Informasi Terpercaya Masa Kini

Apakah Seserahan Perlu Dikembalikan jika Batal Menikah seperti Ayu Ting Ting? Simak Kata Ulama

0 4

Ayu Ting Ting resmi membatalkan rencana pernikahannya dengan Muhammad Fardhana. Penyanyi dangdut ini pun mengembalikan seserahan yang diberikan mantan tunangannya itu, Bunda.

Kabarnya, Muhammad Fardhana yang meminta seserahan itu dikembalikan. Ayu pun lantas mengembalikan seserahan itu pada 3 Juli lalu. Menurut keterangan, orang tua Muhammad Fardhana sempat menolak seserahan dikembalikan. Namun, Ayu sudah berniat untuk mengembalikannya.

Perlu diketahui, beberapa seserahan kabarnya sudah diterima Ayu pada 4 Februari 2024 atau saat acara lamaran berlangsung.

Seserahan memang menjadi salah salah satu tradisi pernikahan di Indonesia. Seserahan biasanya diberikan calon mempelai laki-laki ke calon istrinya.

Besaran uang yang dikeluarkan untuk seserahan akan sangat bergantung dengan barang yang ingin dibeli, Bunda. Bisa jadi dana yang dikeluarkan cukup besar bahkan mencapai ratusan rupiah.

Baca Juga : Batal Nikah, Ayu Ting Ting Kembalikan Semua Seserahan pada Muhammad Fardhana

Lantas, apakah seserahan perlu dikembalikan ke pihak laki-laki bila pernikahan dibatalkan seperti yang dialami Ayu Ting Ting? Bagaimana pandangan dalam Islam mengenai hal tersebut?

Seserahan menurut para ulama

Menurut Mazhab Hanafi yang dikutip dari NU Online, seserahan dihitung sebagai barang hibah dari pihak laki-laki ke perempuan. Ketika pernikahan batal dilangsungkan, maka pihak laki-laki boleh meminta seserahan itu dikembalikan asalkan belum berubah wujud.

Nah, maksud dari berubah wujud di sini adalah seserahan berbentuk kain mungkin saja sudah berubah menjadi pakaian, atau makanan yang sudah dimakan, dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana dengan pendapat para ulama lainnya ya?

TERUSKAN MEMBACA DI SINI.

Pilihan Redaksi

  • 7 Potret Lamaran Ayu Ting Ting dengan Pria yang Dijodohkan Ibunda
  • 7 Potret Ayu Ting Ting & Sang Putri Liburan di Malaysia, Tinggi Bilqis Curi Perhatian
  • Penjelasan Ayu Ting Ting soal Putus Tunangan dengan Lettu Fardhana

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Leave a comment