Informasi Terpercaya Masa Kini

Bagaimana Peluang Indonesia Lolos Piala Dunia Usai Kalah dari China?

0 3

KOMPAS.com – Indonesia harus menelan pil pahit usai kalah melawan China di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada Selasa (15/10/2024).

Jay Idzes dkk takluk dari tuan rumah China usai kebobolan dua gol di babak pertama melalui tendangan Behram Abduweli di menit ke-21 dan Zhang Yuning di menit 44.

Indonesia hanya bisa memperkecil kekalahan lewat sepakan Thom Haye di menit ke-86. Skor akhir 2-1 untuk tuan rumah. 

Hasil tersebut membuat Skuad Garuda gagal menambah poin dan tertahan di posisi kelima klasemen dengan raihan tiga poin. 

Lantas, bagaimana peluang timnas Indonesia lolos ke Piala Dunia 2026 usai kalah dari China?

Baca juga: Link China Vs Indonesia Kualifikasi Piala Dunia 2026, Mulai 19.00 WIB

Peluang Indonesia lolos Piala Dunia 2026

Kekalahan Indonesia dari China dan imbang melawan Bahrain membuat Indonesia gagal memenuhi target membawa pulang minimal empat poin dari Kualifikasi Piala Dunia di bulan Oktober 2024. 

Meski demikian, Indonesia masih berpeluang lolos Piala Dunia walaupun kini kondisinya akan lebih sulit.

Untuk lolos langsung ke Piala Dunia 2026, Indonesia harus menjadi juara atau peringkat kedua grup. 

Saat ini puncak klasemen grup C ditempati Jepang dengan 10 poin. Posisi kedua ada Australia dengan koleksi 5 poin. Arab Saudi dan Bahrain berada di posisi ketiga dan keempat dengan koleksi masing-masing 4 poin.

Indonesia berada di posisi kelima dengan raihan 3 poin. Koleksi poin yang sama juga dimiliki China yang berada di juru kunci. 

Skenario Indonesia lolos Piala Dunia

Dikutip dari Kompas.id, Indonesia masih memiliki empat laga kandang yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno dari enam pertandingan tersisa di putaran ketiga.

Indonesia bakal menjamu Jepang dan Arab Saudi di Jakarta pada November nanti. Kemudian kembali menghadapi Bahrain pada Maret 2025 dan China pada Juni 2025.

Tim asuhan Shin Tae-yong itu wajib tampil habis-habisan untuk mengumpulkan 13 poin.

Jumlah poin itu adalah rata-rata koleksi poin untuk tim yang berada di posisi empat besar di putaran ketiga dalam dua edisi kualifikasi Piala Dunia terakhir.

Dengan mempertimbangkan kekuatan empat tim tersebut, delapan poin adalah target yang cukup realistis untuk diraih.

Untuk mengamankan langkah ke putaran keempat, Indonesia juga harus berusaha membawa pulang poin dari laga tandang melawan Australia pada Maret 2025 dan Jepang pada Juni 2025.

Baca juga: China Vs Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Mulai Pukul Berapa?

Ikut putaran empat atau play-off Asia

Jika gagal menjadi juara atau runner up grup C dalam babak kualifikasi putaran ketiga, Indonesia masih berpeluang lolos Piala Dunia 2026 jika finish di peringkat tiga atau empat klasemen grup C.

Putaran keempat akan diikuti oleh enam negara yang menempati posisi ketiga dan keempat pada masing-masing grup di kualifikasi putaran ketika Piala Dunia 2026.

Nantinya, enam negara akan dibagi menjadi dua grup yang akan merebutkan sisa dua tiket Piala Dunia 2026 dan masing-masing juara grup akan lolos ke Piala Dunia.

Indonesia harus menjadi juara grup di putaran keempat untuk bisa memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2026.

Lolos play-off kualifikasi

Jika pada babak putaran keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 Indonesia berada di peringkat kedua, Indonesia wajib lolos play-off kualifikasi untuk mengamankan tiket ke Piala Dunia 2026.

Putaran kelima kualifikasi akan mempertemukan dua tim yang finish sebagai runner-up grup di putaran keempat kualifikasi.

Pemenang putaran kelima kualifikasi akan masuk ke turnamen play-off FIFA, yang melibatkan enam tim (satu tim per konfederasi).

Enam tim tersebut akan bertanding untuk merebutkan dua tempat terakhir di Piala Dunia 2026. Timnas Indonesia harus berhasil merebut satu dari dua sisa tiket tersebut untuk bisa lolos Piala Dunia 2026.

Leave a comment