Informasi Terpercaya Masa Kini

Profil Kim Soo Mi Artis Senior Korea yang Meninggal Dunia di Usia 75 Tahun

0 2

TEMPO.CO, Jakarta – Artis Korea Selatan, Kim Soo Mi, dinyatakan meninggal dunia pada Jumat, 25 Oktober 2024 diusianya 75 tahun. Dilansir dari Allkpop, putranya mengonfirmasi kematiannya karena syok hiperglikemia. Upacara pemakamannya berlangsung di Rumah Sakit Universitas Hanyang.

Pemain drama Korea Memories of Bali ini sempat dirawat di rumah sakit. Ia juga menghentikan tampilannya di siaran pada Mei hingga Juli, yang kemudian berlanjut pada September. Namun kembali berhenti lagi karena kekhawatiran pemirsa akan kondisinya yang semakin memburuk.

Profil Kim Soo Mi

Kim Soo Mi, lahir di Haeshin, Gunsan, Jeollabuk, Korea Selatan, adalah seorang artis ternama di Korea. Ia memulai kariernya di dunia hiburan melalui sebuah kontes bakat pada tahun 1970 dan kemudian mendapatkan popularitas besar lewat serial Country Diaries, yang tayang hampir selama 20 tahun dan menjadikannya salah satu aktris paling terkenal di tahun 1980-an.

Pada 2003, Soo Mi tampil sebagai seorang ahjumma yang humoris dalam komedi Oh! Happy Day yang juga dibintangi Jang Nara. Perannya ini berhasil mengubah citranya dan menghidupkan kembali kariernya yang sempat meredup. Ia dikenal sebagai Ratu Ad-lib di industri hiburan Korea berkat bakat komedinya yang muncul di berbagai proyek, seperti Mapado, Twilight Gangsters, Granny’s Got Talent (2015), dan sekuel Marrying the Mafia.

Selain komedi, ia juga menunjukkan kemampuannya dalam peran yang lebih serius, seperti dalam film Barefoot Ki Bong (2006) yang mengisahkan seorang pria dengan cacat perkembangan. Film indie Late Blossom (2011), yang mengangkat tema cinta antar pasangan lanjut usia, menjadi sukses tak terduga, dan Kim meraih penghargaan Aktris Pendukung Terbaik di Blue Dragon Film Awards berkat perannya sebagai wanita penderita Alzheimer.

Pada 1998, sebuah insiden tragis terjadi ketika mobil BMW yang dikemudikan sopir Kim mundur dan menyebabkan kematian ibu mertuanya. Kim mengajukan gugatan sebesar 1 miliar terhadap BMW, menuduh adanya cacat pada mobil. Namun, pengadilan memutuskan mendukung BMW pada tahun 2003, menyatakan bahwa penyebab kecelakaan tidak jelas. Kim kemudian mengajukan banding.

Di luar dunia akting, Kim juga terlibat dalam bidang publikasi sebagai ketua panitia penyelenggara Hanam International Environment Expo tahun 1999. Sejak 2003, ia menjabat sebagai ketua Departemen Teater dan Film di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Soongsil.

ELLYA SYAFRIANI | ALLKPOP | MY DRAMALIST

Pilihan Editor: Pertanyaan-pertanyaan yang Belum Terjawab dari Kematian Liam Payne

Leave a comment