Informasi Terpercaya Masa Kini

Vivo OriginOS 5 Meluncur, Antarmuka dengan Sederet Fitur AI

0 3

KOMPAS.com – Vendor smartphone Vivo meresmikan sistem antarmuka (user interface/UI) generasi baru, disebut OriginOS 5. UI ini didasarkan pada sistem operasi Android 15 yang digulirkan pada awal September 2024 lalu.

Vivo mengeklaim OriginOS 5 membawa sejumlah peningkatan. Peningkatan yang paling menarik yaitu hadirnya asisten bertenaga kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) milik Vivo, disebut Blue Heart Little V.

Berkat dukungan itu, pengguna nantinya bisa kebagian fitur pencarian yang mudah dengan cara melingkari obyek ala “circle to search” di smartphone Samsung. 

Baca juga: Tabel Spesifikasi Vivo V40 Lite 5G dan Harganya di Indonesia

Mekanismenya pun sama, di mana pengguna hanya perlu melingkari obyek yang ingin dicari, kemudian AI Little V akan memberikan hasil penelusuran dan rekomendasi yang relevan.

Tidak hanya itu, Little V bisa difungsikan seperti clipboard virtual, sehingga membantu pengguna untuk menyimpan foto, video, artikel, tautan dan lain sebagainya. 

Asisten AI ini juga bisa membuat klip singkat dari video dan foto pengguna, lengkap dengan musik serta lirik yang disesuaikan dengan kontennya. Klip ini dibuat Little V secara otomatis.

Buka aplikasi lebih cepat

Selain peningkatan soal fitur AI, Vivo juga meningkatkan kecepatan UI dalam membuka aplikasi. Menurut Vivo, OriginOS 5 bisa membuka aplikasi 15 persen lebih cepat, bahkan peralihan antar aplikasi diklaim 30 persen lebih cepat dibanding sebelumnya.

Kendati perpindahan anatar aplikasi semakin cepat, namun konsumsi dayanya diklaim tetap efisien. Efisiensi dayanya meningkat sampai 26 persen.

OriginOS 5 juga diklaim menawarkan alokasi daya yang cerdas, sehingga mampu mengarahkan daya GPU dan RAM ke aplikasi atau sistem yang paling diperlukan. Dengan begitu, aplikasi yang sedang dijalankan pengguna akan tetap mulus.

Baca juga: Smartphone Vivo V40e Resmi, V40 Versi Bontot Harga Rp 5 Jutaan

Poni ala Dynamic Island iPhone

Lewat OriginOS 5, Vivo juga mengadopsi tampilan ala Dynamic Island yang debut di iPhone 14 Pro.

Di OriginOS 5, tampilan poni virtual itu akan muncul ketika pengguna menyalin teks, kemudian AI Little V akan mengarahkan pengguna ke tindakan yang mungkin relevan. 

Pengguna juga bisa menyeret dan meletakan konten ke poni virtual OriginOS 5 itu, untuk integrasi lebih lanjut. Misalnya mengirim konten melalui aplikasi chatting, media sosial dan lain sebagainya.

Poni ini juga bisa menampilkan aneka informasi secara dinamis atau bisa berganti-ganti, sesuai dengan waktu dan lokasi sekitar pengguna.

Bantu catat dan buat ringkasan

Asisten AI di di OriginOS 5 juga bisa membantu pengguna membuatkan pesan atau catatan. Bisa pula diminta menulis ulang pesan. 

Ketika pengguna melakukan panggilan dengan orang lain, AI ini juga bisa membantu membuatkan ringkasan obrolan melalui aplikasi Atom Notes.

Tidak hanya itu, Little V bisa menerjemahkan bahasa isyarat atau berkomunikasi memakai avatar. Berkat dukungan ini, pengguna yang memiliki kebutuhan khusus juga dapat dibantu oleh Little V.

Bisa nyambung ke mobil

Untuk mereka yang labih banyak beraktivitas di jalan, Little V diklaim bisa terhubung ke sistem infotaintment mobil.

Misalnya untuk menjawab telepon, membalas pesan, memberikan ringkasan panggilan, hinga menjadi asisten suara agar pengguna bisa berinteraksi dan bertanya tentang pesan yang ia terima.

Vivo juga memungkinkan OriginOS menjadi protokol hub rumah pintar. Jadi pengguna bisa mengendalikan atau memonitor berbagai perangkat pintar di rumah seperti lampu, AC dan lainnya dari OriginOS 5.

Lebih lanjut, Vivo juga memperluas dukungan Little V ke perangkat lain termasuk Windows, Mac, dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Jumat (11/10/2024).

Perlu dicatat bahwa OriginOS 5 merupakan UI yang ditujukan Vivo untuk pengguna di China. Adapun pengguna di luar China, bisa memakai Funtouch OS 15 yang sudah dirilis global pada September 2024 lalu.

OriginOS 5 akan mulai digulirkan ke pengguna di China mulai November 2024. Beberapa perangkat yang kebagian duluan antara lain Vivo X Fold 3 Pro, X Fold 3, X100 Ultra, X100S Pro, X100 Pro dan X100S.

Selain Vivo, sub-brand Vivo, iQoo juga akan kebagian update OriginOS 5 mulai November 2024. Beberapa smartphone yang dapat update tahap pertama yaitu iQoo 12 Pro, iQoo 12, iQoo Neo9S Pro+, iQoo Neo9S, dan iQoo Neo9

Leave a comment