Informasi Terpercaya Masa Kini

Alasan Munculnya Ikan Kiamat Disebut Tanda Bakal Ada Bencana, Ternyata…

0 5

Ikan oarfish langka ditemukan di lepas pantai California Selatan, Bunda. Kejadian ini pun telah menghidupkan kembali cerita rakyat akan ‘ikan kiamat’.

Ikan kiamat ditemukan mengambang di dekat La Jolla Cove di San Diego oleh sekelompok pendayung kayak dan snorkel pada pertengahan Agustus, Bunda. Ini menandai penampakan ke-20 jenisnya di California dalam hampir 125 tahun.

Menurut US Today, penemuan itu dilaporkan oleh Lauren Fimbres Wood, juru bicara Scripps Institution of Oceanography di University of California, San Diego. Ia merinci bagaimana tim ilmuwan dan penjaga pantai bekerja untuk mengangkut ikan tersebut ke fasilitas National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) untuk diperiksa.

Ben Frable, seorang ahli ikan di Scripps juga menyoroti kelangkaan kejadian tersebut. Frable menekankan hanya ada 20 ikan jenis ini yang terdampar di negara bagian tersebut sejak tahun 1901. Nekropsi pun dilakukan untuk menentukan penyebab kematian penghuni laut dalam yang misterius itu.

Baca Juga : Kepala BMKG Ungkap Gempa Megathrust Bukan Peringatan Dini, Melainkan…Muncul sebelum bencana

Munculnya ikan kiamat sering terjadi sebelum bencana alam. Sampai-sampai, kemunculannya sering kali disebut sebagai pertanda akan datangnya musibah.

Ikan oarfish sendiri berhubungan dengan salah satu cerita rakyat Jepang. Pasalnya, ikan tersebut diyakini sebagai pertanda bencana yang akan datang.

Dikenal sebagai ‘ryugu notsukai’ atau ‘utusan dari istana dewa laut’ ikan oarfish dianggap memperingatkan akan terjadinya gempa bumi. Kepercayaan ini, yang sudah ada sejak abad ke-17 di Jepang, telah dipicu oleh penampakan ikan oarfish sebelum gempa bumi besar, seperti gempa Tohoku tahun 2011 dan bencana Fukushima.

Zachary Heiple, mahasiswa doktoral di Scripps Institution of Oceanography yang ikut menemukan ikan kiamat tersebut mengonfirmasi banyaknya anggapan bahwa ikan ini merupakan pertanda buruk.

Heiple merujuk pada sebuah studi tahun 2019 yang diterbitkan dalam jurnal Bulletin of the Seismological Society of America yang menemukan bahwa dugaan adanya hubungan antara penampakan ikan oarfish dan gempa bumi hanyalah takhayul belaka.

“Sepertinya tidak ada korelasi,” kata Heiple.

“Namun, ini adalah informasi menarik karena menunjukkan bagaimana ikan oarfish dan sejarah manusia berinteraksi sepanjang waktu.”

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI. 

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Leave a comment