Informasi Terpercaya Masa Kini

Situasi Memanas, AS Keluarkan Ancaman Keras Jika Iran Lakukan Serangan Militer ke Israel

0 3

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON – Menteri Pertahanan Amerika Serikat Llyod Austin menyatakan telah berbicara dengan Menhan Israel Yoav Gallant mengenai situasi keamanan dan operasi Israel. AS menegaskan dukungannya untuk Israel.

“Saya tegaskan bahwa Amerika Serikat mendukung hak Israel untuk membela diri. Kami sepakat tentang perlunya membongkar infrastruktur serangan di sepanjang perbatasan untuk memastikan bahwa Hizbullah Lebanon tidak dapat melancarkan serangan seperti pada 7 Oktober terhadap komunitas Israel di utara,” kata Austin pada media sosial X, Senin (1/10/2024).

Pembicaraan tersebut dilakukan melalui sambungan telepon setelah militer Israel mengatakan melakukan “serangan darat terbatas, terlokalisasi, dan ditargetkan berdasarkan intelijen yang tepat” terhadap Hizbullah di desa-desa di Lebanon selatan dekat perbatasan.

Israel menilai infrastruktur serangan Hizbullah di perbatasan dapat menimbulkan “ancaman langsung terhadap komunitas Israel di Israel utara.” Meski demikian, Austin menegaskan kembali bahwa resolusi diplomatik diperlukan untuk memastikan bahwa warga sipil dapat kembali dengan selamat ke rumah mereka di kedua sisi perbatasan.

Dia juga menegaskan bahwa AS “berada dalam posisi yang tepat untuk membela personel, mitra, dan sekutu AS dalam menghadapi ancaman dari Iran dan organisasi teroris yang didukung Iran, dan bertekad untuk mencegah aktor mana pun mengeksploitasi ketegangan atau memperluas konflik.”

“Saya tegaskan kembali konsekuensi serius bagi Iran jika Iran memilih melancarkan serangan militer langsung terhadap Israel,” ujarnya.

Leave a comment