Informasi Terpercaya Masa Kini

Ini Alasan Apple Imbau Pengguna iPhone Tidak Menggunakan Peramban Selain Safari

0 10

TEMPO.CO, Jakarta – Apple mengimbau pengguna iPhone untuk memakai peramban atau browser Safari ketimbang peramban lainnya. Apple mengklaim bahwa Safari lebih privat dibanding browser lainnya. Hal ini disampaikan Apple lewat iklan dalam berbagai medium, termasuk video yang diunggah di saluran YouTube Apple.

Iklan tersebut menyindir browser lain soal privasi. Dalam iklan tersebut terlihat sejumlah kamera CCTV yang memantau aktivitas pengguna ketika “browsing” alias menelusur sesuatu di internet lewat browser di iPhone. Iklan ini terinspirasi dari film The Birds yang disutradarai oleh Alfred Hitchcock dan rilis pada 1963.

Di tengah-tengah iklan, muncul tulisan “Penelusuran Anda dipantau”. Namun, kamera CCTV tadi seketika hancur ketika pengguna memakai Safari, browser bikinan Apple. Sehingga pesan yang didapat dari iklan tersebut adalah bila pengguna tidak ingin dipantau secara online, pakailah Safari.

Dikutip dari laman resmi Apple, Safari menghadirkan opsi kustomisasi yang kuat, fitur perlindungan privasi yang kuat, dan mengoptimalkan daya tahan baterai sehingga dapat menjelajah sesuka hati, kapan pun Anda mau. Dan dalam hal kecepatan, Safari adalah peramban tercepat di dunia.

Selain itu safari juga tidak melawan pelacakan dengan pembelajaran mesin, menghapus pelacak unik dari URL di penjelajahan pribadi, menyembunyikan alamat IP Anda dari pelacak yang dikenal, mencegah ekstensi web melihat penjelajahan secara default, tidak membagikan data lokasi dengan mesin pencari, dan memblokir pelacak yang dikenal di penjelajahan pribadi.

Dalam segi keamanan Safari memberi tahu Anda saat menemukan situs web yang mencurigakan dan mencegahnya dimuat. Karena memuat setiap halaman web dalam proses terpisah, kode berbahaya apa pun selalu terbatas pada satu tab peramban sehingga tidak akan merusak seluruh aplikasi atau mengakses data Anda. Dan Safari secara otomatis meningkatkan situs dari HTTP ke HTTPS yang lebih aman jika tersedia.

Meskipun di perangkat yang berbeda, Safari tetap menyelaraskan kata sandi, penanda, riwayat, tab, dan lainnya di Mac, iPad, iPhone, dan Apple Watch. Saat perangkat Mac, iOS, atau iPadOS Anda berdekatan, perangkat tersebut dapat secara otomatis meneruskan apa yang Anda lakukan di Safari.

Dari satu perangkat ke perangkat lainnya menggunakan Handoff. Anda bahkan dapat menyalin gambar, video, atau teks dari Safari di iPhone atau iPad, lalu menempelkannya ke app lain di Mac terdekat atau sebaliknya.

Pilihan Editor: Mengenal Fitur Hide My Email dalam Safari untuk Pencarian Anonim

Leave a comment