Informasi Terpercaya Masa Kini

Prabowo Panggil Sejumlah Nama untuk Posisi Menteri, Berikut Daftarnya

0 3

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Sejumlah elite partai politik (parpol) dan tokoh menyambangi kediaman Prabowo Subianto di rumah Kertanegara IV di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (Jaksel), Senin (14/10/2024). Kedatangan para politikus tersebut, terkait dengan penunjukkan menteri-menteri yang masuk dalam kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran 2024.

Prabowo-Gibran, akan resmi dilantik menjadi presiden dan wakil presiden pada Ahad (20/10/2024) mendatang. Dari pantauan Republika di Rumah Kertanegara IV, beberapa yang tampak menghadap Prabowo di antaranya adalah para kader partainya sendiri dari Gerindra. Seperti Fadli Zon, Sugiono, Ahmad Sufmi Dasco, dan Prasetyo Hadi.

Beberapa lainnya yang terlihat datang, seperti mantan politikus PDIP Maruarar Sirait, dan juga Yandri Susanto dari Partai Amanat Nasional (PAN). Politikus Partai Golkar, Nusron Wahid juga Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrat Teuku Rifky Harsya.

Tokoh profesional yang juga mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigay juga datang. Satu-satunya tokoh perempuan yang terpantau menghadap Prabowo, adalah Widiyanti Putri Wardhana. Dan satu-satunya menteri yang terlihat datang adalah Menteri Sosial (Mensos) Saifullah Yusuf atau biasa disapa Gus Ipul.

Nusron Wahid, saat dicegat wartawan menyampaikan, dalam perbincangan dengan Prabowo, memang ada permintaan untuk bersiap membantu pemerintahan mendatang. “Ya, yang namanya kader harus siaplah,” ujar dia. Akan tetapi, Nusron masib enggan menyampaikan apakah permintaan Prabowo tersebut, terkait dengan penunjukma sebagai menteri.

“Intinya, di mana saja, ya harus siap,” kata Nusron. Hal serupa disampaikan Natalius Pigai. Kata dia, pertemuannya dengan Prabowo untuk bersama-sama membangun pemerintahan, bukan sekali ini. Dan pada pertemuannnya dengan Prabowo, pada Senin (14/10/2024) memang ada terkait dengan permintaan untuk sama-sama di pemerintahan.

“Tentang di mana saya membantu pemerintahan Pak Prabowo, nantinya beliau yang umumkan. Saya sebagai prajurit, siap untuk membantu pemerintahan beliau,” kata Natalius. Dan Maruarar juga menambahkan, dirinya berharap permintaan Prabowo untuk membantu di pemerintahan mendatang, dapat memperbaiki kehidupan masyarakat. “Semoga apa yang kita lakukan nantinya, bisa bermanfaat untuk masyarakat,” ujar dia.

N Bambang Noroyono

Leave a comment