok, Ahmad Sadeli, berharap kompetisi membangkitkan rasa ingin tahu dan kemampuan problem-solving di kalangan anak-anak, sambil memperkenalkan konsep-konsep dasar teknologi dan seni.

“Mari kita mengenalkan, membuat anak-anak cinta terhadap materi kurikulum robotik yang seharusnya setiap hari sudah menjadi budaya di setiap sekolah dari semua jenjang,” kata dia, Minggu 27 Oktober 2024.

Dalam kategori Speed Building, peserta berlomba merakit komponen dengan cepat dan presisi. Kategori ini dirancang untuk melatih koordinasi tangan dan mata, kemampuan menyusun strategi, serta ketepatan dalam menyelesaikan tantangan.

Untuk Coding Scratch, kompetisi ini menguji keterampilan dasar peserta dalam pemrograman visual menggunakan platform Scratch. Peserta ditantang untuk membuat animasi atau permainan sederhana yang mengasah logika dan kreativitas mereka.

Peserta juga akan berkompetisi membangun dunia virtual mereka sendiri di platform Roblox. Lomba ini melatih peserta dalam desain dan coding sederhana untuk menciptakan lingkungan yang interaktif dan menarik.

Sementara untuk Arduino menantang peserta untuk merancang proyek elektronik menggunakan micro-controller. Kategori lomba ini bertujuan memperkenalkan konsep Internet of Things (IoT) serta mempraktikkan pemrograman dan elektronika dasar.

Robot Challenge mengajak peserta harus memprogram robot untuk menyelesaikan misi tertentu. Lomba di kategori ini dirancang untuk mengasah keterampilan logika, pemecahan masalah, dan kreativitas dalam merancang solusi robotik.

Sementara untuk Coloring hadir dengan tema teknologi dan masa depan, memungkinkan anak-anak mengekspresikan kreativitas dan imajinasi mereka melalui seni visual.

Pilihan Editor: Game Jadul Ramaikan Hari Pertama Game Indonesia Expo 2024 di BSD

Leave a comment