Informasi Terpercaya Masa Kini

HP Umumkan Lini Laptop AI Seri OmniBook dan EliteBook Terbaru

0 9

PALO ALTO, KOMPAS.com – Perusahaan produsen komputer HP Inc. memamerkan jajaran produknya yang telah dilengkapi fitur kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Produk-produk tersebut termasuk PC AI seri Omnibook dan EliteBook generasi terbaru. Semuanya dirancang untuk mentransformasi masa depan pekerjaan.

“Dengan portofolio kami yang telah disempurnakan dengan AI, kami akan membuka tingkat produktivitas dan personalisasi yang lebih tinggi lagi karena AI melakukan lebih dari sekadar merampingkan tugas,” ujar Enrique Lores, Presiden dan CEO HP Inc.

“Oleh karena itu, AI menciptakan pengalaman kerja yang lebih menarik yang disesuaikan dengan individu,” lanjut Enrique di kantor pusat HP Inc. di Palo Alto, Selasa (24/9/2024).

Produk baru ini diumumkan pada acara tahunan HP Imagine 2024 di Palo Alto, San Francisco, AS. Acara, yang dihadiri langsung jurnalis KOMPAS.com Reska Nistanto, ini digunakan HP Inc. untuk mengumumkan inovasi-inovasi terbaru perusahaan.

Tahun ini, HP memamerkan jajaran produknya yang telah dilengkapi fitur kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Baca juga: Di Jakarta, CEO HP Buka-bukaan soal Laptop Bertenaga AI

Berikut adalah sejumlah produk AI PC yang dirilis HP Inc.:

Laptop 2-in-1 HP OmniBook Ultra Flip 14 Inci

Didesain untuk para pekerja lepas dan kreator, HP OmniBook Ultra Flip 14 inci Next-Gen AI PC adalah laptop 2-in-1 AI PC generasi terbaru dari HP, yang menawarkan gaya, kinerja, dan fleksibilitas tanpa kompromi bagi mereka yang mencari pengalaman kreasi AI yang sempurna.

Laptop yang layarnya bisa dilipat 360 derajat ini memiliki bentuk yang tipis dan memberikan kemampuan untuk membuat, mengedit, dan membuat sketsa. Pengguna bisa dengan mudah beralih antara mode laptop, tablet, dan tent.

OmniBook Ultra Flip 14 inci memiliki layar OLED 2.880 x 1.800 dengan refresh rate maksimum 120 Hz, rasio bodi-ke-layar 90 persen. Laptop ini hanya setebal 15 mm dan beratnya 1,35 kg.

OmniBook Ultra Flip 14 inci dirilis dengan penyimpanan mulai 512 GB, dengan opsi 1 TB dan 2 TB.

Memori RAM 16 GB menjadi standarnya, tetapi terdapat versi yang lebih mahal dengan spesifikasi RAM menjadi 32 GB. Laptop 2-in-1 ini memanfaatkan prosesor Intel Core Ultra (Seri 2) dengan mesin AI khusus, memberikan daya tahan baterai hingga 20 jam (pemutaran video lokal).

Daya tahan baterainya didukung pengisian cepat USB-C 65W yang dapat mengisi daya sekitar 50 persen dalam 45 menit.

Baca juga: HP Hapus Lini Laptop Spectre, Pavilion, dan Envy

Omnibook X 14 inci

Laptop 14 inci ini memiliki desain yang sederhana namun didukung prosesor kuat Qualcomm Snapdragon Qualcomm, daya tahan baterai, bentuk yang ramping, dan NPU yang terintegrasi.

HP OmniBook X 14 adalah laptop dengan layar sentuh IPS LCD 60Hz 14 inci (2240 x 1400). OmniBook X 14 menawarkan pilihan antara dua prosesor Snapdragon ARM: Snapdragon X Elite X1E-78-100 dengan 12-core dan Snapdragon X Plus X1P-42-100 dengan 8-core.

Kedua prosesor ini memiliki kecepatan clock hingga 3,4 GHz dan terintegrasi dengan Qualcomm Hexagon Neural Processing Unit (NPU), yang mampu melakukan 45 TOPS untuk aplikasi pembelajaran mesin lokal.

