Informasi Terpercaya Masa Kini

MAN UNITED: Nasib Erik ten Hag Ditentukan oleh Dua Laga Ini

0 2

TRIBUNJOGJA.COM – Nasib Erik ten Hag bisa ditentukan oleh hasil pertandingan Liga Europa melawan Porto dan Liga Inggris melawan Aston Villa.

Erik ten Hag akan tetap dipertahankan sebagai pelatih Manchester United setidaknya untuk dua pertandingan berikutnya, menurut talkSPORT.

Petinggi Setan Merah belum berencana membuat perubahan mendadak di ruang ganti setelah kekalahan 3-0 di kandang sendiri oleh Tottenham pada Minggu.

Namun pelatih asal Belanda itu berada di bawah tekanan yang meningkat menjelang pertandingan tandang berturut-turut melawan Porto dan Aston Villa, sebelum jeda internasional Oktober.

Jika MU benar-benar memutuskan untuk mengganti Ten Hag setelah menjajaki opsi alternatif di musim panas, pengambil keputusan utama di lapangan klub, INEOS, dikenal sebagai pengagum Gareth Southgate dan Graham Potter.

Kedua pelatih itu saat ini menganggur, setelah Southgate mengundurkan diri sebagai pelatih Inggris menyusul kekalahan di final Euro 2024 melawan Spanyol.

Sementara itu Potter telah menganggur selama hampir 18 bulan setelah dipecat oleh Chelsea pada April 2023.

Ten Hag nyaris dipecat dari Old Trafford pada akhir musim lalu, namun mantan bos Ajax itu berhasil membimbing United meraih kemenangan di Piala FA atas Manchester City .

Itu adalah musim kedua berturut-turut di mana ia mempersembahkan trofi bagi klub, yang menang di final Piala Carabao melawan Newcastle.

Setelah finis di posisi kedelapan klasemen musim lalu, para penggemar mengharapkan awal yang lebih baik untuk musim ini, terutama setelah menghabiskan hampir £200 juta untuk pemain baru di musim panas.

MU merupakan klub yang paling banyak menghabiskan uang di Eropa pada bursa transfer musim panas lalu, setelah mendatangkan Leny Yoro [£52 juta], Manuel Ugarte [£51 juta], Matthijs de Ligt [£43 juta], Joshua Zirkzee [£36 juta], Noussair Mazraoui [£15 juta], dan Sekou Kone [£1 juta].

Namun Manchester United tetap tidak konsisten di bawah asuhan Ten Hag, dan klub tersebut mendekam di posisi ke-12.

Dari enam pertandingan mereka di liga utama, mereka kalah setengahnya, dengan Brighton dan Liverpool juga mengalahkan United.

Mereka hanya meraih dua kemenangan, yakni melawan Fulham dan Southampton, serta imbang melawan Crystal Palace.

MU dan Ten Hag juga dicerca menyusul hasil imbang yang menyedihkan pada pertandingan pembuka Liga Europa di kandang sendiri melawan klub Belanda FC Twente minggu lalu.

Namun, kekalahan mereka atas Spurs terbukti menjadi titik puncak bagi banyak penggemar United, karena tuan rumah harus bermain dengan sepuluh pemain menyusul sikap pemarah Bruno Fernandes .

Hebatnya, sejak Ten Hag menggantikan bos sementara Ralf Rangnick pada tahun 2022, ia telah kebobolan tiga gol atau lebih dalam 25 pertandingan terpisah.

MU kini telah kalah delapan kali dari 20 pertandingan kandang terakhirnya, dan gagal mencetak gol di babak pertama sebanyak lima kali musim ini, yang berarti lebih banyak daripada tim Liga Inggris lainnya.

Secara total, mereka hanya mencetak lima gol, yang merupakan jumlah paling sedikit dari enam pertandingan sejak musim 2007/08, musim yang sama ketika mereka memenangkan Liga Inggris dan Liga Champions.

Dan meski sudah tertinggal delapan poin di belakang pemuncak klasemen Liverpool dengan selisih gol minus tiga, Ten Hag menekankan bahwa ia dan para pemainnya perlu diberi lebih banyak waktu.

“Kami semua membuat keputusan di musim panas untuk tetap bersama, sebagai kepemilikan, kelompok kepemimpinan,” katanya.

“Kami juga membuat keputusan berdasarkan tinjauan yang jelas tentang apa yang harus kami tingkatkan dan bagaimana kami ingin membangun skuad.

“Tetapi kami tahu itu akan memakan waktu, bagaimana bursa transfer berjalan, beberapa pemain datang terlambat seperti Ugarte.

“Kami juga harus melakukan beberapa perbaikan dalam organisasi (yang menyeluruh), kami masih memiliki beberapa pemain yang cedera, kami membutuhkan waktu.

“Kita semua berada di satu tujuan atau satu perahu bersama, baik pemilik, staf, maupun para pemain. Saya tidak punya kekhawatiran itu.”

Leave a comment