Informasi Terpercaya Masa Kini

Doa Terhindar dari Rasa Malas Lengkap Tulisan Arab Latin dan Bahasa Indonesia

0 5

TRIBUNSUMSEL.COM– Doa terhindar dari rasa malas perlu diketahui dan diamalkan umat muslim.

Terdapat bacaan doa yang dapat diamalkan agar kita dapat terhindar dari rasa malas sehingga dapat hidup lebih produktif.

Inilah bacaan doa memohon perlindungan dari rasa malas.

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْجُبْنِ وَالْهَرَمِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ

Latin : Allahumma inni a’udzubika minal kasali wa a’udzubika minal jubni wa a’udzubika minal harami wa a’udzubika minal bukhil.

Artinya : Ya Allah aku aku berlindung kepadamu dari rasa malas, dan aku berlindung kepada-Mu dari sikap pengecut, dan aku berlindung kepada-Mu dari pikun, dan aku berlindung kepada-Mu dari sifat pelit.

Adapun bacaan doa tersebut sering dilakukan Rasulullah SAW berdasarkan hadits riwayat Bukhari nomor 6367 dan Muslim nomor 2706 dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu.

Cara Mengatasi Rasa Malas

Dikutip dari Kompas.com, terdapat 3 cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi rasa malas.

Berikut 3 cara mengatasi rasa malas yang perlu diketahui.

1. Mencari Tahu Penyebabnya

Luangkan waktu sejenak untuk mengintrospeksi diri dan mencari tahu penyebab dari rasa malas yang sering kali kamu alami.

Kamu perlu jujur kepada diri kamu sendiri tanpa menutup-nutupi apa yang sebenarnya kamu rasakan untuk bisa melakukan hal ini.

Setelah mengetahui penyebab dari rasa malas yang kamu rasakan, kamu pun bisa mencari solusi untuk mengatasi rasa malas tersebut.

Jika kamu merasa bosan dengan kegiatan sehari-hari, maka kamu bisa membuat rencana liburan atau aktivitas menyenangkan yang akan kamu lakukan di akhir pekan, agar kamu menjadi lebih semangat untuk menyelesaikan pekerjaan saat ini.

Apabila kamu merasa takut serta kewalahan dengan tugas yang harus kamu hadapi, maka kamu bisa menenangkan diri sejenak dan meyakinkan diri bahwa kamu pasti bisa menyelesaikan tugas yang telah diberikan kepada kamu.

Kamu juga bisa meminta bantuan atau pertolongan dari orang lain jika kamu masih merasa kalau tugas tersebut terlalu berat untuk diselesaikan seorang diri.

2. Membuat Jadwal dan Menyusun Skala Prioritas

Agar kamu tidak terlalu merasa terbebani dengan banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan, buatlah jadwal dengan menyusun prioritas terkait tugas mana yang perlu untuk dikerjakan terlebih dahulu.

Kamu bisa menyusun skala prioritas berdasarkan deadline atau tenggang waktu pengumpulan dan juga dari tingkat kesulitan pekerjaan.

Selesaikan satu per satu pekerjaan yang memiliki tenggang waktu paling dekat atau kerjakan tugas yang kamu anggap paling sulit terlebih dahulu.

Dengan begitu kamu jadi memiliki jadwal yang jelas dan terhindar dari perasaan bingung serta kewalahan karena tidak tahu harus mengerjakan tugas yang mana, yang justru sering kali berujung pada rasa malas.

3. Hindari Distraksi yang Mengganggu Produktivitas

Jauhkan gangguan yang bisa membuat kamu jadi tidak fokus saat menyelesaikan pekerjaan, seperti handphone, suasana yang bising, dan lain-lain.

Jika informasi terkait pekerjaan yang perlu kamu selesaikan hanya bisa kamu akses melalui handphone, maka kamu bisa menggunakan aplikasi seperti AppBlock atau AppDetox.

Aplikasi-aplikasi ini memungkinkan kamu untuk memblokir beberapa aplikasi yang kamu pilih supaya kamu tidak bisa membukanya dalam kurun waktu tertentu.

Kamu bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk memblokir akses terhadap media sosial selama sementara waktu agar kamu tidak tergoda untuk membukanya saat sedang menyelesaikan pekerjaan.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa memblokir notifikasi chat yang kerap mengganggu dan mengalihkan perhatian kamu saat sedang bekerja atau belajar.

Baca juga: Arti Allaahumma Ya Munisa Kulli Wahidin Wa Ya Shahiba Kulli Faridin, Bacaan Doa Pengobat Kangen

Baca juga: Tulisan Arab dan Arti Allahummaj’alna Mustajab, Mohon kepada Allah Agar Doa Diterima dan Dikabulkan

Baca juga: Lafal Doa Menghilangkan Pikiran Kotor Lengkap Tulisan Latin dan Terjemahannya

Baca artikel dan berita Tribun Sumsel lainnya langsung dari google news

Leave a comment