Informasi Terpercaya Masa Kini

Petani di Yogya Pakai ‘Oke Google’ Viral di Medsos, Bikin Eks Menteri Susi Terkesan

0 7

TEMPO.CO, JakartaViral di media sosial beberapa waktu lalu video berisi seorang pria yang disebutkan sebagai petani milenial asal Yogyakarta memanfaatkan aplikasi Google Assistant dan internet untuk metode penyiraman. Video sampai menarik perhatian mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Video itu diunggah oleh akun X @txtfromjogja pada Sabtu pagi, 31 Agustus 2024. “Gokil iki, petani milenial Gapoktan Parangtritis berhasil membuat inovasi teknologi tepat guna yaitu teknologi IoT dengan metode penyiraman menyeluruh menggunakan Google Assistant,” bunyi narasi yang menyertainya.

Dalam video berdurasi 31 detik diperlihatkan anggota Gabungan Kelompok Tani Parangtritis itu bicara kepada ponselnya, “Oke Google, hidupan pompa,” dan penyiraman berlangsung lewat pipa-pipa yang terpancang areal lahannya. Jaringan pipa dibuat berbaris sedimikian rupa sehingga penyiraman terjadi merata.

Begitu juga sebaliknya ketika dia bicara, “Oke Google, matikan pompa!” Penyiraman pun tak lama berhenti serempak.

Hingga berita ini dibuat, Rabu pagi 4 September 2024, video itu telah diutar 955,3 ribu kali dan disukai 25 ribu pengguna medsos. Di antara yang dibuat terkesan adalah Susi Pudjiastuti, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan. “Berkenan ke Pangandaran kah dan bantu setting hal yang sama di sini,” kata dia lewat akun X miliknya.

Komentar Susi mendulang cukup banyak komentar lain yang sebagian menjelaskan cara kerja dan perangkat yang dibutuhkan untuk membuat inovasi serupa. Implementasi setting yang dimaksud disampaikan tak sulit dan praktik yang sama sudah cukup luas untuk berbagai aplikasi.

“Bisa pakai pemrograman sederhana, terkoneksi internet untuk switch on/off pompa air,” kata akun X INFOMITIGASI.

Keterangan senada disampaikan startup teknologi Frogs Indonesia yang juga berbasis di Yogyakarta. Diterangkannya, secara konsep, inovasi itu memanfaatkan aplikasi Google Home yang dikoneksikan dengan smartplug lalu tersambung ke mesin pompa. Kontrol kemudian dilakukan via voice command.

“Ini biasanya dipakai sama orang-orang yang suka ngulik smarthome,” bunyi keterangan dari startup tenologi pesawat nirawak yang mengembangkan antara lain drone sprayer pertanian ini.

Pilihan Editor: Prospek Hujan Lebat di Indonesia Pekan Ini, Siklon Tropis Yagi Tak Lagi Beri Dampak

Leave a comment