Informasi Terpercaya Masa Kini

Apa Saja Manfaat Rutin Minum Air Kelapa Muda Setiap Hari?

0 2

KOMPAS.com – Bayangkan, cuaca sedang panas-panasnya, terus minum air kelapa yang dingin dan segar. Rasanya langsung terasa adem ya?

Ya, air kelapa adalah minuman yang familiar di keseharian kita. Tapi bukan hanya mudah didapat, air kelapa punya rasa yang enak dan segar.

Ternyata, banyak orang mengicar air kelapa tidak hanya karena itu. Banyak orang minum air kelapa karena ada segudang manfaat yang bisa didapatkan seperti sumber elektrolit alami sampai kepercayaan untk detoksifikasi.

Baca juga: 3 Waktu Terbaik untuk Minum Air Kelapa

Nah, secara ilmiah, apa saja ya manfaat minum air kelapa?

1. Sumber elektrolit alami

Air kelapa mengandung banyak nutrisi penting yang bermanfaat untuk tubuh. Dikutip dari Ohio State Health and Discovery, air kelapa hijau satu cangkir mengandung sekitar 45 hingga 60 kalori.

Ini artinya, kandungan kalorinya kecil. Tapi, selain rendah kalori, air kelapa tetap kaya dengan elektrolit penting lho!

Ya, air kelapa hijau mengandung elektrolit alami seperti kalium, sodium, magnesium, dan fosfor. Elektrolit dalam air kelapa muda ini sangat penting untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh.

2. Menjaga tubuh tetap terhidrasi

Masih berhubungan dengan kandungan elektrolit, manfaat minum air kelapa yang paling utama adalah menjaga hidrasi tubuh.

Dikutip dari Mayo Clinic, air kelapa sama efektifnya dengan minuman olahraga dalam hal menghidrasi tubuh.

Jadi, jika Anda baru saja selesai berolahraga atau beraktivitas di bawah terik matahari, air kelapa bisa jadi pilihan yang tepat untuk mengembalikan cairan tubuh.

Baca juga: Orang dengan Gangguan Kesehatan Ini Sebaiknya Tidak Minum Air Kelapa Muda

Kandungan elektrolit seperti kalium, magnesium, dan natrium berperan besar dalam menggantikan cairan tubuh yang hilang setelah olahraga atau saat Anda dehidrasi karena diare atau muntah.

Bahkan, air kelapa lebih efektif dalam menghidrasi dibandingkan dengan air putih.

Nah, dibanding Anda mengonsumsi minuman olahraga yang umumnya tinggi gula, air kelapa bisa menjadi pilihan yang lebih sehat.

3. Menurunkan tekanan darah

Dirangkum dari Vinmec Hospitals, kalium dalam air kelapa memainkan peran penting dalam menurunkan tekanan darah.

Itu karena asupan kalium yang cukup bisa mengurangi efek negatif natrium dalam tubuh, yang sering menjadi penyebab tekanan darah tinggi.

Dengan mengonsumsi air kelapa secara teratur, terutama bagi Anda yang punya risiko tekanan darah tinggi, bisa membantu menurunkan tekanan darah secara alami.

Sebagai contoh, jika Anda sering merasa pusing atau lelah setelah bekerja seharian di depan layar, meminum air kelapa bisa jadi solusi sehat untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh sekaligus mengontrol tekanan darah.

Baca juga: Bolehkah Minum Air Kelapa Setiap Hari? Berikut Manfaat dan Efek Sampingnya

4. Menjaga kesehatan pencernaan

Air kelapa juga dapat mendukung kesehatan pencernaan. Kandungan magnesium dalam air kelapa berfungsi sebagai pencahar ringan, yang membantu melancarkan buang air besar dan mencegah sembelit.

Selain itu, elektrolit di dalamnya membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh yang sangat penting untuk fungsi pencernaan yang optimal.

Bagi Anda yang sering mengalami masalah pencernaan atau sembelit, segelas air kelapa setiap hari bisa jadi cara yang alami untuk membantu memperbaiki pergerakan usus.

5. Menjaga kulit tetap sehat

Kulit kita sangat bergantung pada cairan yang cukup untuk tetap sehat. Ketika tubuh dehidrasi, kulit bisa menjadi kering dan kusam.

Minum air kelapa setiap hari dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan sehat. Beberapa produk air kelapa juga diperkaya dengan vitamin C, yang berperan dalam produksi kolagen untuk menjaga elastisitas kulit.

Jika Anda sering berada di ruangan ber-AC atau di luar ruangan di bawah sinar matahari, minum air kelapa dapat membantu menjaga kelembapan kulitmu sepanjang hari, membuatnya tetap lembut dan cerah.

Baca juga: Jarang Diketahui, Ini 10 Efek Samping Minum Air Kelapa secara Berlebihan

6. Jaga kesehatan jantung

Minum air kelapa secara teratur juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Kalium, yang terdapat dalam jumlah besar pada air kelapa, dikenal mampu menurunkan risiko penyakit jantung dengan menyeimbangkan kadar natrium dalam tubuh.

Dirangkum dari Heart.org, orang yang rutin mengonsumsi makanan atau minuman kaya kalium, seperti air kelapa, memiliki risiko lebih rendah terkena stroke.

Minum air kelapa setiap hari bisa menjadi kebiasaan yang sehat, terutama jika Anda mencari cara alami untuk tetap terhidrasi dan mendapatkan manfaat kesehatan tambahan seperti menurunkan tekanan darah, mendukung pencernaan, dan menjaga kesehatan kulit.

Namun, manjaga minum air kelapa agar dalam batas wajar dan tidak berlebihan juga penting. Pastikan untuk tidak mengonsumsi berlebihan, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Dengan segelas atau dua gelas air kelapa setiap hari, Anda bisa mendapatkan semua manfaat sehat ini tanpa perlu khawatir.

Tetap perhatikan kebutuhan tubuh dan jangan ragu untuk menikmati air kelapa sebagai bagian dari gaya hidup sehat Anda!

Baca juga: Manfaat Air Kelapa untuk Menurunkan Gula Darah Menurut Penelitian

Leave a comment