Informasi Terpercaya Masa Kini

Paus Fransiskus Tiba di Istana Negara, Disambut Jokowi dan Bertemu Prabowo

0 3

TEMPO.CO, Jakarta – Paus Fransiskus tiba di Istana Negara, Rabu, 4 September 2024. Memasuki kompleks Istana menunggang mobil Innova Zenix putih berpelar SCV 1, Paus Fransiskus disambut pawai anak-anak berbaju adat.

“Welcoma to Indonesia,” kata anak-anak itu. Fransiskus tersenyum sepanjang memasuki halaman Istana Negara. Kaca mobil di sebelah kiri terbuka lebar.

Paus Fransiskus akan bertemu dengan Preside Joko Widodo dan sejumlah pejabat. Tampak presiden terpilih, Prabowo Subianto, ikut menyambut Paus.

Uskup Roma ini akan menyampaikan pesan tentang pentingnya pemimpin agama mengambil peran dalam berbagai hal kenegaraan, seperti politik dan sosial, untuk ikut menjaga keharmonisan dan mengedepankan kepentingan kemanusiaan.

Paus Fransiskus juga disambut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan perwakilan Nunsiantura Apostolik Vatikan di Indonesia. Presiden Jokowi menjemput Paus di dalam Istana Negara. Warga di luar pagar Istana Negara yang menanti kedatangan Paus bersorak ketika pemimpin 1,2 miliar umat agama Katolik itu keluar dari Istana.

Dalam upacara penyambutan, Paus Fransiskus berdiri tanpa memegang tongkatnya. Ketika instrumen kebesaran Vatikan dikumandangkan, Paus terlihat menunduk. Paus Fansiskus baru menegakkan kepala ketika instrumen Indonesia Raya bergema.

Pilihan Editor: Paspampres: Paus Fransiskus Ingin Kendaraan yang Simpel, Sederhana, dan Umum

Leave a comment