Informasi Terpercaya Masa Kini

Deretan Fitur LinkedIn: Kendali Koneksi hingga Penggunaan AI

0 3

TEMPO.CO, JakartaLinkedIn merupakan platform, yang dirancang untuk membantu pengguna menemukan pekerjaan, memperkuat jaringan dalam karier. LinkedIn telah menjadi platform bagi profesional dari berbagai latar belakang, pemilik usaha kecil, mahasiswa, pencari kerja, maupun eksekutif perusahaan besar.

Dikutip dari situs web LinkedIn, berikut beberapa fitur utama untuk meningkatkan profil dan koneksi pengguna.

1. Menyembunyikan Koneksi

LinkedIn memberi kendali untuk mengatur seberapa terbuka atau tertutup daftar koneksi terhadap pengguna lain. Caranya, masuk ke halaman ‘Pengaturan dan Privasi’. Di bawah tab ‘Visibilitas’, pilih opsi “Siapa yang dapat melihat koneksi Anda.” Di sini, pengguna bisa membatasi akses dengan memilih opsi ‘Hanya Anda’ agar daftar koneksi tetap privat.

2. Buletin LinkedIn

Membuat komunitas dengan buletin yang memungkinkan orang berlangganan dan menerima notifikasi setiap kali menerbitkan konten baru. Caranya, klik ikon ‘Beranda’, lalu pilih ikon ‘Tambah’ di samping opsi ‘Acara’, dan ikuti langkah-langkah untuk membuat acara.

3. Ekspor Koneksi

Fitur LinkedIn ini memungkinkan pengguna dengan mudah mengekspor daftar koneksi ke sistem CMS lain. Pengguna bisa mengunduh kontak dalam bentuk spreadsheet yang mencakup informasi seperti nama kontak, perusahaan saat ini, dan alamat email.

4. Grup LinkedIn

Bergabung dengan grup di LinkedIn cara yang efektif untuk memperluas jaringan dan mempromosikan keahlian. Dengan aktif berpartisipasi dalam diskusi grup, pengguna bisa membangun hubungan profesional dan memperkenalkan diri kepada komunitas yang lebih luas. Untuk memulai, ke bagian ‘Kerja’ dan pilih opsi ‘Kelompok’.

5. LinkedIn Learning

LinkedIn Learning platform pembelajaran online yang memungkinkan pengguna untuk menemukan dan meningkatkan keterampilan dalam bidang bisnis, teknologi, dan kreativitas melalui video kursus yang dipandu oleh para ahli di bidangnya.

6. Providing Services

Untuk meningkatkan eksposur bisnis, pengguna bisa menambahkan layanan yang ditawarkan ke profil LinkedIn. Fitur ini sangat berguna bagi pekerja lepas atau pemilik bisnis baru yang ingin memikat klien. Untuk mengaktifkannya, masuk laman profil, klik opsi ‘Buka’ untuk’, lalu pilih ‘Menyediakan Layanan’. Setelah itu, isi formulir dengan informasi mengenai layanan yang ditawarkan.

7. Lihat Profil dalam Mode Pribadi

Jika ingin mengintip profil LinkedIn calon klien atau bahkan pesaing tanpa mereka menyadarinya, fitur ini bisa menjadi pilihan pengguna.Caranya ke pengaturan dan privasi, lalu pilih opsi visibilitas. Dari sana, pilih pengaturan tampilan profil dan aktifkan ‘Mode Pribadi’ untuk menjelajahi profil orang lain secara anonim.

8. Fitur AI LinkedIn

LinkedIn ini mengumumkan penambahan fitur baru yang didukung oleh kecerdasan buatan atau AI. Fitur ini dirancang untuk membantu perekrut menemukan kandidat yang tepat dengan mengajukan pertanyaan dalam bahasa alami.

LinkedIn memanfaatkan teknologi dari OpenAI, perusahaan yang merancang ChatGPT. Perekrut dapat mengajukan pertanyaan secara natural, dan AI akan mampu mengajukan pertanyaan lanjutan. Fitur AI di LinkedIn akan menerjemahkan pertanyaan, seperti “Saya ingin jasa pengembang perangkat lunak dengan pengalaman 10 tahun di Minneapolis,” menjadi format yang dapat dipahami oleh database LinkedIn. AI dapat melakukan penyaringan lebih lanjut untuk memastikan pencarian lebih sesuai dengan pilihan yang ada.

MOHAMMAD HATTA MUARABAGJA | RAFI AZHARI | LINKEDIN

Pilihan Editor: Cara Menggunakan LinkedIn untuk Meningkatkan Peluang Karier

Leave a comment