Informasi Terpercaya Masa Kini

Samsung Rilis Bespoke AI Washer & AI Dryer, Mesin Cuci dan Pengering Pintar Berbasis AI

0 4

KOMPAS.com – Tidak hanya untuk smartphone, Samsung juga melengkapi rangkaian mesin cuci dan mesin pengering pakaian dengan fitur berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Teknologi AI itu hadir di lini seri Bespoke AI Dryer dan Bespoke AI Washer Dryer anyar yang baru dirilis di Indonesia, yakni Bespoke AI Washer & Dryer (WD9400B) dan Bespoke AI Dryer (DV10BB9440GHSE).

Keduanya dilengkapi sejumlah fitur berbasis AI, termasuk AI Control, AI Ecobuble, AI Wash hingga AI Dry.

Semua fitur ini dirancang Samsung agar proses mencuci maupun mengeringkan pakaian jadi lebih mudah termasuk saat musim hujan.

AI Control adalah fitur yang dapat mengingat bagaimana kebiasaan pengguna Bespoke AI Washer & Dryer saat mencuci.

Misalnya saat pengguna sering mencuci pakaian olahraga di pagi hari, maka mesin cuci Samsung Bespoke AI Washer & Dryer akan memberikan notifikasi ke pengguna sesuai kebiasaan tadi.

Selain memberikan noptifikasi, AI Control juga akan memberikan saran siklus pencucian dan pengeringan ke pengguna.

Baca juga: 5 HP Android Paling Laris di Dunia, Mayoritas Samsung

Fitur AI lainnya yaitu AI Ecobuble mampu mendeteksi jenis kain yang akan dibersihkan oleh perangkat, kemudian AI ini akan mengoptimalkan deterjen agar menjadi busa. 

Samsung mengeklaim busa yang dihasilkan AI Ecobuble dapat mengangkat lebih banyak kotoran sampai 24 persen pada temperatur rendah. Walhasil, mesin cuci dapat menghemat energi sampai 70 persen sekaligus merawat kain lebih baik dengan persentase 45,5 persen.

Kemudian fitur AI Wash memungkinkan Bespoke AI Washer & Dryer menganalisa sensor yang diperlukan saat siklus mencuci dimulai.

Misalnya ketika pengguna memasukkan pakaian kotor karena percikan air hujan, AI ini akan otomatis mendeteksi bobot cucian, air, jenis kain, tingkat kotornya cucian hingga kapasitas deterjen yang diperlukan.

Dari analisis itu, AI Wash akan merekomendasikan siklus pencucian yang dinilai tepat. AI ini juga boleh jadi menyarankan pengguna menambahkan deterjen menyesuaikan tingkat kotornya pakaian.

Sementara fitur AI Dry di Bespoke AI Dryer akan secara otomatis mengopetimalkan proses pengeringan berdasarkan jenis kain dan kadar kelembapannya. 

Baca juga: Hands-on Samsung Galaxy Tab S10 Plus dan Ultra, Tablet Jumbo yang Ramping

Misalnya, saat pengguna memasukan campuran pakaian tipis dengan selimut tebal, AI Dry akan mendeteksi bobot dan jenis kain.

Bila terdeteksi lebih banyak pakaian berat, maka AI ini akan mengatur waktu pengeringan jadi lebih lama dengan suhu tinggi agar proses pengeringan lebih optimal.

Begitu pula sebaliknya, ketika pakaian tipis lebih banyak, maka suhu dan waktu pengeringannya akan dipersingkat demi memelihara serat kain sekaligus menghemat energi yang diperlukan mesin pengering.

“Mencuci di musim hujan biasanya sangat tricky, perlu strategi agar pakaian bisa tetap kering sempurna tanpa bau lemba,” kata Joseph Martius, Head of Home Appliances Business, Samsung Electronics Indonesia dalam keterangan yang diterima KompasTekno, Kamis (3/10/2024).

“Untungnya, Bespoke AI Dryer dengan fitur AI Dry, bisa mengeringkan sesuai berat dan kelembapan tiap cucian, lebih canggih dibandingkan pengering konvensional,” imbuhnya.

“Pakaian juga jadi lebih bersih berkat AI Ecobubble di Bespoke AI Washer yang bisa mengangkat lebih banyak kotoran hingga 24 persen. Kedua perangkat pintar ini akan mencuci dan mengeringkan pakaian Anda dengan cerdas, cepat, dan optimal,” lanjut dia.

Samsung turut menyematkan fitur QuickDrive yang memungkinkan Bespoke AI Washer & Dryer dan Bespoke AI Dryer mencuci maupun mengeringkan dengan cepat.

Menurut Samsung, dukungan fitur ini pada mesin cuci pintarnya, akan memangkas waktu cuci sampai 50 persen tanpa mengurangi kekuatan pencucian, 

Sementara di mesin pengering Bespoke AI Dryer, QuickDrive dapat memangkas waktu pengeringan sampai 34 persen. Walhasil, energi yang dibutuhkan juga jadi lebih hemat dibanding pengering konvensional.

Kedua produk home appliances dari Samsung ini sendiri sudah tersedia di Indonesia. Mesin cuci pintar Bespoke AI Washer & Dryer (WD9400B) dibanderol seharga Rp 13,6 juta, dan mesin pengering pintar Bespoke AI Dryer (DV10BB9440GHSE) dapat dibeli konsumen seharga Rp 11,8 juta.

Leave a comment