Informasi Terpercaya Masa Kini

Cara Membersihkan TV Layar Datar yang Benar tanpa Menggores

0 2

JAKARTA, KOMPAS.com – Televisi (TV) menjadi salah satu peralatan elektronik yang membutuhkan perawatan dan pembersihan rutin. 

Debu dan kotoran kerap menempel pada layar TV yang dapat mengganggu visual saat menonton serta masuk ke sela-sela TV sehingga mengganggu kejernihan suara. 

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Layar TV LED dengan Aman

Waktu membersihkan TV bisa berbeda-beda, tergantung pada pemakaian. Namun, untuk membersihkan TV layar datar harus dilakukan setidaknya seminggu sekali dan saat kotoran atau debu mulai terlihat.

Menjaga jadwal pembersihan yang konsisten dapat membantu mencegah penumpukan dan perlu melakukan pembersihan intensif dan mendalam.

Namun, membersihkan TV perlu berhati-hati agar tidak mengenai komponen yang tidak seharusnya. Maka itu, penting mengetahui bagaimana cara yang tepat agar mencegah kerusakan. 

Dikutip dari The Spruce, Selasa (22/10/2024), berikut cara membersihkan TV layar datar yang benar.

Matikan TV

Langkah pertama membersihkan TV layar datar adalah mematikan alat dan membiarkan mendingin sebelum dibersihkan.

Selain memudahkan pembersihan, mematikan TV saat membersihkannya menjaga keamanan dari risiko sengatan listrik. 

Baca juga: 5 Cara Menyembunyikan Kabel TV agar Ruangan Lebih Rapi 

Periksa buku petunjuk penggunaan

Selanjutnya, cara membersihkan TV layar datar yang benar adalah memeriksa buku petunjuk penggunaan. 

Menurut Copeland, Direktur Layanan Teknis di Prism Specialties–perusahaan elektronik restoratif di Amerika Serikat–ada banyak informasi yang dapat ditemukan di buku panduan, seperti tindakan pencegahan keselamatan, bahan kimia, dan produk yang harus dihindari  membersihkan TV. 

Gunakan kain mikrofiber 

Kain mikrofiber dapat digunakan untuk membersihkan sudut-sudut TV atau bagian lainnya, seperti penyangga TV atau speaker

Kemoceng juga dapat digunakan untuk membersihkan tempat-tempat yang sulit dijangkau, seperti ventilasi. 

Baca juga: Panduan Memilih Ukuran Layar TV yang Cocok dengan Luas Ruangan

Bersihkan layar menggunakan kain mikrofiber antistatis

Menggunakan kain mikrofiber antistatis adalah pilihan tepat untuk membersihkan TV layar datar.

Mulailah dari atas untuk membersihkan noda dan sidik jari secara merata dan pastikan tidak memberikan tekanan terlalu kuat agar tidak menimbulkan kerusakan LCD atau goresan pada layar.

Jangan menyemprotkan cairan pembersih langsung ke layar

Cara membersihkan TV layar datar yang benar adalah hindari langsung menyemprotkan cairan pembersih ke layar TV karena dapat menyebabkan kerusakan bagian dalam.

Sebaiknya, semprotkan cairan pembersih pada kain mikrofiber bersih karena menggunakan kain mikrofiber bekas pakai justru menambahkan noda baru. 

Baca juga: 5 Cara Menyembunyikan Kabel TV dengan Aman dan Rapi

Jangan menekan noda

Layar TV adalah barang elektronik cukup sensitif sehingga tidak boleh dibersihkan dengan tekanan terlalu keras.

Jika ada noda membandel pada layar TV, gunakan campuran air dan sabun cuci piring yang sangat cair, lalu semprotkan pada kain mikrofiber dan gosokkan pada noda.

Bersihkan remote TV

Terakhir, cara membersihkan TV layar datar yang benar adalah membersihkan remote TV. Remote TV menjadi salah satu benda paling kotor karena sering dipegang di rumah sehingga dapat menjadi tempat berkumpulnya bakteri. 

Baca juga: 5 Cara Menyembunyikan Kabel TV dengan Aman dan Rapi

  • Lepaskan baterainya

Jika memiliki remote TV yang dapat diisi ulang, perhatikan port-nya dan hindari cairan berlebih di area tersebut untuk mencegah kerusakan remote.

  • Basahi kain mikrofiber yang bersih

Gunakan kain mikrofiber bersih yang sudah dicelupkan ke air, tapi jangan terlalu basah. Gunakan air suling atau air saringan, campuran sabun cuci piring dan air, atau cuka dan air.

  • Gosok remote TV 

Gosok bagian atas dan bawah remote TV dengan lembut. Sama dengan membersihkan layar TV, hindari menyemprot atau menambahkan cairan langsung ke remote TV dan pastikan kain tidak meneteskan air untuk mencegah kerusakan perangkat. 

Baca juga: 6 Ide Menyembunyikan TV di Ruang Keluarga Saat Tidak Menyala 

  • Gunakan cutton bud atau kapas

Untuk bagian-bagian terkecil di remote TV, seperti sela-sela tombol, gunakan cutton bud yang dapat membersihkan area kecil dan sulit dibersihkan.

Leave a comment