Informasi Terpercaya Masa Kini

iPhone 16 Pro Max Dibakar dan Dibengkokkan, Hasilnya?

0 3

KOMPAS.com – Apple merilis iPhone 16 series pada 9 September 2024 lalu. Ada empat model yang dirilis, yaitu iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan model tertingginya, iPhone 16 Pro Max.

Sama seperti iPhone 15 Pro Max, iPhone 16 Pro Max masih menggunakan bingkai titanium di setiap sisi ponsel.

Di iPhone 16 Pro Max, Apple melapisi perangkat anyar itu dengan titanium Grade 5. Titanium jenis ini diklaim sebagai salah satu yang cukup tangguh dari semua jenis logam. Bukan cuma tangguh, titanium ini juga membuat iPhone 16 Pro Max cukup ringan digenggam.

Baca juga: iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max Dirilis, Punya Layar Terbesar dan Chip A18 Pro

Untuk menguji ketangguhan iPhone 16 Pro yang baru, Zack Nelson. Youtuber dari kanal “JerryRigEverything” melakukan durability test, atau tes ketangguhan.

Youtuber yang memang kerap membuat konten durability test ini “menyiksa” iPhone 16 Pro Max dengan menggores, membakar, hingga membengkokkannya dengan tangan kosong.

“Penyiksaan” iPhone 16 Pro Max ini cukup menarik. Sebab, pendahulunya, iPhone 15 Pro Max gagal lolos durability test Nelson, meskipunn sama-sama memiliki bingkai titanium.

Tahun lalu, iPhone 15 Pro Max mengeluarkan bunyi retak, saat dibengkokkan dengan tangan kosong.

Baca juga: iPhone 15 Pro Max Retak Saat Dibengkokkan dengan Tangan Kosong

Lantas, apakah iPhone 16 Pro Max kali ini lolos uji ketangguhan?

Uji gores

Bagian pertama yang menjadi sasaran durability test Nelson adalah tombol Control Camera, fitur baru iPhone 16 series. Tombol yang berfungsi memudahkan fotografi mobile ini dilapisi kristal safir.

Nelson tampak menggores tombol tersebut dengan alat dengan ujung tajam, yang memiliki tingkat ketajaman berbeda. Semakin tinggi angkanya, ujungnya semakin runcing.

Nah, di sesi ini, goresan mulai terlihat di alat kelima. Artinya, goresan muncul pada skala lima. Goresan semakin agak menebal pada skala tujuh hingga delapan.

Beralih ke bagian layar. Kali ini, Nelson menggunakan alat yang sama, seperti yang digunakan untuk menggores Control Camera. Ia memberikan skala angka 1-9 dari ujung kanan atas hingga bawah layar yang kini dilindung Ceramic Shield generasi baru itu.

“Mereka mengeklaim bahwa Ceramic Shield tahun ini (di iPhone 16 Pro Max) 50 persen lebih kuat dibanding generasi pertama, dan dua kali lebih tangguh dibanding layar smartphone lain. Tapi, nyatanya masih tergores di level 6 yang semakin menebal di level 7,” kata Neslon.

“Penyiksaan” berlanjut ke bagian kamea selfie, earpiece, dan semua sisi bingkai yang dilapisi titanium Grade 5. Semuanya bagian digores menggunakan cutter.

Baca juga: Hasil Jepretan Kamera iPhone 16 Pro Max, Juara Harapan 1 Versi DxOMark

Dalam sekali gores, tampak permukaan bingkai titanium itu mengelupas cukup dalam. Bahkan, tombol Control Camera berlapis kristal safir yang aman dari siksaan di awal, kini tergores cukup mudah dengan cutter.

Nelson juga menggores bagian punggung bertesktur matte yang lembut. Logo ikonik iPhone di bagian punggung juga tak luput dari goresan cutter. Begitu pula trio kamera “boba” di sisi atas kiri punggung.

Tampaknya, tidak ada goresan yang mencolok pada bagian punggung. Ini sangat berbeda dengan nasib iPhone 15 Pro Max tahun lalu yang mendapat goresan cukup parah di sisi belakang.

Uji bakar dan bengkok

Kembali lagi ke bagian layar, namun kali ini Nelson membakar sisi depan itu.

“Ini adalah layar dengan panel OLED, yang normalnya suhu panas akan membuat piksel memutih. Tetapi, tidak ada reaksi apapun terhadap panas ini,” kata Nelson.

Terakhir, Nelson membengkokkan iPhone 16 Pro Max dengan tangan kosong. Hasilnya, tak terdengar suara retakan sebagaimana iPhone 15 Pro Max tahun lalu.

“Beruntung bagi Apple, meskipun porsi bingkai titanium terpangkas karena Camera Control, iPhone 16 Pro Max tidak retak sama sekali. Tidak ada suara derit atau bengkok kali ini. Jauh lebih baik dibanding tahun lalu. Jempol buat Apple,” kata Nelson.

“iPhone 16 Pro Max lolos tes ketangguhan saya,”pungkasnya sambil memberikan gestor jempol.

Baca juga: iPhone 16 Pro Sultan Dijual Rp 163 Juta, Apa Istimewanya?

Video durability test iPhone 16 Pro Max Jerry Rig Everyhting bisa disimak di bawah ini.

Leave a comment