Informasi Terpercaya Masa Kini

Singkirkan Apple, Xiaomi Jadi Pabrikan HP Terbesar Kedua di Dunia

0 3

Perusahaan riset Counterpoint Research melaporkan Xiaomi sukses mengalahkan Apple dan menjadi produsen smartphone terbesar kedua di dunia. Xiaomi berhasil menempati posisi kedua dalam volume penjualan global pada Agustus 2024, pertama kali sejak Agustus 2021.

Kesuksesan Xiaomi itu didukung oleh strategi Xiaomi yang lebih fokus pada produk flagship di berbagai segmen harga dan peningkatan penjualan serta pemasaran. Xiaomi juga terus memperluas pasar baru sekaligus memperkuat posisinya di pasar yang sudah ada, terutama di segmen entry-level hingga mid-tier yang terus menunjukkan performa baik.

Salah satu faktor utama pertumbuhan Xiaomi adalah promosi agresif di Amerika Latin, yang berhasil menyeimbangkan penurunan musiman di beberapa pasar utama. Selain itu, Xiaomi juga berhasil menembus segmen premium dengan perangkat lipat dan seri ‘Ultra’ mereka.

Di sisi lain, Apple mengalami penurunan musiman yang biasa terjadi menjelang peluncuran iPhone terbaru pada bulan September, yang memberi Xiaomi peluang untuk naik ke posisi kedua. Namun, Apple tetap menjadi pemain utama di pasar smartphone global dengan pangsa pasar yang besar seperti dikutip Gizmochina.

Pertumbuhan Xiaomi juga mencerminkan pemulihan ekonomi di banyak pasar utama mereka, terutama untuk perangkat di bawah USD 200. Peluncuran perangkat 5G dari seri Redmi 13 dan Note 13 juga berkontribusi besar terhadap peningkatan pangsa pasar Xiaomi di India, Amerika Latin, Asia Tenggara, serta Timur Tengah dan Afrika.

Pencapaian ini menunjukkan kemampuan Xiaomi untuk bersaing dengan perusahaan teknologi besar seperti Apple, sekaligus memperkuat posisinya di industri smartphone global. Xiaomi diperkirakan akan terus mempertahankan momentum pertumbuhannya dan memperluas jangkauan produk ke lebih banyak pasar di seluruh dunia.

Baca Juga: iPhone 17 Pro Series Bakal Pakai Chip 2nm Buatan TSMC Tahun Depan

Leave a comment