Informasi Terpercaya Masa Kini

Profil Giring Ganesha, Eks Vokalis Nidji yang Ditunjuk Jadi Wakil Menteri Kebudayaan

0 3

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Prabowo Subianto menunjuk anggota Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha Djumaryo sebagai Wakil Menteri Kebudayaan.

Pria kelahiran 14 Juli 1983 ini bakal mendampingi politikus Partai Gerindra Fadli Zon yang didapuk menjadi Menteri Kebudayaan pada pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka selama lima tahun ke depan.

Sebelum terjun ke dunia politik, Giring terkenal sebagai vokalis band Nidji yang populer dengan lagu-lagu hits seperti “ Hapus Aku” hingga “Laskar Pelangi” yang menjadi soundtrack film dengan judul yang sama Laskar Pelangi tahun 2008.

Namun, secara mengejutkan Giring memutuskan hengkang dari band yang membesarkan namanya tersebut pada 2017. Tetapi, saat itu, dia awalnya mengatakan hanya ingin beristirahat dan melanjutkan studinya.

Baca juga: Susunan Lengkap Kabinet Merah Putih yang Dibentuk Prabowo

Giring memang sudah menunjukkan minatnya dalam dunia politik. Pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, dia tergabung dalam relawan calon presiden dan calon wakil presiden Jokowi-Jusuf Kalla.

Dia juga kembali tercatat sebagai relawan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017. Giring menjadi relawan calon gubernur dan calon wakil gubernur Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat.

Hingga akhirnya, diberitakan Kompas.com, Giring resmi bergabung dengan PSI pada 2019. Dia juga maju sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilihan Legislatif (Pileg 2019) dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat I.

Namun, Giring yang berhasil mengantongi 47.069 suara harus mengubur mimpinya menjadi wakil rakyat di Senayan, karena PSI tidak memenuhi ambang batas parlemen.

Baca juga: Daftar 56 Wakil Menteri dalam Kabinet Merah Putih Prabowo

Gagal menjadi anggota DPR RI, Giring Ganesha secara mengejutkan justru dipercaya menjadi Ketua Umum PSI pada 11 November 2021. Dia menggantikan Grance Natalie.

Namun, Giring harus merelakan posisinya untuk putra bungsu Presiden ke-7 RI Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep.

Diberitakan Kompas.com, baru dua hari bergabung dengan PSI pada 23 September 2023, Kaesang langsung didapuk menjadi ketua umum pada 25 September 2023.

Giring pun menempati jabatan anggota Dewan Pembina PSI setelah posisinya diberikan kepada Kaesang Pangarep.

Selain dalam industri musik dan politik, Giring Ganesha juga diketahui pernah menjabat sebagai Presiden Indonesia Esport Primier League (IESPL).

Dikutip dari Antaranews, Giring turut memprakarsai pembentukan liga esports bersama PT Gajah Merah Terbang, bagian dari grup PT Merah Cipta Media. Dia juga mengadakan perlombaan tim olahraga elektronik Indonesia yang berhadiahkan sejumlah uang sebesar Rp 1 miliar.

Baca juga: Prabowo Tunjuk Giring Ganesha sebagai Wakil Menteri Kebudayaan

Leave a comment