Informasi Terpercaya Masa Kini

Hands-on Realme 13 Pro Plus 5G, HP dengan Baterai Besar tapi Enteng

0 3

KOMPAS.com – Realme 13 Pro Plus 5G resmi rilis di Indonesia pada pertengahan September lalu, bersama Realme 13 Pro. 

Realme 13 Pro Plus 5G mengunggulkan aspek kamera dengan mengusung sistem kamera yang disebut Hyperimage Plus.

Sistem ini memadukan tiga hal, meliputi optik yang canggih, algoritma pemrosesan gambar berbasis kecerdasan buatan yang dikembangkan Realme atau disebut Next AI, hingga pengeditan gambar berbasis AI dan cloud. 

Berkat dukungan itu, Realme mengeklaim smartphone ini menawarkan kualitas fotografi unggulan bagi pengguna.

Selain aspek kamera, Realme 13 Pro Plus 5G juga mengunggulkan aspek desain yang membuat smartphone terlihat elegan dan premium saat digenggam, karena memakai material kulit sintetis.

Di Indonesia, Realme 13 Pro Plus 5G dirilis dalam dua opsi RAM dan storage, yaitu 8/256 GB dan 12/512 GB. Warnanya hadir dalam dua opsi yaitu Monet Gold dan Emerald Green. 

Tim KompasTekno berkesempatan menjajal Realme 13 Pro Plus 5G dengan RAM 12/512 GB, varian warna Emerald Green. Berikut pengalaman kami menjajal smartphone ini.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Realme 13 Pro Plus 5G di Indonesia

Bodi enteng, ramping dan elegan

Kesan pertama saat tim KompasTekno menggenggam Realme 13 Pro Plus 5G adalah bodinya yang ramping dan bobotnya yang begitu enteng. Padahal smartphone ini mengusung baterai yang cukup besar, yaitu 5.200 mAh.

Di atas kertas, smartphone ini memiliki dimensi panjang 161,34 mm x lebar 73,91 mm x ketebalan 8,41 mm. Bobotnya sekitar 185,5 gram.

Bila dibandingkan dengan smartphone lain berbaterai 5.000 mAh, bobot Realme 13 Pro Plus 5G terhitung lebih ringan. Misalnya dibanding pendahulunya, Realme 12 Pro Plus 5G yang juga rilis di Indonesia pada tahun lalu, memiliki panjang 161,47 mm x lebar 74,02 mm x ketebalan 8,75 mm. Bobotnya sekitar 196 gram. 

Jadi, selain lebih ringan, sebagai suksesor, Realme 13 Pro Plus 5G juga menawarkan baterai yang lebih besar.

Beralih ke layarnya, tampilannya terlihat luas karena mengusung layar bertepi melengkung dan bezel yang tipis. Spesifikasi layarnya meliputi panel AMOLED 6,7 inci, resolusi Full HD Plus, refresh rate 120 Hz, touch samping rate 240 Hz dan kecerahan puncak 2.000 nits.

Layar smartphone ini juga dibekali punch hole kecil untuk menampung kamera depannya yang memiliki resolusi 32 MP.

Berkat berbagai dukungan tersebut, layar Realme 13 Pro Plus 5G terasa nyaman saat dioperasikan. Proses navigasinya juga terasa mulus ketika scrolling aneka menu, mengoperasikan kamera, melihat-lihat hasil foto di galeri dan lain sebagainya.

Beralih ke punggungnya, Realme 13 Pro Plus 5G varian warna Emerald Green dilengkapi penampang dengan material kulit sintetis yang terasa cukup halus dan diklaim tidak mudah kotor. Berkat dukungan bahan tersebut, pengalaman saat menggenggam smartphone ini terasa nyaman karena tidak licin.

Punggung smartphone ini juga dilengkapi dengan modul kamera bulat berukuran besar, sebagaimana desain khas Realme number series generasi sebelumnya termasuk Realme 12 Pro Plus maupun Realme 11 Pro Plus.

