Informasi Terpercaya Masa Kini

2 Cara Memilih Daging Sapi yang Bagus, Tips dari Penjual

0 3

JAKARTA, KOMPAS.com –  Selain dari teknik memasak, kualitas daging sapi yg dipakai juga berperan besar dalam menentukan rasa makanan.

Menurut owner pemasok daging, ToMeat, Ivana Fitria Liwa, kualitas daging sapi yang bagus biasanya akan diketahui seiring pengalaman seseorang berkutat dengan daging.

Meksipun begitu, kamu tetap bisa memilih daging sapi yang bagus dengan cara melihat ciri fisiknya. Simak cara memilih daging sapi yang bagus ala owner ToMeat berikut.

Baca juga:

  • Mengapa Harga Daging Sapi Berbeda-beda?
  • Daging Sapi Lokal Tidak Bisa Diolah Jadi Steak, Apa Benar?

Tips memilih daging sapi yang bagus 1.Tidak berbau busuk

Menurut Ivana, daging sapi yang bagus tidak menguarkan aroma busuk, melainkan bau segar khas daging.

“Daging (sapi) pasti ada baunya, cuma baunya tidak busuk,” kata Ivana di dapur My Foodplace, Kompas Gramedia, Jakarta Pusat, Jumat (28/6/2024).

Baca juga:

  • Perhatikan 3 Ciri Daging Sapi Segar Sebelum Beli, Tips dari Koki
  • 2 Ciri Daging Sapi Tidak Layak Konsumsi, Warnanya Hijau Kehitaman

2. Warna tidak hitam

Selain dari aroma, cara memilih daging sapi yang benar bisa dilihat dari warna daging. Daging yang bagus tampak berwarna merah segar dan tidak berwarna gelap.

“Warnanya tidak hitam, biasanya kalau daging yang berwarna hitam itu sudah teroksidasi,” katanya.

Ia menambahkan, daging sapi yang teroksidasi biasanya terjadi karena dua hal. Pertama karena cara mengemasnya yang salah, atau daging sudah disimpan terlalu lama.

Daging yang disimpan di dalam freezer terlalu lama, dan sudah mengalami perbedaan suhu saat membuka dan menutup kulkas, berpotensi teroksidasi.

Umumnya, hal ini bisa terjadi pada daging yang kerap ditemui di pusat-pusat perbelanjaan.

Kata Ivana, ciri daging berwarna hitam ini pengecualian untuk daging sapi asal India. Pasalnya, daging sapi asal India memang akan berubah warna menjadi gelap, tetapi bukan menandakan perubahan menjadi busuk.

 

“Daging sapi (asal) India lebih cepat hitam dibanding daging sapi (biasa), makanya kalau daging sapi India jarang disarankan untuk divakum, tapi ini tidak busuk, memang tipe dagingnya seperti itu,” jelasnya.

Baca juga:

  • 3 Cara Memilih Daging Sapi Berkualitas, Perhatikan Warna dan Aroma
  • Beda Cara Masak Daging Sapi Berdasarkan Potongannya agar Empuk
Leave a comment