Informasi Terpercaya Masa Kini

Daftar 12 Nama yang Dikabarkan Jadi Menteri Kabinet Prabowo

0 2

TEMPO.CO, Jakarta – Menjelang pelantikan Prabowo Subianto sebagai presiden terpilih periode 2024-2029 pada 20 Oktober mendatang, sejumlah nama politikus dikabarkan akan menjadi menteri di Kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Kabinet Indonesia Maju. Belakangan, desas-desus ini semakin santer beredar dan meramaikan bursa calon menteri. Berikut ini sederet nama yang dikabarkan akan jadi menteri kabinet Prabowo.

1. Nusron Wahid

Politikus Partai Golkar, Nusron Wahid, menjadi salah satu nama baru yang dikabarkan akan menjadi menteri di kabinet Prabowo. Namanya muncul di bursa calon menteri usai disebut Ketua Umum Partai Golkar, Bahlil Lahadalia baru-baru ini. “Pak Nusron cocok lho (jadi menteri). Pak Nusron cocok? Kader bagus juga kok,” kata Bahlil dalam Rapat Konsolidasi Pemenangan Pemilukada Provinsi, Kota, Kabupaten se-Jawa Tengah di Hotel Grand Mercure Solo Baru, Sukoharjo, Jawa Tengah, pada Sabtu, 5 Oktober 2024.

Menurutnya, Nusron, yang turut hadir dalam rapat konsolidasi, cocok karena bagus dan memiliki hubungan komunikasi yang baik dengan Prabowo. Sebab itu Nusron akan menjadi salah satu nama yang akan diajukan Golkar sebagai menteri kepada Prabowo. Kendati demikian keputusannya tergantung pada Prabowo selaku pemegang hak prerogatif.

2. Meutya Hafid

Satu lagi kader Golkar yang diusulkan menjadi menteri di kabinet Prabowo-Gibran adalah Meutya Hafid. Namanya disebut oleh Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Muhammad Sarmuji. “Yang jelas Mbak Meutya dimasukkan dalam daftar, tapi posisinya seperti apa, nanti presiden terpilih yang menentukan,” kata Sarmuji di kompleks gedung DPR, Rabu, 2 Oktober 2024.

Sarmuji juga tidak membantah kabar bahwa Meutya telah bertemu Prabowo. Dia mengatakan menjelang pelantikan, Prabowo terbuka untuk berdiskusi dengan siapa saja. Meutya sebelumnya merupakan Ketua Komisi I DPR, mitra kerja Kementerian Pertahanan pimpinan Prabowo.

3. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dikabarkan akan menjadi menteri di kabinet Prabowo. Isu ini beredar setelah Ketua Dewan Pembina Forum Masyarakat Indonesia Emas (Formas), Hashim Djojohadikusumo, membeberkan ada rencana empat jabatan menteri yang bakal diberikan kepada sosok lulusan SMA Taruna Nusantara Magelang. Direktur Riset & Komunikasi Lembaga Survei KedaiKOPI Ibnu Dwi Cahyo memprediksi salah satunya adalah AHY.

4. Budi Gunawan

Nama Budi Gunawan juga muncul sebagai calon menteri. Hal ini seiring Prabowo yang disebutkan sudah menyiapkan dua kursi menteri atau setingkat menteri untuk Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP. Dua petinggi PDIP dan Partai Gerindra menyebut kursi itu salah satunya akan diberikan kepada Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan. Budi merupakan orang dekat Megawati. Ia menjadi ajudan saat Megawati menjabat Presiden.

5. Abdullah Azwar Anas

Pada isu calon menteri yang beredar, ada nama Menteri Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas. Dia merupakan kader PDIP yang disebutkan bakal mendapatkan kursi di pemerintahan Prabowo mendatang. Seorang narasumber yang sama dari PDIP dan Gerindra mengatakan, Azwar dan Budi akan ditarik ke kabinet Prabowo sebagai menteri profesional. Dengan begitu hubungan dengan PDIP terjalin baik.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto tak membantah maupun membenarkan soal pihaknya akan menempatkan Budi dan Azwar di Kabinet Prabowo. Hasto hanya berharap Prabowo bisa membentuk kabinet yang efektif dan membangkitkan optimisme publik. “Kabinet bisa menjawab tantangan ke depan,” katanya dalam laporan Majalah Tempo yang terbit cetak pada Senin, 23 September 2024.