Baca juga: Realme P2 Pro Meluncur, Spesifikasi Serba Naik Kelas

Menurut Realme, desain modul kamera itu terinspirasi dari jam tangan mewah dengan 436 garis logam yang menghiasi tekstur bingkai modul.

Perbedaannya dengan pendahulunya yaitu adanya keterangan teks “Hyperimage+” pada modul kamera serta hilangnya garis vertikal yang biasa membentang di tengah punggung Realme number series. Walhasil, punggung smartphone ini terlihat lebih kalem.

Selain itu, modul kamera Realme 13 Pro Plus 5G varian Emerald Green juga didesain berwarna senada dengan penampangnya, sehingga menambah kesan elegan pada smartphone. 

Sementara bingkai modulnya memiliki kelir emas, sebagaimana bingkai bodi ponsel. Nah, perpaduan warna hijau emerald dengan emas ini membuat penampilan smartphone tampak premium dan elegan.

Realme 13 Pro Plus 5G juga dilengkapi tombol daya dan volume, disusun sebaris di sisi kanan ponsel. Tombolnya didesain berwarna emas, agar senada dengan bingkai perangkat.

Tersedia pula slot kartu nano-SIM ganda di bawah bodi ponsel, sejajar dengan mikrofon, port USB-C serta speaker. Adapun bagian atas ponsel dilengkapi dengan mikrofon dan speaker yang ukuran lubangnya lebih kecil dibanding speaker di bagian bawah perangkat.

Realme 13 Pro Plus 5G tidak menyediakan slot microSD maupun colokan audio 3,5mm.  Jadi pengguna perlu memakai alternatif lain, seperti layanan cloud untuk memperluas storage atau memakai earbud dengan port USB-C maupun nirkabel untuk mendengarkan audio selain lewat speaker. 

Baca juga: Samsung Bundling Galaxy A55 5G dengan Headphone Gaming dan Skin MLBB Gratis

Lengkap dengan softcase dan charger

Seperti Realme number series sebelumnya Realme 13 Pro Plus 5G dikemas dalam kotak kuning dengan teks penamaan model ponsel berkelir hitam. Kotak kemasannya juga dilengkapi dengan keterangan AI berkelir biru sebagaimana logo Next AI Realme.

Selain itu, Realme juga menyertakan beberapa spesifikasi kunci Realme 13 Pro Plus 5G di punggung boks smartphone, seperti soal resolusi kamera, refresh rate layar, chipset hingga kapasitas baterai dan daya yang didukung fast charging-nya.

Tersedia pula stiker yang menyantumkan nomor IMEI perangkat, keterangan RAM/ROM ponsel, jaringan yang didukung, warna, hingga rincian perusahaan yang memproduksi perangkat.

Secara fisik, kotak kemasannya masih terbilang tebal karena menampung aneka aksesori. Isi kotak smartphone ini meliputi unit Realme 13 Pro Plus 5G, lembar panduan singkat, kartu garansi, SIM ejector, kabel USB-C, adapter charger 80 watt, serta softcase.

Aksesori yang menyertai smartphone ini masih terhitung lengkap, mengingat beberapa vendor ponsel kini memangkas sejumlah aksesori, seperti adapter charger hingga softcase.

Softcase Realme 13 Pro Plus 5G memiliki kelir abu tua. Desain punggung softcase-nya dibuat seperti penampang ponsel alias seperti tekstur kulit. Jadi pengalaman menggenggamnya terasa mirip. 

Akan tetapi menurut tim KompasTekno, bila aksesori ini dipasangkan ke ponsel, tampilannya jadi terlihat kurang estetik karena perpaduan warna abu tua dengan hijau emerald serta emas yang tampak kontras. Namun aspek ini kembali ke preferensi masing-masing pengguna, karena tidak mengganggu fungsi ponsel.

Kelebihannya bila softcase dipasang, bodi ponsel akan lebih terlindungi dari goresan, guncangan dan lain sebagainya. 

