Informasi Terpercaya Masa Kini

Paus Fransiskus Umumkan 21 Kardinal Baru Seluruh Dunia, Ada 1 dari Indonesia

0 3

VATICAN CITY, KOMPAS.com – Usai doa Angelus (doa Malaikat Tuhan) di halaman Basilika Santo Petrus Vatikan pada Minggu (6/10/2024), Paus Fransiskus mengumumkan pembentukan 21 kardinal baru dari perwakilan seluruh dunia.

Dari jumlah itu, ada satu uskup Indonesia yang diangkat oleh Paus Fransiskus untuk menjadi kardinal. Dia adalah Uskup Keuskupan Bogor Mgr. Paskalis Bruno Syukur, OFM.

Dikutip dari Vatican News, Paus Fransiskus bakal mengadakan Konsistori (pertemuan Dewan Kardinal Gereja Katolik Roma) untuk pembentukan kardinal baru pada 8 Desember 2024 di Vatikan.

Baca juga: Paus Fransiskus ke Para Pemuda: Jangan Takut Ambil Risiko, Buat Kesalahan Itu Wajar asal Akui dan Mulai Coba Lagi

Konsistori yang akan diadakan dengan perwakilan dari seluruh dunia, bakal diadakan sebelum pembukaan Yubileum Harapan 2025 dan setelah penutupan Sesi Kedua Sinode tentang Sinodalitas di Vatikan.

Konsistori terbaru Paus Fransiskus untuk pembentukan kardinal baru telah diadakan sebelum Sesi Pertama Sinode tentang Sinodalitas pada 30 September 2023.

Bapa Suci menunjukkan bahwa para Kardinal terpilih berasal dari seluruh dunia.

“Asal-usul mereka, mengungkapkan universalitas gereja, yang terus mewartakan kasih Allah yang penuh belas kasih kepada semua orang di bumi,” kata Paus Fransiskus.

“Keikutsertaan mereka dalam Keuskupan Roma juga menunjukkan ikatan yang tak terpisahkan antara Takhta Petrus dan Gereja-gereja partikular yang tersebar di seluruh dunia,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia meminta umat beriman untuk berdoa bagi para kardinal di masa mendatang.

“Marilah kita berdoa bagi para kardinal yang baru, agar dengan meneguhkan kepatuhan mereka kepada Kristus, Imam Besar yang penuh belas kasih dan setia, mereka dapat membantu saya dalam pelayanan saya sebagai Uskup Roma demi kebaikan semua umat kudus Allah,” jelas Bapa Suci.

Baca juga: Ini Kritik Paus Fransiskus untuk Kamala Harris dan Donald Trump

Dengan Konsistori yang akan datang, menurut data dari Vatikan, Dewan Kardinal akan bertambah menjadi 256 Kardinal, 141 di antaranya akan menjadi Kardinal elektor.

Leave a comment