6. Sugiono

Wakil Ketua Harian Partai Gerindra Sugiono, masuk dalam daftar bursa calon menteri Prabowo. Majalah Tempo pada Ahad 22 September 2024, mewartakan Sugiono disiapkan sebagai Menteri Luar Negeri.

Orang kepercayaan Prabowo itu merupakan mantan prajurit TNI. Dia pernah aktif sebagai prajurit Kopassus dengan pangkat terakhir Letnan Satu. Ia menanggalkan dinas kemiliterannya kemudian berpolitik di Partai Gerindra yang dibentuk pada 2008. Dia juga lulusan SMA Taruna Nusantara.

7. Sjafrie Sjamsoeddin

Sama seperti Sugiono, Sjafrie Sjamsoeddin juga merupakan orang kepercayaan Prabowo. Mantan Wakil Menteri Pertahanan itu disebut akan menjabat sebagai Menteri Pertahanan periode 2024-2029. Selain itu, Sjafrie juga menjabat Asisten Khusus Menteri Pertahanan Bidang Manajemen Pertahanan sejak tanggal 6 Desember 2019.

8. Bahlil Lahadalia

Empat petinggi partai pendukung pemerintah dan dua kolega Jokowi menyatakan, presiden mengusulkan sejumlah nama calon menteri dan kepala lembaga negara kepada Prabowo Subianto. Salah satunya adalah Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia yang disebutkan berpeluang mengisi posisi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral. Mantan Menteri Investasi itu belakangan dilantik sebagai Menteri ESDM era Jokowi menggantkan Arifin Tasrif.

9. Raja Juli Antoni

Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Raja Juli Antoni, dikabarkan menjadi salah satu nama yang diusulkan Jokowi untuk masuk dalam kabinet Prabowo. Juli saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang. Majalah Tempo pada Ahad, 6 Oktober 2024 menyebutkan, Juli dikabarkan akan menduduki posisi sebagai Menteri Kehutanan di periode Prabowo mendatang.

10. Pratikno

Menteri Sekretaris Negara Pratikno juga disodorkan Jokowi agar tetap berada di pemerintahan mendatang. Pratikno adalah operator atau tangan kanan Jokowi. Ia diduga terlibat dalam berbagai manuver politik Jokowi. Mantan Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) itu diperkirakan bakal menjabat sebagai Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia.

11. Budi Arie Setiadi

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Budi Arie Setiadi, disebutkan menjadi salah satu calon menteri di Kabinet Prabowo, atas usul Jokowi. Ketua Umum kelompok relawan Pro Jokowi atau Projo itu dikabarkan akan menjadi Menteri Desa.

Budi adalah loyalis Jokowi yang membantu pemenangannya dalam pemilihan presiden pada 2014 dan 2019. Dia juga membantu kampanye Prabowo yang berpasangan dengan putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, dalam Pilpres 2024.

12. Listyo Sigit Prabowo

Nama terakhir yang dikabarkan diusulkan Jokowi untuk menjadi menteri Prabowo adalah Listyo Sigit Prabowo. Selain posisi di kabinet, Jokowi juga disebut mengajukan Listyo Sigit Prabowo untuk tetap menjabat sebagai Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia atau Kapolri.

Hendrik Khoirul Muhid, Septia Ryanthie, Nandito Putra, Ni Kadek Trisna, Daniel A. Fajri berkontribusi dalam penulisan artikel ini.

Pilihan editor: Indef Nilai Program Bansos dan Kartu Prakerja Tak Optimal

Leave a comment