Informasi Terpercaya Masa Kini

Intip Rumah Pensiun Jokowi di Solo setelah Resmi Digantikan Prabowo,Ajak Para Mantan Menteri Mampir

0 6

TRIBUNBATAM.id – Presiden ke-7 Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) sudah menyelesaikan masa jabatan selama dua periode kepemimpinannya.

Jokowi sekarang sudah digantikan oleh Prabowo Subianto yang resmi menjadi Presiden ke-8 Indonesia, pada Minggu (20/10/2024).

Setelah pensiun, Jokowi akan pulang ke kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah.

Baca juga: Harta Kekayaan Jokowi setelah Lengser dan Resmi Digantikan Prabowo, Naik 186,2 Persen Selama Jabat

Tidak seperti presiden sebelumnya yang memilih rumah penisun di Jakarta, Jokowi pilih tinggal di Colomadu, Kabupaten Karanganyar dengan luas 1,2 hektare.

Sementara rumah pensiun Jokowi sedang tahap pembangunan kemungkinan sudah 30 persen.

Sambil menunggu rumah pensiunnya jadi, Jokowi akan tinggal di kediaman lamanya di Jalan Kutai Utara I, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo.

Jokowi mengajak menteri-menteri yang ada di kabinetnya untuk mampir ke rumah pensiunnya ketika pembangunannya sudah rampung.

Ajakan itu disampaikan Jokowi saat momen perpisahan dengan para menterinya di Kabinet Indonesia Maju (KIM) pada Jumat (19/10/2024). 

Momen perpisahan tersebut digelar saat santap siang di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (18/10/2024). 

Kepala Negara mengungkapkan, ia akan kembali ke Solo tepat pada hari pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, Minggu (20/10/2024) siang. 

Maka dari itu, dia mempersilahkan mantan menterinya untuk mampir ke rumahnya apabila tengah di Yogyakarta.

Pun kata Jokowi apabila ada yang mau ke Surabaya lewat jalur darat dipersilakan juga mampir ke rumahnya.

“Hari Minggu siang saya akan pulang ke Solo. Kalau ada yang pas ke Jogja 30 menit nanti lewat tol bisa, silakan kalau ada yang ingin ke Solo,” kata Jokowi saat santap siang bersama, dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Jumat.

“Kalau pakai jalan tol ada yang ke Surabaya lewatnya pasti harus lewat Solo, silakan juga kalau ingin mampir ke rumah. Sekali lagi mohon maaf,” ujar Jokowi.

Baca juga: Sosok Kolonel Wahyo Yuniartoto Pengganti Mayor Teddy Ajudan Prabowo setelah Dilantik Jadi Presiden

Selain itu Presiden Jokowi pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh kabinet. Kepala Negara pun berharap kebijakan yang baik dari kabinet ini bisa diteruskan di kabinet Prabowo-Gibran.

Sementara kebijakan yang tidak baik bisa diperbaiki dan dikoreksi. 

“Sehingga bisa mendatangkan manfaat bagi bangsa dan rakyat kita,” ucap Jokowi. 

Jokowi juga meminta maaf kepada seluruh kabinetnya apabila dalam berinteraksi dan berkomunikasi ada hal yang tidak berkenan di kabinetnya. 

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan akan pulang ke Solo usai tidak lagi menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia. 

Jokowi mengaku langsung pulang ke Solo pada 20 Oktober 2024 sore. 

Putra Jokowi, Kaesang Pangarep pun membenarkan bahwa ayahnya tengah mempersiapkan perpindahan domisili kependudukan dari Jakarta ke Karanganyar, Jawa Tengah. 

Kaesang Pangarep bahkan sudah menitipkan Jokowi kepada calon Bupati dan Wakil Bupati Karanganyar Ilyas Akbar Almadani-Tri Haryadi apabila Jokowi sudah menetap di kawasan Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah nantinya. 

Diketahui saat ini rumah pensiun Jokowi di Colomadu tengah disiapkan oleh negara. 

Namun demikian, kurang dari 10 hari Jokowi pindah ke Colomadu, pembangunan rumah pensiun Jokowi masih jauh dari kata rampung.

Dimuat TribunSolo rumah pensiun Jokowi masih berbentuk pondasi. Bahkan belum terlihat bentuk dari rumah pensiun tersebut. 

Rumah pensiun Jokowi berada tepat di samping jalan protokol menuju Bandara Adi Soemarmo jika dari Kota Solo, ternyata luas lahan rumah pensiunan Jokowi tersebut setara dengan luas satu lingkungan rukun tetangga di desa tersebut.

luas lahan yang tengah dibangun untuk menjadi rumah pensiunan Jokowi setelah tak jadi Presiden RI sekira 1,2 hektar.

Luasan tersebut, ternyata diketahui bahwa hampir setara dengan luas lingkungan RT di Desa Blulukan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar.

Kades Blulukan Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar Slamet Wiyono mengatakan luasan wilayah RT di Desa Blulukan bervariasi.

“Satu RT luas wilayah relatif, kalau luasnya ada 1,5 hektar, 2 hektar, ada yang 4 hektar,” kata Slamet, Kamis (10/10/2024).

Slamet mengatakan, wilayah RT yang paling luas berada di RT 03, RW 04 yang juga mencakup Hotel Lor In Solo yang tak jauh dari lokasi rumah pensiunan Jokowi.

“Sedangkan luas wilayah RT di Desa Blulukan tersempit sekira 1,5 Hektar,” kata dia.

Ia mengatakan, total RT dan RW di Desa Blulukan sekira 46 RT dan 10 RW.

Sebagai informasi, proyek rumah pensiun Presiden RI Joko Widodo berada di wilayah RT 04, RW 02, Dusun Serangan, Desa Blulukan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar.

(TribunBatam.id)

Baca juga Berita TribunBatam.id lainnya di Google News

Artikel ini telah tayang di WartaKotalive.com dengan judul “Jokowi Ajak Mantan Menteri Mampir ke Rumah Pensiunnya di Solo”

Leave a comment