Aksesori lainnya yaitu adapter charger 80 watt. Bodi aksesori untuk mengisi ulang daya Realme 13 Pro Plus 5G ini terbilang besar. Ukurannya sama dengan adapter charger 120 watt yang melengkapi Realme GT6.

Namun karena kapasitas baterainya yang besar 5.200 mAh, pengguna mungkin tidak perlu selalu membawa aksesori ini saat melakukan mobilitas sehari-hari.

Menurut Realme, adapter charger ini bisa mengisi daya Realme 13 Pro Plus 5G dari 0 sampai 50 persen dalam 19 menit dan sampai 100 persen dalam durasi pengisian ulang 49 menit.

Baca juga: Sudut-sudut Kota Milan dan Stadion San Siro dalam Bidikan Kamera Realme GT 6

Punya tiga kamera belakang

Tim KompasTekno juga sempat menjajal kebolehan kamera Realme 13 Pro Plus 5G. Smartphone ini dibekali tiga kamera belakang, meliputi kamera utama 50 MP dengan fitur stabilisasi OIS, kamera telefoto periskop 50 MP dengan OIS dan zoom optis 3x, serta kamera ultrawide 8 MP.

Realme melengkapi konfigurasi kamera ini dengan sistem kamera yang disebut Hyperimage Plus. Realme sesumbar sistem ini menggabungkan berbagai hal termasuk optik kelas flagship, algoritma pencitraan AI di perangkat serta pengeditan gambar AI berbasis cloud.

Berdasarkan pengalaman singkat tim KompasTekno menjajal kamera Realme 13 Pro Plus 5G, hasil fotonya terlihat cukup bagus karena detailnya yang tajam di berbagai kondisi pencahayaan termasuk malam hari, hingga kontras warnanya yang jelas.

Berkat dukungan kamera telefotonya, objek yang jaraknya jauh juga bisa ditangkap dengan baik dan detail. Contoh fotonya bisa dilihat sebagai berikut.

Tidak hanya kamera belakangnya, kamera depannya juga bisa diandalkan. Setiap detailnya bisa ditangkap kamera Realme 13 Pro Plus 5G dengan baik. 

Pengaturan default kamera depan smartphone ini, mengaktifkan efek beauty yang didukung AI. Menariknya efek beauty yang dihasilkan tidak begitu berlebihan dan masih bisa dikompromikan. Hasil foto kamera depan Realme 13 Pro Plus 5G bisa dilihat di bawah ini.

Realme 13 Pro Plus 5G juga dilengkapi dengan dukungan Next AI, salah satunya fitur AI Smart Removal yang bisa menghapus obyek tertentu dari foto. Fitur ini awalnya debut lewat Realme GT6 yang rilis pada Juni 2024 lalu, termausk di Indonesia.

Tim KompasTekno pun sempat menjajal AI Smart Removal di Realme 13 Pro Plus 5G untuk menghapus obyek yang tidak diinginkan pada foto bunga dengan background pagar di bawah ini. 

Namun karena komposisinya yang cukup rumit, AI pada smartphone ini tampak kesulitan menambal obyek yang dihapus. Tampilan pagar malah menjadi kurang simetris. Kendati begitu, fitur ini cukup mampu menyamarkan obyek yang tidak diharapkan ada di foto.

Pada foto lainnya, fitur ini mampu menambal obyek yang dihapus dengan menambahkan obyek lainnya. Hasilnya terlihat cukup baik, walaupun ketika fotonya diperbesar, terlihat sambungan obyek yang cukup janggal, termasuk tekstur karpet playground yang berbeda.

Dengan berbagai fitur dan desain yang sudah dijabarkan di atas, Realme 13 Pro Plus 5G RAM 12/512 GB dibanderol seharga Rp 6.999.000. Spesifikasi lengkap smartphone ini bisa Anda simak pada tautan berikut. 

Leave a comment