Informasi Terpercaya Masa Kini

7 Makanan Rendah Kalori dan 7 Menu Diet

0 2

TEMPO.CO, Jakarta – Mengonsumsi karbohidrat adalah penting untuk tetap berenergi, namun bagi Anda yang sedang dalam program diet, akan lebih baik memilih makanan rendah kalori untuk mencapai tujuan tersebut.

Ada beberapa makanan rendah kalori yang dapat Anda jadikan pilihan untuk menu diet. Berikut, dikutip dari Healthline:

1. Telur utuh

Telur menjadi salah satu menu makanan yang baik untuk penurunan berat badan karena mengandung banyak protein. Dan bagian yang paling bernutrisi adalah kuning telur yang mengandung kolinda dan vitamin D. sedangkan pada putih telur mengandung empat sampai enam protein. Hal ini yang membuat telur bisa memberikan rasa kenyang lebih lama jika konsumsi sebagai sarapan.

2. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti kangkung dan bayam memiliki beberapa khasiat yang sempurna untuk mencapai ataupun untuk mempertahankan berat badan yang sehat. Sayuran hijau mengandung tilakoid, yaitu senyawa yang dikaitkan dengan peningkatan rasa kenyang dan manajemen nafsu makan yang lebih baik.

3. Salmon

Ikan berlemak seperti salmon adalah salah satu olahan diet yang akan sangat memuaskan. Salmon kaya akan protein dan lemak sehat. Kombinasi ini akan membantu untuk mencapai berat badan yang lebih sehat. Selain salmon, ikan berlemak lainnya seperti sarden, tuna, dan makarel juga bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan nutrisi lemak yang sehat.

4. Umbi-umbian

Ubi jalar, lobak, dan umbi-umbian lainnya bisa menjadi salah satu pilihan menu diet. Umbi-umbian yang direbus dapat meningkatkan rasa kenyang secara alami. Apalagi jika dibiarkan beberapa saat setelah direbut, maka dapat meningkatkan pati resisten dalam jumlah tinggi yang berkaitan dengan penurunan berat badan.

5. Kacang dan polong-polongan

Kacang dan polong-polongan cenderung memiliki protein dan serat yang tinggi, di mana kedua nutrisi ini dapat memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga bisa bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Kamu bisa memasukkan kacang hitam, kacang merah, dan beberapa lainnya ke dalam menu diet.

6. Alpukat

Buah yang satu ini mengandung lemak sehat yang sangat tinggi, sehingga alpukat dapat menjadi tambahan yang sempurna dalam salad. Namun yang harus diingat adalah bahwa alpukat itu padat energi, jadi porsinya harus diperhatikan jika ingin berhasil dalam progam diet.

7. Yogurt

Yogurt sangat bagus untuk manajemen berat berat badan karena mengandung jumlah protein yang tinggi dan bakteri probiotik sehingga dapat meningkatkan fungsi usus. Karena dengan memiliki usus yang sehat dapat membantu melindungi dari peradangan serta resistensi leptin, yaitu salah satu pendorong hormonal utama obesitas.

https://gaya.tempo.co/read/1678262/menu-program-diet-7-makanan-rendah-kalori-namun-kaya-protein

Selain itu, apabila Anda merasa kesulitan menentukan menu diet harian tidak perlu merasa bingung, simak 7 rekomendasi menu diet sehat yang untuk pemula berikut ini:

1. Dadar Telur Bayam dan Salad Alpukat

Menu diet sehat untuk pemula tidak perlu dari bahan yang mahal, Anda bisa mencoba dadar telur yang diberi bayam secukupnya dan salad alpukat. Menu ini cocok dijadikan menu sarapan untuk Anda yang sedang menjalankan program diet.

2. Brokoli Ayam Lada Hitam

Brokoli ayam lada hitam merupakan salah satu menu diet sehat dan murah. Brokoli merupakan makanan rendah kalori yang cocok dimasukkan dalam list menu diet Anda. Pastikan memilih daging ayam bagian dada karena bagian tersebut memiliki kandungan lemak yang lebih rendah.

3. Oat

Oat atau gandum utuh merupakan salah satu makanan diet paling populer dan praktis. Oat mengandung kalori rendah dan memiliki kandungan protein yang tinggi, sehingga menu ini cocok dijadikan menu makanan diet karena mampu membuat kenyang dalam waktu yang lama. Penyajiannya sangat mudah bisa dengan diberi susu hangat rendah kalori atau dimasak dan diberi topping buah-buahan.

4. Gado – Gado

Siapa pecinta gado-gado di sini? Gado-gado dapat dijadikan alternatif makanan sehat untuk diet karena terdiri dari berbagai sayuran yang kaya akan manfaat. Pastikan Anda tidak merebus sayurannya terlalu lama, jika lama merebus sayuran dapat menghilangkan kandungan nutrisinya.

5. Sandwich Roti Gandum

Bagi yang sedang menjalani program diet pertama kali, menu dengan bahan utama roti gandum tidak boleh dilewatkan. Roti gandum mengandung karbohidrat, protein dan lemak yang tinggi sehingga bisa membuat kenyang lebih lama.

6. Tumis Sayur Bayam

Sayur bayam memiliki kandungan serat yang tinggi dan rendah kalori sehingga cocok menjadi salah satu makanan menu diet Anda. Apabila Anda ingin yang praktis dan mudah cukup ditumis sebentar saja dan tidak perlu terlalu lama karena dapat menghilangkan kandungan nutrisinya.

7. Capcay Sederhana

Capcay bisa menjadi alternatif makanan sehat untuk diet. Capcay yang berisi lebih banyak sayur seperti kembang kol, kubis dan wortel mengandung nutrisi harian yang dibutuhkan tubuh saat sedang program diet. Sayur-sayuran tersebut mengandung serat gizi dan kalori yang rendah.

MICHELLE GABRIELA | FANI RAMADHANI | COOKPAD

Pilihan editor:

Leave a comment