Informasi Terpercaya Masa Kini

Trik Mengetahui Kecukupan Vitamin D lewat Bayangan

0 2

TEMPO.CO, Jakarta – Bayangan bukan hanya mendampingi kita saat ada cahaya. Dokter mengatakan bayangan juga bisa menjadi indikator kesehatan, terutama terkait asupan vitamin D.

Vitamin D sangat vital bagi kesehatan tulang, gigi, dan otot. Vitamin ini juga bisa membantu mencegah perkembangan sel-sel kanker, meningkatkan sistem imun, dan mengurangi peradangan. Meski beberapa makanan ikan berminyak atau sereal yang difortifikasi mengandung vitamin D, paparan sinar matahari tetap menjadi sumber utama.

“Vitamin D penting bagi kesehatan secara umum, dari mendukung sistem imun sampai meningkatkan kesehatan tulang, penting untuk dijaga asupannya,” jelas Dr. Natasha Fernando, direktur medis di Medichecks, dikutip dari Express.

Coba trik lewat bayangan

Untuk mengetahui kecukupan vitamin D, ia membagi trik sederhana hanya dengan melihat bayangan kita. “Ukur bayangan Anda. Bahkan saat cuaca berawan tubuh bisa mensintesis sinar matahari dan mengubahnya menjadi vitamin D tapi paparan cahaya itu terlihat cukup kuat jika bayangan lebih pendek dari tubuh Anda,” katanya.

“Jika bayangan lebih panjang atau bila tak ada bayangan sama sekali, Anda mungkin tak cukup mendapatkan vitamin D. Cara terbaik mungkin berada di luar ruangan pada pukul 11.00-15.00. Hanya 10 menit berjemur setiap hari sudah cukup tapi hati-hati jangan sampai kulit terbakar. Jika berada di luar ruangan lebih dari 10 menit, jangan lupa pakai tabir surya,” tambahnya.

Jika khawatir tak mendapat cukup vitamin D dari sinar matahari, barulah tambahkan makanan yang mengandung vitamin D seperti ikan berlemak, jamur, dan produk terfortifikasi seperti sereal dan jus. Anda mungkin tak menyadari kekurangan vitamin D tapi dampaknya bisa terlihat dari gejala seperti tulang yang lemah dan kelelahan yang luar biasa. Indikator lainnya adalah:

-Kelelahan

-Otot nyeri dan lemah

-Depresi

-Rambut rontok

-Nyeri tulang

-Sering sakit.

Pilihan Editor: Ahli Gizi Sebut Risiko Kekurangan Vitamin D dan B12 pada Lansia

Leave a comment