Laptop ini memiliki GPU Qualcomm Adreno, RAM 16 GB LPDDR5X, dan penyimpanan 1 TB M.2 2280 PCIe 4.0, serta webcam 5 megapiksel, Wi-Fi 7, dan konektivitas Bluetooth 5.4.

Konfigurasi memori berkisar dari 16 GB hingga 32 GB RAM LPDDR5x, yang berjalan pada 8448 MT/s, sementara penyimpanan PCIe Gen4 bervariasi dari 512 GB hingga 2 TB.

Baca juga: CEO HP: Pasar PC Global Membaik, Indonesia Harus Tumbuh

HP EliteBook X 14 inci

Laptop HP EliteBook X 14 inci Next-Gen AI PC mengunggulkan kekuatan dan kinerja, sehingga para pekerja dapat memprioritaskan apa yang mereka sukai sementara AI menangani sisanya.

Sebagai EliteBook X pertama dalam jajaran PC Komersial HP, EliteBook X 14 inci menggunakan arsitektur memori RAM LPDDR5x 64 GB 8000 Mbps untuk pemrosesan AI berkecepatan tinggi.

PC ini juga menggunakan prosesor AMD Ryzen PRO generasi terbaru yang memungkinkan kinerja NPU hingga 55 TOPS untuk beban kerja yang berat.

Sistem HP Smart Sense yang dipasangkan dengan Thermal Design Power (TDP) 40W dan kipas turbo ganda membuat laptop ini memberikan respons yang cepat, dingin, dan senyap.

Baca juga: Intel Luncurkan Lunar Lake Core Ultra 200V, Prosesor Irit untuk AI PC

HP EliteBook Ultra G1q series

Seri EliteBook Ultra G1q tersedia dalam dua konfigurasi utama, yang dibedakan berdasarkan prosesornya. Seri G1q8 memiliki prosesor Snapdragon X Plus 8-core, sedangkan G1q memiliki prosesor Snapdragon X Elite 12-core.

Kedua model ini memanfaatkan GPU Adreno terintegrasi dari Qualcomm untuk pemrosesan grafis dan hadir dengan RAM LPDDR5x hingga 32GB dan penyimpanan PCIe NVMe maksimum 1TB.

Laptop ini memiliki daya tahan baterai sepanjang hari dan sangat ringan. Model 8-core dan model 12-core diklaim memiliki daya tahan baterai hingga 26 jam, dan keduanya mendukung HP Fast Charge, memungkinkan laptop mengisi daya 50 persen dalam 30 menit.

Seri EliteBook Ultra G1q mengemas NPU yang mampu mencapai 45 TOPS (Trillion Operations Per Second); membantu meningkatkan kinerja dan mengurangi konsumsi baterai Copilot dan fungsionalitas bertenaga AI lainnya.

Teknologi Poly Camera Pro dari HP memungkinkan pengalaman panggilan video yang lebih baik dengan fitur-fitur seperti Auto Frame, Spotlight, dan latar belakang virtual, yang semuanya beroperasi secara langsung dengan NPU.

Laptop ini juga menyertakan langkah-langkah keamanan endpoint premium, seperti HP Wolf Pro Security, dan fitur Microsoft Secured Core PC untuk melindungi dari ancaman dan melindungi data sensitif.

Dengan merilis lini produk laptop dengan AI, President of Personal Systems di HP Inc., Alex Cho mengatakan perusahaan sangat ambisius dalam komitmennya untuk mengubah cara orang bekerja, mendorong pertumbuhan, memupuk kreativitas, dan mengeluarkan inovasi tanpa batas.

Baca juga: Cerita Microsoft Mendominasi OS Komputer, Berawal dari MS-DOS

Ketersediaan

Seri HP OmniBook Ultra Flip 14 Next-Gen AI PC sudah tersedia di HP.com dengan harga mulai dari 1.449 dollar AS (sekitar Rp 22 juta).

Sedangkan laptop HP OmniBoox X dan EliteBook X 14 inci Next-Gen AI PC diperkirakan akan tersedia di HP.com pada Desember.

Harga akan diumumkan mendekati waktu ketersediaan.

Baca juga: Nvidia Kritik AI PC, Sebut GPU Buatannya Lebih Bertenaga

Leave a comment