Informasi Terpercaya Masa Kini

[POPULER GLOBAL] Paus Fransiskus Tanda Tangani Deklarasi Jakarta-Vatikan | Biden Telepon Netanyahu

0 5

KOMPAS.com – Pemimpin tertinggi umat Katolik dunia Paus Fransiskus menandatangani Deklarasi Jakarta-Vatikan di Paul VI Audience Hall.

Ini jadi berita paling populer di kanal Global Kamis (22/8/2024). Ada pula berita dari konflik Gaza yang tak juga meredup.

Berikut rangkumannya.

Baca juga: Super Garuda Shield 2024: AS, Indonesia, dan 8 Negara Mitra Akan Memulai Latihan Bersama

1. Paus Fransiskus Tanda Tangani Deklarasi Jakarta-Vatikan

Pemimpin tertinggi umat Katolik dunia Paus Fransiskus menandatangani Deklarasi Jakarta-Vatikan di Paul VI Audience Hall saat bertemu Ketua Umum GP Ansor dan organisasi kepemudaan lintas agama, PP Pemuda Muhammadiyah, Pemuda Katolik, PERADAH Indonesia, dan GAMKI (Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia).

Pertemuan berlangsung pada Rabu (21/8/2024) di Vatikan.

Berikut isi deklarasi tersebut: Deklarasi Jakarta-Vatikan bertema “Keadilan dan Perdamaian untuk Dunia”.

Baca selengkapnya

2. Biden Telepon Netanyahu, Tekankan Pentingnya Gencatan Senjata di Gaza

Presiden AS Joe Biden menelepon PM Israel Benjamin Netanyahu pada Rabu (21/8/2024) menekankan pentingnya gencatan senjata di Gaza dengan segera.

Menurut Biden, perundingan yang bakal digelar di Kairo adalah hal yang sangat penting. Sebab, bakal menentukan akhir dari pembicaraan berbulan-bulan untuk mengakhiri perang di Gaza.

Seruan Biden itu menyusul perjalanan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken ke Timur Tengah yang berakhir pada Selasa tanpa kesepakatan antara Israel dan kelompok Hamas mengenai gencatan senjata di daerah kantong Palestina

Baca selengkapnya

3. Di AS Juga Ada Peringatan Darurat Biru, Disebut Blue Alert

Media sosial di Indonesia tengah diramaikan dengan unggahan “peringatan darurat” dengan logo Garuda Pancasila berlatar biru sejak Rabu (21/8/2024).

Gambar ini muncul setelah Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengabaikan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal syarat pencalonan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

Adapun di Amerika Serikat (AS), juga ada peringatan darurat berwarna biru yang berskala nasional dan disebarluaskan dalam keadaan genting tertentu.

Baca selengkapnya

Baca juga: Tampar Wartawan saat Ditanya, Politisi Senior Thailand Diselidiki

4. Pabrik Farmasi di India Meledak, 17 Orang Tewas, 34 Terluka

Sebuah pabrik farmasi di India meledak dan menewaskan sedikitnya 17 orang pada Rabu (21/8/2024).

Sementara korban terluka ada 34 orang. Surat kabar Hindu melaporkan bahwa kekuatan ledakan begitu kuat hingga menyebabkan kebakaran di sebuah unit farmasi di distrik Anakapalli, Andhra Pradesh.

Menurut inspektur polisi distrik M. Deepika, operasi penyelamatan telah selesai dan semuanya telah diperhitungkan dengan jumlah korban tewas 17 orang dan 34 mengalami luka-luka.

Baca selengkapnya

5. 5 Jenazah Penumpang Kapal Bayesian Ditemukan, Diduga Termasuk Mike Lynch dan Putrinya

Sebanyak lima jenazah penumpang kapal pesiar mewah (superyacht) Bayesian ditemukan pada Rabu (21/8/2024), diduga termasuk konglomerat Inggris Mike Lynch dan putrinya, Hannah.

Lynch dan Hannah adalah salah dua dari enam orang yang hilang setelah kapal Bayesian tenggelam usai dihantam tornado air (waterspout) di lepas pantai Sisilia, Palermo, Italia, Senin (19/8/2024) dini hari.

Pada hari ketiga pencarian, tim penyelam menemukan jenazah-jenazah itu setelah memecahkan kaca setebal 3 cm di bangkai kapal Bayesian.

Baca juga: Aksi Bakar Diri yang Memicu Revolusi Melati, Robohkan Rezim Tangan Besi Tunisia

Baca selengkapnya

Leave a comment