Informasi Terpercaya Masa Kini

Dear Suami, Coba Praktikkan Tips Ini untuk Bahagiakan Istri!

0 3

Ada beragam cara untuk membuat pernikahan berjalan langgeng, salah satunya dengan membuat pasangan bahagia. Ya Moms, membahagiakan pasangan adalah sebuah investasi dalam menciptakan hubungan yang sehat dan bahagia.

Apalagi, dalam berumah tangga, pasangan akan mengalami pasang surut yang berbeda-beda. Tetapi, menemukan cara untuk membuatnya merasa dihargai dan dicintai adalah kunci dalam menjalani berbagai tantangan tersebut.

Bagi para suami, Anda mungkin pernah mendengar istilah ‘happy wife, happy life‘ alias ‘istri bahagia, hidup pun bahagia’. Ungkapan ini tidak sepenuhnya salah, lho! Dikutip dari laman Marriage, ketika istri merasa dipahami, dihargai, dan didukung, maka hal itu akan menciptakan efek berkepanjangan yang menguntungkan dalam seluruh hubungan.

Ada sebuah riset yang meneliti bagaimana kualitas pernikahan dapat memengaruhi kepuasan hidup dan kesejahteraan pada pasangan lanjut usia. Hasilnya, kepuasan pernikahan dapat berkorelasi kuat dengan kesejahteraan, meskipun penilaian pasangan tidak terlalu berpengaruh. Sementara bagi suami, kesejahteraan mereka akan meningkat ketika istri juga merasa puas dengan pernikahan mereka.

Maka dari itu, berusaha untuk membuat kebahagiaan satu sama lain perlu jadi prioritas Anda bersama. Nah, mungkin para suami jadi bertanya-tanya, bagaimana sih caranya membahagiakan istri?

Tips Membuat Istri Bahagia, Agar Pernikahan Makin Langgeng!

1. Hargai Hal-hal Kecil

Ini merupakan salah satu cara termudah untuk membuat istri bahagia: Tunjukkan penghargaan kepadanya setiap hari. Hargai hal-hal yang dilakukan kepada Anda maupun keluarga, baik itu besar atau kecil.

Paling mudah yaitu mengucapkan ‘Terima kasih’ ketika telah diberikan sesuatu, atau beri pujian atas hasil masakan istri.

Sebab, penelitian menunjukkan bahwa penghargaan sangat penting dalam meningkatkan kepuasan, keintiman, dan mendorong emosi positif. Di sisi lain, kurangnya penghargaan dari pasangan justru dapat memicu kebencian dan konflik.

2. Jadilah Pendengar yang Baik

Saat istri ingin curhat, baik pengalaman ataupun yang sedang dirasakan, maka hadirlah, lakukan kontak mata, dan dengarkan ceritanya. Sebisa mungkin, hindari menyela omongannya dan tunggu ia berbicara hingga selesai. Cara ini bisa membangun kepercayaan pada istri, dan membuatnya merasa terhubung secara emosional dengan Anda.

3. Dukung Tujuan dan Mimpinya

Apakah itu perubahan karier, ingin merutinkan hobinya, atau sekadar perawatan diri. Dukunglah tujuan-tujuan pribadi istri yang positif, karena akan membuatnya merasa dicintai dan dihormati.

4. Penuh Kasih Sayang

Rutin berikan sentuhan fisik, seperti berpegangan tangan, berpelukan, atau berciuman. Atau cobalah untuk selalu berkomunikasi secara terbuka dan jujur, ini bisa jadi kunci kebahagiaan istri. Bila Anda berkomunikasi secara secara efektif, maka kesalahpahaman dapat dihindari.

5. Membantu Pekerjaan Rumah

Bila ingin mencari cara lain, mungkin bisa ikut membantu mengerjakan pekerjaan rumah sehari-hari. Baik itu mencuci piring, membersihkan rumah, atau membantu mengasuh anak-anak. Bersikap proaktif dalam pekerjaan rumah menunjukkan Anda adalah sebuah tim. Manfaatnya juga bisa mengurangi stres dan memberi Anda waktu berdua lebih banyak.

6. Quality Time Bersama

Nah Moms, waktu yang berkualitas atau quality time adalah kunci untuk menjaga hubungan tetap kuat. Jadi, sesibuk apa pun Anda dan istri, sebaiknya tetap luangkan waktu untuk berjalan-jalan, makan malam romantis, atau sekadar nonton film bersama. Dengan memprioritaskan waktu berdua dengan istri, maka akan semakin membuatnya merasa disayangi.

7. Hal-hal Kecil Tidak Terduga

Surprise! Ya, memberikan kejutan-kejutan kecil yang bermakna dapat membuat harinya lebih positif. Tak harus mahal, Anda bisa menyiapkan surat yang ditulis tangan dan menunjukkan dukungan untuk menjalani hari, menyiapkan camilan favoritnya, atau membuat perjalanan liburan yang disiapkan secara diam-diam. Cara ini bisa membawa kebahagiaan dalam menjalani harinya, lho!

Leave a comment