Informasi Terpercaya Masa Kini

Pramono dan RK Sama-Sama Dukung Program Makan Bergizi Gratis

0 2

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Dua rival dalam Pilkada Jakarta 2024, calon gubernur (cagub) Ridwan Kamil (RK) dan cagub Pramono Anung saling berebut misi dalam program makan siang bergizi gratis nasional yang dicanangkan oleh Presiden Prabowo Subianto. Cagub Pramono, dan cagub Emil sama-sama menjadikan program makan bergizi gratis untuk para warga itu, harus diturunkan realisasinya oleh pemerintah daerah atau provinsi.

Pramono dalam sesi debat kedua Pilkada Jakarta 2024, Ahad (27/10/2024) mengatakan program makan siang bergizi gratis yang dicanangkan oleh Presiden Prabowo patut untuk didukung. Menurut dia, bersama cawagubnya Rano Karno alias Si Doel Anak Betawi, jika berhasil memenangkan Pilkada Jakarta tahun ini, akan melengkapi program nasional tersebut dengan memberikan makan pagi gratis yang bergizi untuk warga Jakarta.

Pramono, cagub dari PDI Perjuangan itu mengatakan, di Jakarta, disparitas ekonomi yang terlalu senjang membuat kalangan masyarakat paling bawah sulit untuk mengasup makanan yang bergizi. Sebab itu, kata Pramono, jika program nasional makan siang bergizi gratis yang dicanangkan Presiden Prabowo bisa dilaksanakan, maka Pemprov Jakarta harus melengkapi program tersebut untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat di Jakarta.

“Kami akan menunjang program yang dilakukan oleh pemerintah pusat, oleh Presiden Prabowo Subianto, yaitu makan siang bergizi gratis. Maka kami akan berikan sarapan gratis di pagi hari. Karena kami sangat tahu, ini dibutuhkan oleh warga Jakarta,” kata Pramono saat menyampaikan visi-misinya, dalam debat kedua Pilkada Jakarta, Ahad (27/10/2024).

Tak mau kalah dengan cagub nomor urut 03, RK juga memastikan dirinya bersama cawagubnya Suswono untuk tetap sinkron dengan seluruh program nasional canangan Presiden Prabowo. Termasuk, kata RK, dalam program nasional makan siang bergizi gratis yang rencananya akan dimulai pada Januari 2025. Menurut RK, jika dirinya dipercaya untuk menjadi Jakarta-1, tentu saja akan membuat program makan bergizi gratis yang sama dengan yang dilakukan oleh Presiden Prabowo.

“Makan gratis, bersama-sama dengan program Pak Prabowo, kita akan menjaga, dan kita akan tambahkan dengan makanan gratis lainnya untuk segmen-segmen tertentu yang dibutuhkan warga di Jakarta,” kata RK saat menyampaikan visi-misinya.

Namun, RK tak spesifik menerangkan pada segmen mana makan gratis bergizi untuk warga itu, akan dia lakukan jika berhasil menjadi gubernur Jakarta. Makan siang bergizi gratis memang menjadi salah-satu program nasional yang dijanjikan Presiden Prabowo dalam kepemimpinannya saat ini.

Namun program tersebut, diperkirakan baru akan terealisasi pada Januari 2025 mendatang. Di Pilkada Jakarta 2024, Prabowo Subianto merupakan tokoh utama dalam pembentukan Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus. Koalisi ‘raksasa’ 12 partai politik (parpol) itu, menyokong Emil-Suswono untuk kontestasi elektoral di Jakarta. Sementara Pramono, merupakan cagub rival usungan PDI Perjuangan yang selama ini, bukan faksi politik pendukung Presiden Prabowo Subianto.

Leave a comment