Informasi Terpercaya Masa Kini

Sambil Menyeruput Kopi, Cek Fisik Kendaraan, Kini Beralih Digital

0 2

GridOto.com- Proses pengurusan perpanjangan STNK atau balik nama dan mutasi kendaraan sepertinya akan semakin dimudahkan. 

Pasalnya, pihak Korlantas Polri akan melakukan inovasi cek fisik kendaraan beralih ke digital.

Sambil menyeruput kopi di teras rumah, data digital nomor rangka dan nomor mesin bisa diupload melalui aplikasi digital Electronic Registrasi Dan Identification (ERI) .  

Kasubdit BPKB Ditregiddent Korlantas Polri Kombes Pol Sumardjin bilang cek fisik kendaraan telah beralih menggunakan teknologi digital.

“Sudah berjalan di beberapa Polres dan beberapa Polda,” katanya. 

Prosesnya cukup mudah, pada aplikasi ERI ada kameranya foto dan secara otomatis langsung online ke ERI.

“Jadi sangat mudah dan sangat cepat,” terangnya.

Untuk memperkuat pelaksanaan ini, Korlantas telah memberikan pelatihan kepada personil di lapangan.

Baca Juga: Mudah Tanpa Calo, Begini Cek Fisik Bantuan Buat Kendaraan Luar Daerah

Pelatihan dan Sertifikasi Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) berlangsung di Jakarta berlangsung dari 15 – 27 Oktober 2024.

Dalam pelatihan ini diikuti 86 anggota dari Polda jajaran seluruh Indonesia.

Pelatihan bertujuan untuk meningkatkan kompetensi anggota dalam proses registrasi kendaraan bermotor serta memperkuat pelayanan kepada masyarakat.

Dengan pelatihan ini, diharapkan para anggota dapat mengimplementasikan pengetahuan yang diperoleh ke wilayah masing-masing.

Sehingga, bisa mempercepat proses pelayanan publik serta meningkatkan transparansi dalam pengelolaan registrasi kendaraan bermotor.

“Diharapankan bisa diterapkan di masyarakat di loket-loket pelayanan yang ada pelayanan BPKB, di semua unit pelayanan BPKB anggota menjalankan sesuai dengan apa yang didapatkan ilmu yang didapatkan,” ungkapnya.

Leave a comment