Informasi Terpercaya Masa Kini

Trik Bikin Poster AI di WhatsApp dengan Copilot, Tinggal “PC” Chatbot Saja

0 3

KOMPAS.com – Berkirim pesan di WhatsApp atau biasa disingkat WA, sekarang jadi lebih menarik dengan kehadiran akun chatbot Artificial Intelligence (AI) Copilot dari Microsoft. Pengguna bisa chatting dengan Copilot untuk memintanya melakukan berbagai hal.

Salah satu yang menarik buat dicoba adalah meminta Copilot di WA untuk membuat poster AI animasi seperti di Bing Image Creator, yang beberapa waktu lalu sempat viral. Copilot merupakan perkembangan dari Bing AI yang dibekali berbagai kemampuan.

Baca juga: Chatbot Microsoft Copilot Hadir di WhatsApp, Bisa Tanya pada AI via Japri

Copilot juga memiliki kemampuan seperti Bing Image Creator yang dapat mengolah gambar. Dengan kehadirannya di WA, pengguna bisa membuat poster AI melalui Copilot.

Dalam hal ini, pengguna mungkin bakal tertarik buat mencoba cara membuat poster AI di WA dengan Copilot. Lantas, bagaimana cara membuat poster AI di WA dengan Copilot.

Cara membuat poster AI di WA dengan Copilot

Cara membuat poster AI di WA dengan Copilot itu sangat mudah. Untuk diketahui, Copilot di WA hadir dalam bentuk akun chatbot. Pengguna bisa membuat poster AI cukup dengan mengirim “pc” atau private chat pada akun chatbot Copilot di WA.

Namun, sebelum bisa “pc” Copilot untuk membuat poster AI, pengguna perlu menambahkan akun chatbot Copilot ke daftar obrolan WhatsApp. Adapun trik membuat poster AI di WA dengan Copilot adalah sebagai berikut:

  • Buka tautan akun Copilot ini.
  • Selanjutnya, pengguna bisa klik opsi “Try Me” atau memindai kode QR untuk menambahkan akun Copilot di daftar obrolan WhatsApp.
  • Setelah ditambahkan, ruang obrolan dengan akun Copilot bakal terbuka.
  • Sebelum mulai chatting, pengguna bakal diminta untuk menyetujui ketentuan penggunaan layanan. Berikan izin dengan klik opsi “Accept”.
  • Setelah itu, pengguna bakal mulai bisa “pc” dengan Copilot.
  • Kemudian, pengguna tinggal mengirim prompt atau perintah untuk pada chatbot Copilot untuk membuatkan poster AI.
  • Dalam percobaan kali ini, kami membuat poster AI di Copilot WhatsApp dengan prompt atau teks perintah sebagai berikut:
    • Make a 3d animation poster containing a man wearing a turquoise green shirt with a colorful floral pattern. He has short black hair with bangs covering the forehead. He has an oval face. He wears retro style glasses with brown lenses. He has an ideal body. His expression is smiling. The background is a field filled with trees. The POV is taken at half body.
  • Selanjutnya, kirim prompt dan akun chatbot Copilot bakal menyajikan poster AI sesuai deskripsi yang diingkan.

Baca juga: Cara Membuat Gambar AI dari Teks di Google Bard, Mirip Bing Image Creator

Cukup menarik bukan cara membuat poster AI di WA dengan Copilot? Dengan keberadaan akun Copilot di WhatsApp, pengguna bisa memanfaatkanya untuk membuat poster AI animasi seperti di Bing Image Creator.

Pengguna bisa meminta akun Copilot di WhatsApp untuk membuat berbagai jenis gambar dengan bermacam gaya sesuai keinginan. Demikianlah penjelasan mengenai cara membuat poster AI di WhatsApp dengan Copilot yang menarik buat dicoba.

Sekilas tentang Copilot di WhatsApp

Untuk diketahui, Copilot merupakan chatbot AI buatan Microsoft dengan language model GPT (Generative Pre-Trained Transformers) dari OpenAI, yang juga dipakai untuk mengembangkan ChatGPT.

Copilot dulu bernama Bing AI atau Bing Chat. Kemudian, namanya berganti menjadi Copilot pada sekitar akhir 2023. Microsoft terus mengembangkan Copilot agar bisa diakses di berbagai platform, termasuk di WhatsApp.

Keberadaan Copilot di WhatsApp termasuk dalam agenda Copilot for Social Apps. Kehadiran Copilot di WhatsApp bukan sebagai fitur bawaan. Akan tetapi, Copilot hadir sebagai akun chatbot dengan berbagai kemampuan.

Copilot dibekali kemampuan yang sama seperti Bing Image Creator untuk mengolah gambar. Hal ini membuat Copilot bisa diperintah pengguna untuk membuatkan poster AI, yang mirip Bing Image Creator.

Selain itu, Copilot di WA juga dapat menanggapi berbagai pertanyaan pengguna seperti chatbot AI pada umumnya. Copilot di WhatsApp sama seperti di versi website atau di versi browser Edge, yang memahami berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

Semua fitur-fitur Copilot di WhatsApp tersebut bisa diakses oleh pengguna secara gratis.

Kehadiran Copilot di WhatsApp yang sudah bisa diakses semua pengguna tampaknya bakal menjadi pesaing Meta AI.

Baca juga: Cara Membuat Poster Disney Pixar via Bing Image Creator yang Viral di Medsos

Untuk diketahui, Meta AI merupakan program Ai yang dikembangkan Meta (Induk perusahaan WhatsApp, Instagram, dan Facebook). Meta AI juga memiliki kemampuan untuk mengolah gambar dan menanggapi berbagai perintah teks pengguna.

Meta AI sudah mulai diintegrasikan ke WhatsApp sebagai sebuah fitur bawaan. Akan tetapi, kehadiran Meta AI di WhatsApp sekarang masih sangat terbatas. Fitur ini hanya tersedia di sejumlah negara (Indonesia belum tersedia) dan terbatas untuk beberapa pengguna.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Leave a comment